Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Banyak orang ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kehaliannya. Tetapi di zaman seperti ini, untuk mendapat sebuah pekerjaan saja sudah merupakan salah anugerah yang dimiliki terutama didalam era persaingan kerja yang ketat serta tuntutan ekonomi yang terus meningkat setiap tahunnya.

Tuntutan ekonomi yang terus meningkat menjadi salah satu faktor banyaknya orang tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya karena lebih mementingkan penghasilan agar dapat mencukupi kebutuhan hidup ketimbang memikirkan passion atau keahlian kerja.

Selain itu faktor lingkungan tempat bekerja serta suasana tidak menyenangkan yang didapat di tempat kerja juga merupakan faktor berpengaruh terhadap cocok atau tidaknya orang itu bekerja.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Pekerja Lapangan

Akibatnya banyak pekerja yang tidak dapat menjalani pekerjaannya dengan baik serta tidak mempunyai semangat dalam bekerja. Tentu saja hal ini merugikan bagi diri sendiri maupun perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut berikut adalah hal yang harus anda lakukan saat menjalani pekerjaan yang tidak anda sukai.

Bersyukur dengan pekerjaan yang didapat

Untuk dapat diterima dalam sebuah perusahaan atau kantor bukanlah hal yang gampang. Perlu perjuangan yang keras untuk meraihnya. Meski menjalani pekerjaan yang tidak disukai, bersyukurlah kepada Tuhan karena masih diberi kesempatan untuk dapat bekerja dan mencari uang agar dapat menjalani kehidupan. Bayangkan nasib jutaan orang calon pekerja yang masih berusaha keras untuk mencari pekerjaan.

Dengan mempunyai pekerjaan berarti anda tidak perlu lagi susah-susah membawa berkas berisi dengan surat lamaran ke setiap perusahaan yang membuka lowongan kerja. Tidak perlu mencari-cari lowongan pekerjaan yang ada di internet maupun di surat kabar. Dan hal yang terpenting adalah setiap bulannya anda akan mendapatkan uang hasil dari gaji yang dibayarkan oleh kantor.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar didunia, hal ini membuat banyaknya pengangguran yang ada di negara kita ini. Menurut data yang dihimpun Badan Pusat Statistik terdapat lebih dari 7 juta pengangguran yang sampai sekarang masih mencari pekerjaan. Oleh karena itu bersyukurlan karena telah memiliki pekerjaan tetap dan jangan membenci pekerjaan yang telah didapatkan.

Renungkan alasan anda bekerja ketika merasa jenuh

Dapat dipastikan seseorang akan merasakan titik jenuh ketika melakukan rutinitas yang berulang-ulang, oleh karena itu perlu untuk merenungi kembali apa yang menjadi alasan mengapa anda bekerja diperusahaan tersebut.

Jangan biarkan ego mendominasi pikiran anda karena akan membuat banyak hal dikorbankan. Pikirkanlah kembali tujuan dan alasan anda bekerja, mungkin saja karena gaji yang besar, lingkungan yang kondusif, menafkahi keluarga atau hal penting lainnya.

Baca juga: 10 Pekerjaan Teknologi Bergaji Tertinggi Tanpa Harus Sarjana

Untuk dapat menjalani pekerjaan yang tidak disukai, coba lakukan flashback pada masa dimana saat anda pertama kali diterima bekerja. Hal ini bertujuan agar anda dapat kembali menemukan motivasi yang dulu pernah anda miliki ketika pertama kali bekerja.

Selain itu perintahkan orang terdekat anda agar selalu mendoakan supaya diberi kelancaran dalam bekerja serta menyemangati anda ketika akan pergi bekerja.

Dengan menemukan ritme saat pertama kali bekerja serta mendapatkan motivasi dari orang terdekat akan menghilangkan perasaan bosan ataupun jenuh terhadap pekerjaan itu.

Ambil sisi positif dari pekerjaan yang dijalani

Akan berat untuk menjalani pekerjaan ketika perasaan serta pikiran tidak turut andil didalamnya. Tetapi cobalah untuk mengambil sisi positif dari pekerjaan yang sedang anda jalani.

Contoh sederhananya adalah anda akan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru dari pekerjaan yang anda jalani tersebut. Selain itu anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru yang mempunyai tugas dan peranan yang berbeda-beda dengan anda, hal ini tentu menguntungkan untuk anda karena dapat mempelajari ilmu baru dari rekan yang mempunyai bidang pekerjaan berbeda dengan anda.

Baca juga: Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Juta Dalam 3 Tahun

Dengan mengambil sisi positif dari pekerjaan tersebut akan membuat anda perlahan-lahan menyukai pekerjaan tersebut.

Pelajari dengan serius pekerjaan yang anda lakukan

Salah satu faktor penyebab tidak menyukai pekerjaan adalah karena kurangnya memperdalam ilmu tentang pekerjaan yang digeluti tersebut. Apabila hal tersebut merupakan hal yang anda rasakan, maka perlu bagi anda untuk mempelajari serta memperdalam kembali pekerjaan yang anda lakukan.

Misalkan latar pendidikan anda adalah programmer yang berurusan dengan logika dan algoritma, tetapi kenyataanya anda harus bekerja menjadi seorang customer service maka anda harus bisa mempelajari serta memperdalam ilmu yang berkaitan dengan bidang pekerjaan tersebut.

Anda dapat mempelajari ilmu yang berkaitan dengan bidang pekerjaan anda melalui buku, training yang diberikan oleh perusahaan atau bertanya kepada rekan yang lebih senior dikantor tentang apa saja yang harus diperdalam agar dapat menguasai pekerjaan itu.

Baca juga: Hindari Sifat Ini Jika Tidak Ingin Karirmu Terhambat

Temukan rekan kantor yang sepemikiran

Bekerja dengan gaji yang besar tidak lantas menjadi jaminan untuk dapat membuat anda menjadi nyaman di perusahaan tersebut. Faktor lain yang mempengaruhi betah atau tidaknya seseorang saat bekerja adalah lingkungan kerja.

Oleh karena itu mencari teman yang punya pemikiran sama dengan anda dirasa wajib untuk menunjang pekerjaan anda. Tidak hanya sama untuk soal pekerjaan tetapi karakter dan kesukaan terhadap sesuatu hal.

Contohnya sama-sama menyukai salah satu klub sepak bola yang ada dieropa seperti Real Madrid atau Manchester United. Dengan mencari rekan kerja yang punya pemikiran sama dengan anda maka akan mudah terjalin komunikasi karena sama-sama nyambung. Hal tersebut tentu akan membuat anda lebih nyaman dan terhindar dari kejenuhan yang terjadi di dalam kantor karena menemukan orang yang tepat untuk diajak berbincang di sela-sela pekerjaan.

Kesimpulannya dengan mengetahui dan belajar bagaimana cara untuk mengatasi pekerjaan yang tidak sesuai maka perlahan-lahan anda akan menguasai serta mengerti tentang pekerjaan yang sedang anda jalani. Selalu bersyukur atas pekerjaan yang diberikan karena masih banyak pengangguran yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>