Banyak orang yang menganggap bahwa kecilnya gaji yang diberikan selalu mempengaruhi semangat seorang karyawan. Manajamen yang buruk dan lingkungan kerja yang tidak sehat juga menjadi faktor-faktor penyebabnya. Dikutip dari the ladders, manajemen yang buruk memberikan efek negatif bagi karyawan.
6 Hal Yang Hancurkan Semangat Karyawan
Hancurnya semangat karyawan yang disebabkan buruknya manajemen yang diterapkan suatu perusahaan. Ada 6 penyebab terjadinya hal tersebut:
Menahan Karyawan
Tidak memberikan kesempatan karyawan untuk mengembangkan karirnya akan menurunkan hasrat mereka untuk loyal kepada perusahaan. Solusinya adalah memberikan area dimana karyawan dapat mengembangkan karirnya. Memberikan feedback bagi performa mereka agar dapat tidak bosan dan bisa terus belajar.
Ancaman Dipecat
Ancaman pemecatan memang sangat ampuh untuk mengendalukan karyawan serta menakuti mereka agar dapat bekerja lebih baik. Tetapi cara ini bisa menjadi boomerang bagi pihak manajemen yang bisa mengakibatkan semangat kerja karyawan turun karena mereka telah mengganggap bahwa akan dipecat.
Baca Juga:
- Manajemen Risiko Bisnis Online
- Dampak Bagi Perusahaan Jika Karyawan Tidak memiliki NPWP
- Dampak Buruk Akibat Kesalahan Pemilihan Software Payroll
- Cara Menjawab Pertanyaan Kekurangan & Kelebihan Diri Saat Wawancara Kerja
- Cara Mencegah Tingginya Tingkat Turnover Karyawan
Tidak Memuji
Dengan memberikan pujian atau semangat kepada karyawan akan membuat mereka merasa dihargai dan diakui keberadaannya. Semua orang sangat suka didukung, terutama ketika mereka bekerja keras dan meraih hal yang positif.
Tidak Memberikan Peluang Untuk Mengejar Pasion
Pasion selalu dimiliki oleh karyawan berbakat. Dengan memberikan mereka peluang untuk mengejar pasionnya dapat meningkatkan semangat, motivasi dan kepuasan kerja. Banyak pihak manajemen yang alpa untuk yang satu ini.
Overworking
Karyawan yang kelebihan bekerja akan mengakibatkan turunnya semangat mereka, karena sudah sangat letih akan aktivitas kantor. Ketidakseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan akan mengakibatkan dampak buruk.
Budaya Kerja Yang Buruk
Ketika anda harus menegur karyawan yang melakukan kesalahan, lebih baik jangan dilakukan didepan karyawan yang lain. Hal tersebut akan menimbulkan rasa cemas dan takut. Turunnya kinerja karyawan karena ancaman tersebut pasti akan terjadi pada perusahaan anda.