6 Tips Mengembangkan Produk Baru
- StartUp

6 Tips Mengembangkan Produk Baru

Mengembangkan produk baru dalam bisnis anda adalah bagian penting dari kelangusngan suatu perusahaan. Produk tersebut yang akan menjadi pembeda dengan para kompetitor di pasar yang anda sasar. Dan tentunya dengan berinovasi produk akan membuat perusahaan anda bernilai dimata para investor.

Ada 6 tips yang bisa anda terapkan dalam mengembangkan produk baru. Dengan cara yang akan kami jabarkan dalam artikel ini akan membantu anda mempermudah dalam pengembangannya.

Identifikasi Permasalah Atau Kebutuhan Pasar

Pertama, anda bisa melakukan identifikasi pasar dengan melakukan survei langsung atau menggunakan internet untuk riset pasar. Kemudian, membuat daftar akan permasalah tersebut dan rumuskan dalam sebuah solusi yang berbentut produk atau layanan. Desain produk prototipe yang akan anda buat.

Baca Juga:

Buat Secara Sederhana

Ketika telah anda memproduksi produk contoh, tetap ingat kesederhanaannya karena itu sangat penting. Jika yang anda produksi adalah alat elektronik, pastikan bagian terpenting dari produk tersebut tidak tertutupi oleh fitur tambahan. Tampilan yang sederhana dan tetap memiliki estetika akan membuat konsumen akan mudah memahami tentang produk tersebut. Tujuan dari keserhanaan produk yang anda ciptakan adalah untuk mendapatkan impresi terbaik dari calon pelanggan anda.

Mulai Dengan Digital Konsep

Menurut kami, bagian tersulit dalam mengembangkan sebuah produk adalah mendesainnya dalam bentuk digital. Membuatnya secara sistematik dan tetap terlihat real. Tahap ini membutuhkan waktu dalam prosesnya, tetapi ditahap inilah yang akan membuat produk fisik jauh lebih mudah dalam eksekusinya.

Meningkatkan Fungsionalitas Produk

Tahap ini adalah tahap membuat produk anda menjadi kenyataan. Buatlah daftar semua komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan produk baru. Jika produk yang anda buat adalah produk teknologi, pastikan semua tersedia dan terhubung dengan benar. Pada tahap ini uji coba produk akan dibutuhkan, jadi pastikan anda terus menguji produk tersebut sampai benar-benar bisa digunakan.

Hilangkan Fitur Yang Tidak Berguna

Saat anda telah berhasil membuat produk tersebut, bia dipastikan produk tersebut tidak terlihat profesional. Sampai anda benar-benar menguji fungsi dari setiap fitur produk anda. Jika berjalan dengan sempurna, kemudian masih terlihat tidak estetis. Berarti anda harus membuat tampilan baru yang sesuai dengan kebutuhan.

Buat Buku Panduan

Ketika produk anda jadi, buatlah buku panduan untuk mempermudah konsumen untuk menggunakan produk anda. Konsumen akan dimudahkan dengan panduan tersebut, dan akan membuat mereka mengerti fungsi dari produk anda tersebut. Dengan begitu anda bisa mengetahui penambahan pada sisi apa yang harus anda perbaiki pada produk tersebut.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.