Naik jabatan atau biasa dikenal dengan promosi jabatan merupakan dambaan setiap karyawan yang bekerja di perusahaan. Dapat dipastikan hampir setiap tahunnya karyawan akan mengincar kenaikan jabatan. Kenaikan jabatan merupakan simbol dari keberhasilan karyawan dalam membangun karirnya. Dengan jabatan yang lebih tinggi, karyawan akan merasa lebih dihormati, disegani dan setiap tindakannya akan selalu dipertimbangkan oleh perusahaan. Namun perlu anda ketahui jika hal tersebut tidak selalu terjadi ketika anda mendapat promosi kenaikan jabatan.
Terkadang perusahaan sengaja memberikan kenaikan jabatan hanya agar job description anda menjadi bertambah dan tentu saja akan menambah berat beban kerja yang anda kerjakan. Selain itu tanggung jawab yang besar akan pekerjaan tentunya akan menjadi beban tersendiri. Untuk itu sebelum anda menyetujui kenaikan jabatan yang diberikan oleh perusahaan ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Dikutip dari qerja.com yang dilansir dari forbes.com, berikut adalah 4 hal yang harus anda perhatikan sebelum menyetujui kenaikan jabatan.
Baca juga: Cara Memimpin Karyawan Yang Lebih Tua Dari Anda
Pahami bagaimana perusahaan anda
Sebelum menerima kenaikan jebatan, coba lakukan beberapa penelitian atau ovservasi terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana budaya organisasi perusahaan apakah anda dapat berkembang dengan peran baru yang diberikan. Tidak hanya itu anda juga harus melihat secara lebih luas seperti melihat bagaimana pimpinan perusahaan mengambil keputusan, manajemen dan politik kantor. Pastikan perusahaan anda tidak memiliki hal buruk saat anda berada dalam posisi baru yang lebih tinggi dari sebelumnya.
Selain itu anda dapat melihat apakah budaya perusahaan terlalu dikendalikan oleh pimpinan saja, Apakah pimpinan perusahaan terlalu mengekang karyawannya atau justru menerapkan sistem yang lebih baik dan dapat membuat setiap bagian bekerja sama untuk menghasilkan kontribusi yang lebih baik. Pastikan perusahaan anda memiliki budaya yang baik.
Baca juga: Ingin Menjadi Kurir? Persiapkan Dulu Beberapa Hal Ini
Cari tahu orang-orang yang nantinya akan berhubungan dengna anda
Ketika akan naik jabatan anda bertemu dengan lebih banyak orang, lalu apakah orang-orang tersebut cocok dengan karakter anda atau tidak. Pastikan dengan naik jabatan potensi diri anda tidak akan terbatasi. Mungkin bertemu dengan orang yang lebih banyak dan sebelumnya tidak pernah ditemui akan memberikan dampak positif, tetapi bukan berarti anda tidak harus melihat serta mengawasi bagaimana dampak yang nantinya akan terjadi, pastikan orang-orang yang akan berhubungan dengan anda saat naik jabatan tidak memberikan efek negatif.
Pelajari target kerja yang harus anda capai
Jabatan baru artinya target kerja juga baru. Artinya anda akan mendapatkan target kerja baru sesuai dengan jabatan yang didapat saat kenaikan jabatan. Sebelum menerima kenaikan jabatan, pastikan target kerja yang diberikan perusahaan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Beberapa perusahaan terkadang akan memberikan target yang terlalu tinggi dan bahkan membunuh karyawan karena target yang tidak akan mungkin bisa dicapai. Tentunya anda tidak ingin jika kenaikan jabatan malah membuat beban dalam diri anda bertambah.
Baca juga: Hindari Sifat Ini Jika Tidak Ingin Karirmu Terhambat
Pertimbangkan dampak yang akan dirasakan
Mendapat kenaikan jabatan tidak selalu terdengar hebat, terkadang hal tersebut dapat membuat karir dan kehidupan pribadi anda akan rusak. Pertimbangkan kembali apa dampak yang akan dirasakan jika naik jabatan. Mungkin saja dengan naik jabatan anda akan menjadi orang yang sering berbohong, menipu atau menjadi orang yang dibenci karyawan karena terlibat dalam pemecatan salah satu rekannya. Pastikan hal-hal seperti itu tidak terjadi saat mendapat kenaikan jabatan.
Sumber: qerja.com