Tips Optimasi Profil LinkedIn Untuk Pencari Kerja
- Profesi

Tips Optimasi Profil LinkedIn Untuk Pencari Kerja

Tips optimasi profil LinkedIn ini akan membantu menggunakan platform linkedIn secara maksimal. Ketika anda tidak sedang mencari pekerjaan, anda bisa mengabaikan profil LinkedIn anda. Pastikan anda menambah orang yang anda temui di beberapa pertemuan sebagai kontak dan menerima request pertemanan baru di platform LinkedIn anda. Hmm, ini sangat bermanfaat saat anda membutuhkannya.

Meskipun kami tidak merekomendasikan cara pendekatan seperti ini, kami mendapatkan bahwa saatnya anda harus memperbaiki profil LinkedIn secara total. Dan saat ini kami membagikan 30 tips optimasi profil LinkedIn untuk anda.

Kami telah merangkum semua yang perlu anda ketahui, dari menyusun ringkasan yang menakjubkan dan menjual, keterampilan anda di satu tempat. Baca hingga selesai 30 tips optimasi profil LinkedIn agar anda mengetahui secara total bagaimanaprofil anda benar-benar menjual – dan pastinya akan dicari oleh para HRD (terutama perusahaan besar).

1. Sediakan Waktu

Sederhananya,  semakin lengkap profil anda, semakin besar peluang HRD akan menemukan anda pada pencarian pertama (halaman pertama). Jadi, profil yang lengkap penting dari sudut pandang tersebut. Hal-hal ini juga sangat penting setelah seorang perekrut menemukan anda dan memutuskan untuk mengklik profil anda: Perekruk ingin mengetahui apa keterampilan anda, dimana anda pernah bekerja, dan apa yang orang nilai tentang anda. Kami sangat sarankan jangan malas untuk mengisi setiap bagian dari profil anda. Kabar baiknya, LinkedIn akan benar-benar mengukur “kelengkapan” profil anda dan memberikan saran untuk membuatnya lebih lengkap dan akurat.

2. Buatlah URL Khusus

Profil yang baik jauh lebih mudah dipublikasi menggunakan URL khusus (idealnya linkedin.com/nama-anda), daripada kombinasi angka yang diberikan LinkedIn secara otomatis saat anda baru mendaftar. Bagaimana mendapatkannya? Pada layar Edit Profil, dibagian bawah jendela abu-abu yang menunjukan informasi dasar anda, dibagian itu akan terlihat URL Profil Publik. Klik “Edit” disebelah URL, dan tentukan alamat seperti apa yang anda inginkan. Setelah selesai, Klik “Set Custom URL”

3. Upload Photo Terbaik

Pilih photo diri yang paling jelas, citra profesionalitas. Sebelum upload photo lakukan sedikit riset tentang target perusahaan anda, sektor industri apa, dan bisnis seperti apa, agar photo yang akan anda upload cocok dengan perusahaan dambaan anda. Photo bisa sebagai cara menjelaskan minat, energi, karisma, empati, dan soft skill lainnya yang sulit dijelaskan dibagian “About”.

Baca Juga:

4. Tulis Headline Yang Keren

Headline anda tidak harus menunjukan jabatan anda di perusahaan, terlebih lagi jika anda mencari pekerjaan. Gunakan secara optimal bagian keahlian utama anda. semakin spesifik anda semakin membedakan anda dari pesaing anda, bahwa anda lebih unggul.

5. Manfaatkan Deskripsi Dari Perusahaan Target Anda

Lihatlah deskripsi pekerjaan dari posisi yang anda cari. Lihat kata-kata yang menguatkan skill anda. Perekrut akan mencari yang sesuai dengan deskripsi mereka. Pastikan deskripsinya sesuai dengan ringkasan dan pengalaman kerja anda.

6. Maksimalkan Bagian Ringkasan

Idealnya, anda membuat ringkasan sekitar 3-5 paragraf pendek, sangat bagus jika dibuat berpoin pada bagian tengah. Dengan trik ini bisa membuat pembaca lebih bergairah dengan diri anda, tonjolkan juga skill utama anda,  dan beberapa industri yang telah anda masuki dalam beberapa tahun terakhir.

7. Gunakan Angka Tepat di Depan

Seperti kebanyakan resume, anda akan sorot pencapaian karir dalam summary anda. Masukan angka dan studi kasus sebagai bukti kesuksesan. Seperti anda telah membuat 15000 pelanggan email baru pada kampanye email marketing di perusahaan sebelumnya. Hasil ini adalah sebuah kesuksesan yang harus anda tunjukan agar perekrut bisa menilai anda layak bekerja di perusahaan mereka. Jangan malu membuatnya.

8. Tunjukan Bahwa Anda Orang Yang Bersahabat

Pada bagian ringkasan adalah kesempatan anda untuk menampilkan hal-hal baik tentang anda. Berikan mereka sedikit kesempatan mengenal anda. Jadilah diri sendiri, jaga nama baik anda sebagai profesional pada bagian ini, tapi anda harus menyadari bahwa LinkedIn adalah platform yang dibuat untuk interaksi sosial.

9. Hindari Jargon-Jargon

Hindari jargon-jargon seperti bertanggung jawab, kreatif, efektif, analis, strategis, sabar, expert, aktif, inovatif dan lain-lain. Semua ini adalah jargon yang sangat umum. Kami tahu bahwa anda bisa lebih kreatif lagi.

10. Perlakukan Diri Anda Seperti Pada Resume Anda

Resume anda tidak hanya daftar pekerjaan. Resume adalah tempat memamerkan pencapaian terbaik anda. Hal yang sama juga berlaku pada akun LinkedIn anda: pastikan bagian pengalaman anda dibuat menonjol yang mendeskripsikan apa yang anda telah lakukan, seberapa baik anda melakukannya, dan dampaknya seperti apa.

11. Gunakan Orang Pertama

Anda tidak harus menggunakan orang pertama dalam resume anda, tapi ini sangat baik menambahkannya pada LinkedIn anda. Contoh: “Saya passionate retailer yang menyumbangkan Rp. 500juta untuk Yayasan Kanker Indonesia tahun lalu” bukan menggunakan nama orang lain ….

12. Buat Secara Pribadi

Profil anda bukanlah Resume ataupun CV. Tulis seperti anda sedang berbicara dengan seseorang. Buat orang tahu kemampuan dan passions anda. Dalam ringkasan anda, diskusikan apa yang anda lakukan diluar kantor.

13. Pamerkan Prestasi Anda

Perekrut meluangkan beberapa jam menjelajahi pencarian LinkedIn untuk menemukan kandidat terbaik. Ketika mereka menemukan, mereka akan menghubungi secara langsung. Mengetahui hal ini, sistem akan memasarkan diri anda seperti dalam bagian ringkasan dan pengalaman.

14. Masukan Pekerjaan Saat Ini, Bahkan Anda Saat Menganggur

Jika anda hanya memasukkan jabatan terakhir didalam bagian pengalaman tapi tidak menunjukan saat ini sedang berkegiatan apa, Anda mungkin tidak dapat dicari pada mesin pencarian. Kenapa? karena banyak perekrut profesional selalu menggunakan “Current Title Box” untuk mencari kandidat; jika tidak, mereka harus memilah ribuan kandidat yang memegang jabatan tertentu.

15. Tambahkan Multimedia di Ringkasan Anda

Satu gambar bisa mengartikan beribu kata, terutama itu dibuat untuk memamerkan karya anda. LinkedIn membolehkan anda menambahkan banyak photo, video, bahkan slideshow presentasi dibagian ringkasan. Tidak hanya sebagai media untuk mencari pekerjaan, anda juga bisa menunjukan prestasi kerja anda pada platform ini.

16. Tambahkan Pengalaman Kerja Anda

Anda dapat menambahkan beberaoa pengalaman kerja anda. Jadi gunakan untuk keuntungan anda: Tambahkan website perusahaan, proyek yang telah anda kerjakan, artikel yang telah anda publikasi, atau apa saja yang bisa menambah value anda.

17. Tambahkan Proyek, Pengalamaan Menjadi Sukarelawan, dan Bahasa Lain Yang Anda Kuasai

Anda bisa berbahasa mandarin? Anda punya sertifikat bisnis? Atau menjadi relawan di sebuah yayasan? Tambahkan hal-hal ini pada fitur profil “additional”, ini cara bagus untuk memamerkan skill unik dan pengalaman sosial anda.

18. Request LinkedIn Rekomendasi Setiap Bulan

Saat seseorang mengatakan “Proyek ini kamu selesaikan dengan hebat”, minta mereka untuk menulis rekomendasi di LinkedIn atas keberhasilan anda tersebut. Jangan takut, karena hal ini akan menjadi nilai tambah bagi anda di mata perekrut.

19. Jadikan Rekomendasi Tersebut Sebagai Strategi

Buatlah rencana strategi atas rekomendasi tersebut , “Dekati orang yang berbeda dan mintalah saran atas keterampilan atau pengalaman tertentu yang ingin anda tonjolkan”.

20. Jangan Takut Memilih Rekomendasi Yang Mau Ditampilkan

Tidak semua rekomendasi yang ansa terima sesuai dengan keinginan, atau relevan dengan kesuksesan profesi anda. Beruntungnya, LinkedIn mengirimkan beberapa rekomendasi sebelum di publish, anda dapat memutuskan rekomendasi mana yang mau anda tampilkan.

Baca Juga:

21. Update Status Anda

Sama seperti Facebook, anda bisa mengupdate status LinkedIn sesering mungkin. Update secara profesional dan berstrategi (bagikan artikel yang kamu tulis) idealnya seminggu sekali. Orang yang yang ada di jaringan anda akan melihat update tersebut.

22. Menjadi Author

Semua user bisa menulis dan mempublikasi karya mereka di platform. Bagikan perspektif anda tentang apa yang terjadi di lingkungan anda, baik itu di industri anda, dan tunjukan skill menulis anda. Ini cara bagus untuk dapat terkenal.

23. Tambahkan Blog Anda

Jika anda memiliki blog WordPress, gunakan plugin seperti Social Media Auto Publish atau WP LinkedIn Auto Publish untuk mempulikasi artikel baru anda secara otomatis.

24. Buatlah Grup

Grup LinkedIn adalah sumber yang sangat potensial dan mereka bisa jadi sarana untuk mencari pekerjaan idaman anda. Dengan bergabung di grup yang sesuai dengan keahlian dan industri anda, akan menunjukan bahwa anda terlibat di industri anda. Tapi terpenting lagi, anda langsung terhubung ke orang dan bagian yang sesuai dengan area anda.

25. Miliki Sedikitnya 50 Koneksi

Memiliki 50 koneksi atau kurang di LinkedIn akan memberitahu perekrut 3 hal:

  • Anda seorang pertapa yang hanya mengenal sedikit orang
  • Anda paranoid terhubung dengan orang lain
  • Atau, teknologi dan sosial media hal yang menakutkan bagi anda.

Kami tentunya tidak ingin anda berada pada salah satu dari tiga hal diatas, jadi sedikitnya anda harus memiliki 50-100 orang yang terkoneksi dengan anda.

26. Jangan Tambahkan Orang Yang Tidak Anda Kenal

Jika, anda mendapat banyak penolakan dari request yang anda buat karena mereka tidak mengenal anda, LinkedIn dapat menutup akun anda.

27. Jangan Berlebihan

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan LinkedIn, menjadi berlebihan bukanlah tindakan hal yang bagus. Lihat kembali profil anda dan lihat bagaimana itu dilihat oleh orang lain, Apakah menarik atau berlebihan? Anda bisa edit sesuai dengan kebutuhan.

28. Simpan Pencarian Pekerjaan Anda

Banyak orang tidak menyadari LinkedIn memiliki pengaturan privasi, “Saat anda mencari pekerjaan baru, dan aktif terlibat di pekerjaan saat ini, kami harapkan untuk bijaksana”. Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat profil anda.

29. Pastikan Orang-Orang Dapat Menemukan Anda

Jangan lupa menambahkan alamat email anda, dibagian informasi resume anda. Pada bagian ini banyak orang yang mengabaikannya.

30. Bersemangatlah

Pada akhir tips optimasi profil LinkedIn ini, perusahaan akan mempekerjakan orang yang bersemangat tentang apa yang mereka lakukan. Jadi, tunjukan anda memiliki antusiasme yang tinggi. Bergabung dan berpartisipasi di grup yang sesuai dengan keahlian anda. Berbagi berita dan artikel yang menarik, menjalin koneksi dengan pimpinan di industry anda. Dan Kibarkan Bendera Anda.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.