- Teknologi

5+1 Cara Cepat Mendapatkan Backlink Untuk Meningkatkan Website Perusahaan

Saat ini website perusahaan harus bisa berada pada pencarian pertama di search engine google. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan backlink untuk meningkatkan peringkat pencarian. Karena memang saat ini, membuat backlink masih menjadi salah satu cara untuk meningkatkan peringkat web pada halaman mesin pencari terutama pada google. Dengan ranking situs yang bagus, website Anda akan mendapatkan trafik web yang tinggi, sehingga peluang konversi Anda juga akan semakin tinggi.

Mendapatkan inbound link dari banyak website bukanlah pekerjaan mudah. Anda juga perlu memastikan bahwa backlink yang didapat berkualitas baik sehingga bisa berdampak positif pada website perusahaan. Sebelum mengupas lebih dalam cara mendapatkan backlink, ada baiknya Anda mengetahui apa itu backlink, dan cara kerjanya.

Apa itu Backlink? Mengapa Sangat Mempengaruhi Peringkat Situs?

Tautan masuk atau backlink adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs web yang Anda kelola. Istilah lain backlink yang umum dikenal oleh para webmaster yaitu inbound link. Search engine seperti google akan menganggap semua backlink yang mengarah ke situs Anda sebagai indikasi bahwa situs Anda memiliki kualitas yang dipercaya oleh banyak orang. Jadi, semakin banyak backlink yang mengarah ke situs, maka, akan semakin tinggi peringkat web Anda di halaman pencarian. Namun dalam hal ini, sebagai webmaster tetap harus memastikan bahwa tautan masuk memiliki kualitas yang baik.

Anda bisa mendapatkan inbound link yang berkualitas dari marketplace backlink. Tautan berkualitas memainkan peran yang lebih penting daripada jumlah tautan. Sejumlah tautan yang didapatkan secara legal dari situs web resmi akan memiliki dampak yang jauh lebih baik pada peringkat situs daripada ratusan tautan yang dapatkan dari cara spam.

Cara Cepat Dapatkan Backlink Berkualitas

Jadi bagaimana cara mendapatkan inbound link yang berkualitas? Berikut ini informasi lengkapnya:

1. Membuat Konten atau Artikel Yang Berkualitas

Cara pertama yang cukup ampuh bisa Anda lakukan sebagai cara mendapatkan inbound link adalah dengan menyediakan konten-konten yang berkualitas. Menyediakan konten yang memiliki value akan membuka peluang untuk lebih banyak mendapatkan tautan masuk. Dengan metode ini, para webmaster lain juga akan mengarahkan tautan masuk ke situs Anda jika konten yang disajikan berharga, unik, dan relevan dengan situs web mereka.

2. Melakukan Guest Blog

Salah satu cara yang cukup banyak dilakukan oleh para webmaster yaitu dengan melakukan guest blogging untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Anda dapat mencari situs web profesional atau blog yang menerima blog tamu. Blog tamu atau guest post juga bisa menjadi cara untuk memperkenalkan situs Anda kepada audiens baru.

3. Membuat Infografis

Selain menyajikan konten-konten yang mendalam, cara lain untuk mendapatkan inbound link yaitu dengan menyajikan konten infografis sebagai media menyampaikan informasi kepada pembaca. Secara umum, konten infografis bersifat visual karena dibagikan secara luas di berbagai situs web. Konten infografis juga sering digunakan sebagai cara untuk mendapatkan inbound link dan web traffic. Untuk infografis yang terlihat profesional, Anda dapat menggunakan Canva atau Piktochart.

4. Memberi tanggapan atau komentar di blog yang berkualitas

Salah satu cara mudah mendapatkan inbound link adalah dengan berkomentar di web blog lain. Namun, Anda harus memberikan komentar dengan cara yang benar. Karena jika tidak, tindakan Anda akan dianggap spam yang akan berdampak negatif pada website Anda. Beri komentar sebagai cara untuk berinteraksi dengan komunitas di situs. Misalnya untuk membantu pembaca lain, Anda bisa memberikan informasi atau artikel terkait dari website Anda. Cari juga situs web forum online yang cocok dengan situs Anda untuk berbagai informasi.

5. Menggunakan Influencer Marketing

Dalam beberapa tahun terakhir, pemasaran influencer telah menjadi bentuk pemasaran yang sangat populer. Ketika Anda berkolaborasi dengan influencer, mereka dapat membantu Anda mempromosikan situs web Anda, menautkan tautan masuk Anda ke halaman web yang mereka kelola, menulis tentang perusahaan, dan banyak lagi.

6. Memanfaatkan Marketplace Backlink

Dari semua metode yang telah dibahas di atas, memanfaatkan marketplace backlink merupakan cara yang paling efektif untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Mediabacklink.com memiliki banyak member webmaster dan pengelola situs yang saling bekerja sama untuk meningkatkan peringkatnya di halaman pencarian google. Anda bisa mencobanya agar website bisnis yang Anda kelola mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari.

About MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Read All Posts By MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.