Jenuh Saat Bekerja? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tidak dapat dihindari, menjalani pekerjaan dengan aktifitas yang sama setiap harinya dapat membuat pikiran menjadi jenuh. Ditambah lagi tugas-tugas yang menumpuk dikantor, deadline tugas dari atasan yang harus selesai dalam jangka waktu yang singkat dan tekanan lain yang biasanya didapatkan saat bekerja. Tentu saja dengan segala tekanan dan kesibukan didalam pekerjaan, waktu untuk bersantaipun hilang, dengan begitu rasa jenuh didalam diri akan dengan gampang muncul karena tidak pernah mengistirahatkan diri.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Ramadhan

Hampir setiap orang yang bekerja akan merasakan hal seperti itu, tertekan, tidak bisa beristirahat, selalu merasa dikejar-kejar pekerjaan dan akhirnya menjadi jenuh. Sebenarnya, jenuh saat bekerja merupakan hal yang wajar terjadi namun bukan berarti anda harus menerima begitu saja apa yang anda rasakan, anda harus berusaha menghilangkan rasa jenuh yang ada didalam diri agar dapat bekerja lebih maksimal lagi. Lalu bagaimana caranya? Berikut kami rangkum 5 cara menghilangkan jenuh saat bekerja.

Berikan waktu anda untuk beristirahat

Terlalu fokus dalam bekerja dapat membuat anda jadi lupa waktu, tentu saja hal ini tidaklah baik karena jika anda terlalu memaksakan diri, tubuh dan otak anda akan terus dipaksa untuk bekerja padahal sudah sampai ambang batas. Tentu hal ini akan membuat produktivitas anda menjadi menurun. Agar produktivitas anda tidak menurun saat akan mengerjakan tugas, ada baiknya anda memberikan jeda waktu untuk beristirahat mengurangi lelah yang ada didalam diri. Anda dapat memanfaatkan waktu selama 30 menit untuk beristirahat dan menenangkan diri.

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik Di Tempat Kerja Untuk Karyawan

Kenali penyebab jenuh

Ada banyak penyebab munculnya jenuh saat bekerja. Untuk itu anda harus mencoba mengidentifikasi lebih jauh penyebab dari rasa jenuh yang muncul. Mungkin saja penyebab jenuh yang muncul dari diri anda dikarenakan tingginya intensitas kerja yang membuat anda tidak dapat berisirahat, terlalu banyak tugas yang diberikan oleh atasan kepada anda, atau karena permasalahan yang terjadi antara rekan kantor. Tentu dengan mengetahui penyebab jenuh yang terjadi, anda dapat mencari solusi yang tepat atas permasalahan yang terjadi.

Jika anda merasa terlalu mendapatkan pekerjaan dan tugas yang berat, anda dapat berkonsultasi kepada HRD mengenai permasalahan tersebut. Sampaikanlah jika anda merasa keberatan dengan beban kerja yang terlalu besar. Dengan begitu HRD dapat mencarikan solusi dari permasalahan yang anda dapatkan.

Lakukan hal yang menyenangkan saat dikantor

Salah satu cara menghilangkan jenuh saat bekerja adalah dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat melakukan hal yang menyenangkan saat bekerja agar rasa jenuh tidak datang menghampiri. Salah satu contohnya adlaah dengan mendengarkan musik saat bekerja atau makan snack sambil bekerja. Jika pekerjaan anda tergolong santai anda dapat menyelinginya dengan bermain game di smartphone atau mungkin menonton video di Youtube. Namun jangan sampai kegiatan tersebut mengganggu pekerjaan anda.

Baca juga: 4 Cara Membangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

Buat suasana baru dimeja kerja

Suasana yang monoton tentu akan membuat rasa jenuh lebih gampang datang ketimbang. Untuk itu anda dapat mencoba hal-hal baru pada meja kerja anda agar tidak mudah bosan. Misalnya dengan menambahkan sesuatu yang merupakan kesukaan anda. Menaruh pot bunga disamping komputer, memasang dekorasi agar terlihat lebih berwarna, membersihkan dan mentata barang-barang agar terlihat baru dan lebih rapi.

Selalu berfikir positif

Pemikiran yang positif tentu akan menghindarkan anda dari sikap negatif seperti jenuh. Dengan selalu berfikir positif anda akan selalu bersemangat dalam menjalani pekerjaan yang ada dikantor. Cobalah untuk bersyukur dengan posisi anda seperti sekarang ini. Jangan terlalu banyak mengeluh, karena masih banyak orang lain yang kesulitan mencari kerja. Yakinkan diri anda jika anda adalah orang yang beruntung karena mendapat pekerjaan yang sesuai dengan passion didalam diri.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini Agar Dapat Bekerja Lebih Produktif

Itu tadi adalah 5 cara mengatasi jenuh ditempat kerja, anda dapat menerapkannya saat anda merasa jenuh. Tentu saja dengan mengikuti cara diatas, rasa jenuh pun tidak akan mudah menghampiri anda.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.