Manajer adalah sosok penting yang ada didalam sebuah perusahaan. Salah satu ciri manajer yang hebat adalah memiliki kemampuan untuk mampu membuat keputusan yang baik, memiliki dan menetapkan tujuan yang jelas, mampu menunjuk orang-orang yang dapat diandalkan serta memiliki kemampuan komunikasi yang sangat efektif. Meskipun tim anda tahu jika anda memiliki kualitas, namun tidak mudah untuk menunjukkan kualitas yang anda miliki kepada calon atasan anda ketika akan mencari pekerjaan baru. Lalu bagaimana cara menujukkan jika anda adalah seorang manajer, berikut caranya.
Baca juga: Cara Membangun Pemimpin Menjadi Lebih Baik
Tunjukkan keahlian yang anda miliki
Ketika anda mendaftar disebuah perusahaan dengan posisi manajemen, perusahaan yang membuka lowongan tersebut tentu ingin mengetahui ada berapa banyak orang, uang dan proyek yang perna anda kerjakan. Oleh karena itu ketika interview dan sedang membicarakan tentang resume anda, berikanlah penjelasan secara spesifik dalam bentuk angka yang diperlukan. Misalnya anda dapat menjelaskan jika anda telah berhasil dan mengelola sebuah tim yang terdiri dari 15 orang profesional untuk bidang penjualan.
Jangan hanya bicara tentang prestasi Anda sendiri
Meskipun tidak ada bukti yang menjelaskan tentang kemampuan anda dalam melakukan manajemen selain menceritakan pencapaian tim. Oleh kerena itu gunakan bagian dari pencapaian pada resume anda untuk menjelaskan bukan cuma prestasi anda namun juga prestasi karyawan anda. Ceritakan tindakan yang anda lakukan untuk membawa mereka ke tingkat kesuksesan. Ceritakan tindakan apa yang anda lakukan untuk dapat membawa tim anda menjadi tim yang solid dan mencapai kesuksesan.
Baca juga: Cara Menjadi Pemimpin Sukses Dan Hebat Dalam Perusahaan
Mintalah testimonial dari tim anda
Salah satu cara yang cocok untuk menunjukkan jika anda adalah seorang manager yang hebat adalah dengan meminta rekomendasi dari orang-orang yang pernah bekerja bersama anda, orang-orang yan mengetahui anda, orang-orang yang pernah anda latih dan jabarkan semua hal tersebut didalam profile LinkedIn anda. Jika dapat dilakukan, cobalah untuk meminta orang tersebut menjelaskan bagaimana rasanya ketika bekerja dengan anda, atau jelaskan prestasi yang pernah dia dapat ketika bekerja bersama anda.
Tunjukkan komitmen Anda sebagai manager
Apabila anda pernah mengikuti sebuah training pengembangan diri untuk meningkatkan keterampilan anda dalam memanajemen, pastikan anda menyertakan resume atau profile LinkedIn anda. Selain itu anda juga harus ikut berpatisipasi kedalam kelompok LinkedIn yang terkait dengan profesi anda. Tunjukkan jika anda benar-benar berkomitmen sebagai seorang manajer.