Sebelum Melamar Pekerjaan Ini 10 Hal Yang Harus Anda Persiapkan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Melamar pekerjaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika anda adalah seorang fresh graduate yang belum pernah melamar pekerjaan dimanapun. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar anda dapat diterima masuk kerja diperusahaan yang anda lamar. Ijazah, transkrip nilai dan sertifikat tidak serta merta membuat nilai anda menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan pelamar lain. Anda harus memiliki kemampuan yang membuat perusahaan tertarik untuk merekrut anda.

Sebelum melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan. Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar kesempatan untuk diterima kerja semakin besar. Lalu apa saja hal yang harus anda perhatikan dan persiapkan sebelum melamar pekerjaan? Berikut 10 hal yang harus anda perhatikan saat akan melamar pekerjaan.

Baca juga: 7 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Mencaritahu lebih dalam tentang perusahaan

Sebelum anda memberikan berkas lamaran ke perusahaan yang ingin dilamar, ada baiknya anda mempelajari lebih dalam bagaimana perusahaan tersebut. Anda dapat melakukan riset mendalam mengenai apa saja yang ada didalam sana, bagimana lingkungan kerja dan bagaimana jenjang karier didalam perusahaan. Anda dapat bertanya kepada seseorang yang pernah bekerja disana untuk mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai perusahaan. Atau anda juga dapat membuka situs resmi dari perusahaan yang ingin anda daftar untuk mencari tahu lebih lanjut.

Memberikan dokumen dengan lengkap ke perusahaan yang akan dilamar

Tentu saja anda harus memberikan dokumen lengkap saat akan melamar pekerjaan. Pastikan anda mengirimkan dokumen dengan benar dan berilah dokumen yang dapat membuat perusahaan tertarik untuk merekrut anda. Misalnya portofolio project besar yang pernah anda kerjakan. Atau penghargaan yang mungkin tidak mudah untuk didapatkan oleh orang lain.

Membuat personal branding

Di era seperti sekarang ini, personal branding adalah salah satu hal yang paling penting agar anda dapat diterima pekerjaan. Coba buatlah personal branding sesuai dengan kemampuan anda. Buatlah diri anda terlihat seprofesional mungkin dan setiap orang yang mengenal anda mengakui kemampuan anda.

Baca juga: 6 Jenis Pekerjaan Yang Paling Sering Dicari Tahun 2018

Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti linkedin untuk memperkuat branding anda. Dengan menggunakan media sosial seperti itu anda akan terlihat makin profesional.

Persiapkan diri saat wawancara

Perusahaan yang tertarik dengan berkas yang anda kirim pasti akan menghubungi lagi untuk melakukan wawancara. Mereka akan menanyakan banyak hal terkait dengan keinginan pekerjaan serta hal-hal lain yang sepertinya tidak nyambung. Dalam wawancara, kamu tak perlu bingung dan gugup. Persiapkan mental kamu dengan matang.

Mental yang matang akan menghindari anda dari hal-hal buruk. Ada banyak hal buruk yang terjadi pada orang yang hebat dan memiliki keahlian tinggi. Namun ketika wawancara kerja kegugupan membuat dirinya gagal masuk dan diterima kerja.

Baca juga: 5 Cara Efesien dan Efektif Bekerja Sambil Kuliah

Jangan pikirkan gaji

Jika anda adalah fresh graduate, jangan membicarakan gaji karena dapat memperkecil peluang diterima kerja. Membicarakan gaji saat wawancara kerja memang bukan hal yang salah namun anda tidak perlu ngotot meminta gaji yang sesuai dengan apa yang anda inginkan karena bisa jadi perusahaan malah akan memblacklist anda dari daftar pencari kerja.

Jangan terlalu membanggakan CV

Mungkin ada deretan tulisan yang panjang didalam CV anda. Entah itu prestasi akademik yang pernah didapat ketika masih aktif sebagai mahasisa atau karena banyak kegiatan yang pernah anda ikuti. Faktanya hanya sedikit perusahaan yang benar-benar membaca CV yang ditulis oleh setiap pelamar kerja. Apalagi jika CV yang anda buat tidak relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar.

Tingkatkan kemampuan yang anda miliki

Pastikan anda memiliki kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar. Jika tidak, maka anda dapat belajar agar kemampuan anda bisa digunakan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Anda dapat mengikuti kursus untuk mempelajari bidang tersebut. Atau anda juga dapat meminta teman anda yang berprofesi sama untuk mengajari anda.

Perbanyak pengalaman kerja

Jika anda saat ini masih berstatus sebagai fresh graduate, maka anda dapat mengambil pekerjaan lepas atau freelance untuk memperdalam pengalaman anda dalam bekerja. Dengan begitu kemampuan yang anda miliki akan semakin tinggi dan tentu saja anda tidak akan gugup saat melamar pekerjaan.

Baca juga: Jenuh Saat Bekerja? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya

Tidak mengeluh saat bekerja

Sebelum bekerja, pastikan didalam diri anda jika anda ingin bekerja dengan serius dan tidak mudah mengeluh. Bekerja di dalam perusahaan biasanya selalu memberikan tekanan pada diri anda. Untuk itu anda harus benar-benar memastikan jika diri anda sanggup bekerja dibawah tekanan. Apalagi jika perusahaan menerapkan kebijakan pemindah tugasan keluar kota maka anda harus siap kapanpun.

Tetap semangat

Jika anda selalu ditolak saat melamar kerja, artinya ada sesuatu yang salah didalam diri anda. Untuk itu anda harus memperbaiki diri anda dan memperhatikan apa yang salah didalam diri anda. Selain itu pastikan diri anda tetap selalu semangat menghadapinya karena itu adalah salah satu tahapan yang akan membuat anda menjadi orang yang lebih baik lagi.

Itu tadi adalah 10 hal yang harus anda persiapkan saat akan melamar pekerjaan. Anda dapat mencobanya dan semoga berhasil.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.