Punya Usaha Sampingan ? Perhatikan 5 Etika Bisnis Ini
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Munculnya ide peluang usaha sampingan baru membuat banyak orang yang ingin mencobanya. Bahkan yang sudah memiliki pekerjaan tetapun, juga ingin berusaha sampingan. Banyak sekali alasan mengapa karyawan yang telah memiliki gaji bulanan, memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan. Mulai dari alasan kurangnya penghasilan bulanan dari kantor, hingga ingin mencoba mengambangkan passion diri.

Sebenarnya tidak ada masalah jika anda sebagai karyawan menjalankan usaha sampingan, bahkan tidak ada aturan dalam kontrak kerja yang melarang karyawan untuk memiliki pekerjaan sampingan. Namun sebagai karyawan yang professional, anda memiliki kewajiban melaksanakan pekerjaan kantor dan jangan sampai 5 etika bisnis ini anda hiraukan.

Baca juga : Peluang Bisnis dan Usaha Tahun 2017

Berikut ini adalah 5 etika bisnis dalam menjalankan usaha sampingan:

1. Usaha sampingan tidak sama dengan ranah bisnis tempat anda bekerja

Memang sudah seharusnya anda mencari usaha sampingan dengan bisnis yang berbeda dari perusahaan atau kantor tempat anda bekerja. Jangan pernah sekali-kali anda mencoba usaha sampingan ataupun pekerjaan sampingan dengan bisnis yang sama, jika tidak ingin mendapatkan hal buruk pada karir anda. Contohnya jika anda bekerja di perusahaan bidang digital advertising, maka jangan pernah anda mencoba usaha ataupun bekerja sampingan di luar kantor sebagai digital advertising juga.

Ketika anda tetap bekerja sampingan dengan produk bisnis yang sama, maka perusahaan akan menganggap anda sebagai seorang musuh yang dapat menjatuhkan bisnis perusahaan. Anda tidak dapat menyembunyikan pekerjaan sampingan anda pada pihak perusahaan, hanya tinggal menunggu waktu saja pekerjaan sampingan anda akan ketahuan. Bahkan selain mengurangi kredibilitas anda di mata perusahaan, anda bisa saja mendapat sanksi pemecatan karena dapat menghancurkan bisnis perusahaan. Tidak mungkin ada perusahaan yang mau memperkerjaan karyawan yang dapat “mencuri” pasar bisnisnya.

Baca juga : Bisnis Franchise Terbaru 2017

2. Jangan menggunakan fasilitas kantor, untuk menjalankan usaha sampingan

Walaupun kantor anda memiliki internet yang cepat ataupun tugas harian anda sudah selesai. Bukan berarti anda di perbolehkan menggunakan fasilitas kantor untuk menjalani usaha sampingan anda. Sebaiknya anda hanya menggunakan fasilitas kantor, untuk pekerjaan utama anda saja. Lebih baik anda menganggarkan pembelian fasilitas penunjang pekerjaan sampingan anda menggunakan uang pribadi.

Sebagai contoh, jika anda membuat usaha sampingan menjual barang secara online, lebih baik anda menggunakan notebook ataupun smartphone pribadi, begitu pula dengan akses internet yang anda pakai. Jika anda menggunakan fasilitas kantor di luar pekerjaan kantor, maka anda dapat di tuduh sebagai orang yang menyalah gunakan fasilitas kantor. Dan biasanya di perusahaan-perusahaan telah memiliki sanksi tersendiri untuk perbuatan tidak baik seperti ini.

3. Tidak boleh mengajak karyawan lain untuk bergabung secara aktif

Jangan pernah anda mencoba untuk mempengaruhi karyawan lain untuk mengikuti anda ataupun bergabung secara aktif dalam usaha sampingan anda. Belum tentu karyawan lain dapat membagi waktu antara pekerjaan utama dengan pekerjaan usaha sampingan sebaik anda. Bahkan jika pihak perusahaan tau tentang ini dan merasa tidak suka, bisa saja bukan hanya anda yang di beri sanki tetapi juga karyawan lainnya. Sehingga jika pada akhirnya sanksi yang di dapat karyawan lain berupa pemutusan kontrak kerja (pemecatan), maka semuanya merupakan salah anda.

Baca Juga  : Bisnis Online Terbaik 2017

4. Jengan mengerjakan usaha sampingan, di jam kerja kantor

Ketika anda telah memilih untuk memiliki usaha sampingan, maka anda harus benar-benar pandai mengatur manajemen waktu. Pastikan jika waktu anda untuk menjalankan usaha sampingan tidak bertabrakan dengan pekerjaan utama. Mau bagaimanapun, pekerjaan utama adalah prioritas yang harus kamu kerjakan dan didalamnya terdapat tanggung jawab besar yang diberikan perusahaan.

Sebaiknya anda mengerjakan usaha sampingan di luar jam kerja, seperti saat jam istirahat, pulang kerja ataupun di setiap tanggal merah. Menjalankan usaha sampingan di jam kerja utama akan memunculkan banyak masalah baru bagi anda. Ada baiknya juga anda mengerjakan pekerjaan sampingam tersebut di luar tempat kantor, seperti di rumah cafe dll. Hal ini untuk menjaga integritas anda di mata perusahaan dan karyawan lain

5. Usaha sampingan tidak menggangu produktifitas pekerjaan anda di kantor

Dan yang terakhir adalah pastikan usaha sampingan anda tidak mengganggu produktifitas pekerjaan anda di kantor. Bisa jadi karena anda terlalu fokus memikirkan usaha sampingan anda, sehingga tugas-tugas kantor terlupakan. Jika usaha sampingan anda telah menganggu produktifitas, ada baiknya anda berfikir sejenak untuk memutuskan menghentikan salah satu pekerjaan tersebut. Jangan pernah memaksakan diri untuk mengerjakan 2 atau lebih pekerjaan, jika tidak mampu menjaga produktifitas pekerjaan.

Baca Juga : Mau Bekerja Sambil Keliling Dunia ? Coba 9 Profesi Ini

Bisa jadi dengan adanya pekerjaan usaha sampingan dapat menambah pundi-pundi penghasilan anda, di bandingkan gaji bulanan yang di terima melalui payroll bank dari perusahaan anda. Tetapi anda juga jangan lupa jika mengurus usaha sampingan, sambil tetap melaksanakan di pekerjaan utama itu tidak muda. Maka dari itu pastikan anda mampu menjaga 5 etika bisnis yang telah kami berikan. Terimakasih


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>