Skill Penting Yang Harus Dimiliki Seorang Supervisor
- Profesi

Skill Penting Yang Harus Dimiliki Seorang Supervisor

Skill penting seorang supervisor salah satunya adalah softskill, karena softskil sangat penting untuk kesuksesan seorang Supervisor atau HRD. Hasil riset yang dilakukan oleh “Standford Research Institute International and the Carnegie Mellon Foundation”, 75% kesuksesan kerja jangka panjang tergantung pada softskill yang dimiliki.

Memiliki pegawai/karyawan dengan softskill yang baik dapat membangun pelayanan konsumen yang lebih baik, meningkatkan komunikasi dan interaksi dalam team, hubungan relasi yang kuat, dan meningkatkan efisiensi.

Dalam artikel ini ada 8 skill penting seorang supervisor yang bisa anda tingkatkan.

1. Skill Komunikasi

Dikutip dari ClearCompany “86% Kurangnya kolaborasi atau tidak efektifnya komunikasi antara karyawan dan eksekutif”

Dengan keterampilan komunikasi yang baik, seorang supervisor bisa lebih mendengar dan menggunakan strategi non-verbal untuk membangun percakapan. Ini bagus sekali bagi personalia untuk menyeimbangkan kesenjangan waktu dan beban kerja yang berat saat mengelola karyawan dan proyek lainnya.

Memiliki keterampilan komunikasi yang cukup baik memungkinkan Supervisor untuk memulai pembicaraan, apakah secara spontan atau pembicaraan singkat untuk membangun keakraban dengan timnya. Ini sangat penting untuk menjaga pemikiran agar tetap terorganisir dan to the point.

Memberi dan menerima umpan balik adalah hal lain yang dapat ditingkatkan dengan skill komunikasi yang baik. Ketika menggunakan cara yang tepat, umpan balik dapat digunakan untuk mengubah perilaku karyawan.

2. Penyelesaian Konflik

Konflik ada ketika perubahan terjadi dan karena adanya perbedaan pendirian. Ketika seorang supervisor memiliki kemampuan mengendalikan konflik dengan baik, masalah menjadi terselesaikan dan berhasil membangun hubungan antar karyawan.

Para supervisor harus mampu menentukan dan mengidentifikasi konflik, penyebab dan cara mengendalikan konflik karena hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas pada perusahaan dan organisasi.

Baca Juga:

3. Kepemimpinan

Keahlian memimpin seorang supervisor dapat membawa akuntabilitas pada timnya dengan mensupport dan memotivasi dilingkungan kerja.

Pemimpin mampu mendelegasi dan mengatur berbagai macam keahlian. Ini sangat penting bagi supervisor untuk memimpin dengan cara yang paling efektif untuk mengenali kekuatan, dimana perbaikan dibutuhkan, dan memberdayakan keahlian setiap karyawan dengan cara yang tepat.

4. Berpikir Kritis

Dapat berpikir secara kritis adalah sangat penting dalam memahami secara metode, strategi, membuat keputusan, pemecahan masalah, dan berinovasi.

Studi yang dilakukan oleh Pearson mencatat “Semakin tinggi jabatan yang diberikan, semakin kritis pula cara berpikirnya”

Supervisor dengan kemampuan berpikir kritis harus mampu mengembangkan proses tahap demi tahap dari masalah yang akan diselesaikan.

Berpikir kritis juga sangat membantu dalam situasi yang didalam organisasi memiliki perbedaan gaya berpikir dan dibutuhkan kolaborasi pada lingkungan organisasi untuk mencapai keberhasilan pemecahaan masalah.

5. Kemampuan Interpersonal

Berbeda dengan kemampuan komunikasi, kemampuan interpersonal sangat penting bagi supervisor untuk mengindentifikasi dan membangun kultur dalam organisasi.

Keterampilan interpersonal memungkinkan supervisor membangun team secara efektif dengan cara konsensus, meeting yang rutin, dan pemahaman hubungan dan gaya bersosial.

6. Manajemen Waktu dan Prioritas

Supervisor dengan keterampilan manajemen waktu dan prioritas yang cakap dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Menyeimbangkan beban kerja yang berat dan kendala waktu sambil mengelola serta mendelegasikan karyawan dan proyek lain dan adalah keterampilan yang penting bagi seorang supervisor.

Studi yang dilakukan oleh University Of Georgia ditemukan bahwa “karyawan yang mempraktikkan teknik manajemen yang baik lebih produktif, lebih tidak tertekan, menyelesaikan banyak pekerjaan, lebih bersemangat, dan lebih puas terhadap pekerjaan mereka”

Supervisor dengan keterampilan manajemen waktu dan prioritas lebih bisa memahami perbedaan waktu dan prioritas karyawan dan dapat menyesuaikan proyek dan beban kerja karyawan agar lebih efektif.

Sebagai supervisor anda juga harus memiliki wawasan tentang tools atau teknologi yang dapat mendukung manajemen waktu menjadi lebih efektif bagi para karyawan atau staf anda. contohnya anda bisa menggali informasi tentang sistem Absensi Mobile Menggunakan Android untuk karyawan anda, Dll.

7. Keanekaragaman and Perbedaan Generasi Pada Lingkungan Kerja

Riset University Of Florida dalam studi keanekaragaman lingkungan kerja ditemukan bahwa “saling menghargai perbedaan akan menguntungkan dan akan meningkatkan produktivitas pekerja. Dengan menciptakan lingkungan yang adil dan aman dimana setiap karyawan memiliki akses peluang dan tantangan yang sama akan menguntungkan bagi perusahaan.”

Ini sangat penting bagi Supervisor untuk memiliki kemampuan peduli dengan lingkungan kerja yang beragam dan mengerti batasan-batasan serta perbedaan yang ada sebaik mungkin.

Peduli pada masalah perbedaan dapat membantu supervisor untuk menghargai perbedaan dan dapat bersikap adil dalam menghadapi permasalahan yang muncul.

8. Kemampuan “Problem Solving”

Memiliki keterampilan problem solve adalah sesuatu yang sangat fundamental yang harus dimiliki oleh seorang supervisor.

Dirilis dari laporan AchieveGlobal “pemecahan masalah yang berhasil dilakukan akan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan pendapatan perusahaan.”

Keunggulan supervisor adalah seseorang yang tidak hanya mengetahui masalah dan akar permasalahan yang muncul tapi juga harus menemukan cara yang paling efektif untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Supervisor dengan kemampuan problem solving yang baik adalah aset berharga bagi perusahaan.

 

Aplikasi Absensi Online Boss pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.