Perbedaan BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

Pemerintah Indonesia memberikan jaminan kesehatan sosial bagi seluruh masyarakat dengan membentuk suatu perusahaan BUMN yang bernama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Masih banyak masyarakat Indonesia yang kebingungan dan tidak dapat membedakan antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Tidak sedikit juga yang berfikir jika kedua jaminan sosial tersebut adalah sama, padahal keduanya berbeda.

Baca juga: Cara Menghitung BPJS Ketenagakerjaan Karyawan

Seperti yang tertulis didalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, kehadiran BPJS berfungsi untuk menggantikan beberapa lembaga jaminan sosial yang sebelumnya telah ada seperti Askes diganti menjadi BPJS Kesehatan dan Jamsostek diganti menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Tugas utama dari BPJS Kesehatan adalah untuk memberikan jaminan sosial kesehatan kepada seluruh rakyan Indonesia, sementara tugas utama dari BPJS Ketenagakerjaan adalah memberikan jaminan sosial seperti jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Untuk lebih memahami seputar transformasi lembaga jaminan sosial, berikut adalah penjelasan lebih detil.

Baca juga: Langkah-Langkah Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Pada 1 Januari 2014, PT Askes berganti nama menjadi BPJS Kesehatan. Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) yang awalnya Jamsostek bertransformasi menjadi JKN di BPJS Kesehatan. Program JKN adalah program yang wajib untuk diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia. BPJS Kesehatan memberikan perlindungan sesuai dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang terdiri dari pelayanan tingkat pertama, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjut dan rawat inap.

Sementara itu pada 1 juli 2015 PT Jamsostek berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Fungsi BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk memberikan jaminan sosial kepada setiap buruh atau pekerja di Indonesia. Beberapa program yang ada didalam BPJS Ketenagakerjaan diantaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja(JKK), Jaminan Hari Tua(JHT), Jaminan Pensiun(JP) dan Jaminan Kematian(JK).

Baca juga: Daftar Lengkap Upah Minimum Provinsi UMP 2018

Meski begitu, kedua program jaminan sosial tersebut memiliki kesamaan. Salah satu kesamaan dari BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan adalah sama-sama menerapkan sistem iuran perbulan kepada masyarakan dan pekerja. Tetapi biaya iuran yang harus dikeluarkan untuk BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan berbeda.

Perlukah peserta ASKES mendaftar BPJS Kesehatan?

 

Jika anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kebetulan sudah menjadi peserta ASKES, maka anda tidak perlu lagi untuk melakukan pendaftaran sebagia peserta BPJS, karena pada dasarnya peserta ASKES sudah secara otomatis terdaftar sebagai peserta BPJS. Selain itu jika kartu ASKES anda belum diganti menjadi kartu BPJS Kesehatan, anda masih bisa untuk berobat dengan menggunakan kartu ASKES layaknya seperti kartu BPJS Kesehatan.

Perlukan peserta JAMSOSTEK mendaftar kembali BPJS Ketenagakerjaan?

Seperti halnya dengan ASKES, pekerja/buruh yang sudah terdaftar menjadi perserta JAMSOSTEK tidak perlu lagi untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena sudah secara otomatis terdaftar. Penggunaan kartu JAMSOSTEK juga dapat dipakai untuk berobat jika kartu JAMSOSTEK anda belum ditukar menjadi kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Pekerja Lapangan

Perlu diketahui jika anda tidak dapat menggunakan kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk berobat layaknya kartu BPJS Kesehatan, untuk itu biasanya perusahaan mendaftarkan karyawannya menjadi peserta di kedua program jaminan sosial tersebut.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Dengan membaca artikel diatas semoga dapat memberikan pemahaman kepada anda tentang beda BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK

 


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.