Mau Bekerja Sambil Keliling Dunia Coba 9 Profesi Ini
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Travelling sudah menjadi kebutuhan hidup seseorang. Dengan kondisi kehidupan yang semakin penat, travelling menjadi salah satu cara terbaik untuk menyegarkan semangat anda. Bahkan tidak sedikit orang yang pada akhirnya ingin mencari pekerjaan atau profesi yang dapat membuatnya berkeliling dunia. Di era generasi millennial ini, banyak orang bekerja bukan semata-mata karena materi, namun lebih jauh dari itu mereka bekerja untuk bisa menemukan kebahagian dan petualangan dalam hidupnya.

Jika anda memiliki mimpi bekerja sambil keliling dunia ? Berikut ini kami sajikan 9 profesi yang dapat mengwujudkan mimpi anda untuk berkeliling dunia.

1. Pramugari Dan Pramugara

Seorang pramugari dan pramugara akan selalu mengikuti kemana pesawatnya terbang. Biasanya ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lain, pramugari dan pramugara memiliki waktu singgah yang cukup lama untuk beristirahat sebelum melanjutkan penerbangan berikutnya. Waktu singgah ini dapat di manfaatkan untuk berpetualang ataupun sekedar menikmati suasana di seputar tempat beristirahat. Pramugari dan pramugrapun juga sering mendapatkan tiket murah dari maskapai tempat iya bekerja yang dapat di gunakan bersama keluarga.

Sebelum memilih profesi sebagai pramugari dan pramugara anda harus menentukan dahulu maskapai yang menjadi incaran tempat anda akan bekerja. Karena tidak semua maskapai melayani rute internasional, beberapa maskapai hanya melayani rute domesti antar provinsi di indonesia. Untuk menjadi pramugari dan pramugara bisa di bilang “susah-susah gampang”, anda harus memiliki skill berbahasa dan komunikasi yang baik. Anda juga harus menempu pelatihan khusus minimal 6 bulan sebelum siap menjadi awak kabin pesawat. Untuk bisa menjadi pramugari dan pramugari sekarang telah banyak sekolah-sekolah penerbangan atau langsung ikut melalui program perekrutan langsung dari maskapai penerbangan.

 

2. Interpreter

Interpreter atau seorang penerjemah pembicaraan, biasanya dibutuhkan dalam urusan bisnis maupun politik. Interpreter akan ikut hadir pada sebuah rapat yang melibatkan banyak orang bersekala internasional ataupun saat menghadiri koferensi dan forum-forum internasional. Semua biaya untuk perjalanan dan akomondasi pastinya di tanggung oleh orang yang menyewa jasa interpreter. Terkadang anda juga dapat meminta izin untuk mendapatkan tiket pulang dengan tanggal yang lebih lama, sehingga anda bisa menikmati suasa di negara yang sedang anda kunjungi.

Untuk menjadi seorang interpreter, anda harus memiliki kemampuan bahasa asing yang baik dan paling tidak menguasai 2 atau lebih bahasa asing. Selain itu anda juga harus sering-sering bergabung dalam forum-forun translator dunia ataupun agensi interpreter, agar semakin banyak permitaan jasa anda sebagai interpreter.

3. Awak Kapal Pesiar

Jika anda ingin menghabiskan matahari terbenam di hawai, menikmati senja di karibian, ingin menenangkan diri di maladewa dan lain-lain, maka menjadi awak kapal pesiar adalah solusinya. Biasanya sebuah kapal pesiar membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang pelayanan seperti pelayan, koki, bar tender hingga musisi pun mereka butuh. Kapal pesiar tidak selamanya berada di tengah lautan biru, meraka juga akan berhenti di beberapa pelabuhan tempat wisata yang eksotis. Anda bisa mengambil jam istirahat atau jadwal off untuk menikmati lokasi-lokasi tempat kapal pesiar berlabuh.

Untuk menjadi awak kapal pesiar anda harus mimiliki skill dan memenuhi kriteri berbeda-beda, tergantung posisi yang ingin di tempati. Sebelum melamar, ada baiknya anda mengikuti studi di sekolah tinggi pariwisata atau mengikuti paket pelatihan kapal pesiar yang sudah banyak muncul di kota-kota besar di indonesia.

4. Pemandu Tour

Mulai dari sekarang anda harus rajinn mencari info pekerjaan pemandu tour di berbagai perusahaan travel & tour. Seperti namanya, pemandu tour bertugas untuk memandu dan pusat informasi wisatawan dalam berlibur. Mulai dari rute perjalan, menceritakan tentang objek wisata yang sedang di kunjungi adalah tugas pemandu tour. Inilah profesi yang di sebut dengan “jalan-jalan di bayar”, selagi anda membantu orang lain untuk dapat menikmati perjalanannya, anda juga akan menikmati liburan di dalam pekerjaan tersebut.

Untuk dapat bekerja menjadi pemandu tour, anda harus memiliki banyak pengalaman dalam berwisata, baik dalam pemahaman rute, sejarah lokasi wisata, tempat-tempat yang indah, hingga akomondasi yang sesuai dengan keinginan wisatawan.
Baca juga : Peluang Bisnis dan Usaha Tahun 2017

 

5. Muthawif

Untuk profesi ini, selain anda akan mendapat gaji dan nikmatnya jalan-jalan, anda juga akan mendapat pahala karena membantu orang beribadah. Karena muthawif adalah istilah yang sering digunakan untuk para pemandu umroh dan haji. Disini anda akan bertugas sebagai pengawal proses pelaksanaan ibadah umroh dan haji bagi para jemaah. Tidak sedikit para biro perjalanan haji dan umroh juga menyediakan paket ibadah umrah plus liburan ke beberapa tempat di tanah arab, sehingga anda juga dapat menikmatinya.

Baca juga : Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Juta Dalam 3 Tahun

 

6. Membuka Usaha Open Trip

Jika telah memiliki pengalaman menjadi pemandu tour ataupun anda telah terbiasa membuat kelompok jalan-jalan, tidak ada salahnya anda membuat usaha open trip. Open trip adalah sebuah perjalanan wisata, di mana orang lain boleh ikut dengan membayar biaya perjalanan yang telah di tentukan. Tidak usah takut dalam mempromosikan dan bagaimana cara agar banyak orang tertarik untuk ikut di trip anda. Anda bisa memposting paket open trip anda pada marketpace paket wisata dataupun share ke sosial media, untuk market place pariwisata yang paling kami rekomendasikan adalah vikatrip.com

 

7. Diplomat

Diplomat bukanlah pekarjaan mudah dan sangat besar tanggung jawabnya pada negara. Karena diplomat adalah orang yang ditunjuk oleh negara untuk menjaga hubungan diplomatik pada negara lain ataupun organisasi internasional. Kebanyakan diplomat akan bekerja pada kantor kantor KBRI yang ada di negara lain ataupun kantor organisasi besar seperti WHO, PBB dan lain lain.

Untuk dapat menjadi seorang diplomat maka sebaiknya anda asah bakat organisasi, komunikasi dan negosiasi sejak dini. Karena profesi ini bukan untuk orang sembarangan.

 

8. Virtual Assistant

Di indonesia sendiri profesi asisten virtual memang masih belum banyak di ketahui, padahal di negara lain profesi ini telah menjadi salah satu yang terfavorite. Asisten virtual adalah sebuah pekerjaan lepas yang bertugas untuk membatu perusahaan mengerjakan beberapa tugas administrastif seperti membangun website, imput data, membuta konten, memanage sosial media dll. Karena asisten virtual memiliki budaya kerja remote (Jarak jauh), maka anda dapat bekerja di manapun sambil berjalan-jalan keliling dunia. Anda bdapat searching bagaimana menjadi asisten virtual bergaji tinggi di google.

9. Kerja Di NGO Internasional

Jika anda memiliki jiwa sosial yang tinggi dan senang terjun langsung di dalam masyrakat, maka anda cocok kerja di NGO Internasional seperti WHO, WWF, UNISCO dan lain-lain. Kerja sebagai volunteer bukan berarti anda tidak di gaji, justru gaji yang di terima saat anda bekerja di organisasi internasional cukup besar. Anda bisa jalan-jalan ke afrika dengan bergabung dalam project kemanusaiaan WHO atau anda mau pergi ke amazon melihat binatangf-binatang terancam punah dengan bekerja di WWF. Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa, saat anda dapat bekerja di NGO Iternasional. Apalagi biasanya profesi sebagai pekerja di NGO internasional merupakan mimpi para aktivis di dunia termasuk aktivis di indonesia.

Untuk dapat bekerja di negara lain anda dapat bekerja di NGO lokal ataupun NGO Internasional yang membuat projek di indonesia. Anda bisa melihat dapaftar lowongan kerja NGO di Kerja-ngo.com

Demikin artikel tentang 9 profesi yang dapat membuat anda berkeliling dunia. Anda juga dapart memberikan pengalaman bekerja sambil jalan-jalan keliling dunia melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>