Ini 5 Tips Sukses Menjadi Team Player Yang baik
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Ketika menjadi seorang “Good Team Player” atau anggota tim yang baik, artinya anda telah mampu untuk bekerjasama dalam sebuah timwork dan mengerjakan tugas-tugas yang ada dengan baik. Ketika anda mampu menjadi team player yang baik, maka anda akan disenangi rekan kerja serta atasan anda.

Saat ini sudah terlalu banyak buku yang membahas leadership ataupun seni menjadi pemimpin, namun jarang sekali di dengar tentang buku cara menjadi anggota tim atau team work yang baik. Bahkan kita selalu disuguhkan dengan banyak macam pemikiran untuk mampu menjadi seorang pemimpin terbaik. Namun kita sering lupa bahwa tidak selamanya kita akan bertugas untuk memimpin, adakalahnya justru kita akan dipimpin oleh orang lain. Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk memahami bagaimana menjadi anggota tim atau team player yang baik.

Ada sedikit perbedaan antara leadership dan seni teamwork, yaitu pada keterlibatan kita didalamnya. Jika diumpamakan dalam permainan sepakbola, leadership adalah seorang pelatih yang mengatur stragi untuk timnya. Dan seni team work adalah bagimana kita mampu menjalan tugas sebagai salah satu bagian dari pemain dengan baik.

Berikut ini 5 tips yang dapat anda lakukan untuk dapat sukses menjadi seorang team player yang baik :

Buatlah Aturan Untuk Anda Sendiri dan Tim

Seringkali masalah ataupun kesalahpahaman terjadi karena tidak adanya aturan yang jelas dalam melaksanakan tugas disebuah tim. Hal ini lah yang membuat setiap tim tidak memahami dimana batas dari hak dan tanggung jawab yang dia miliki saat bekerja dalam tim. Maka dari itu, anggota tim harus telah memiliki aturan yang jelas dalam memastikan tanggung jawab semua pihak, termasuk anda sendiri. Agar anda dan anggota tim lain tetap kompak, pastikan semua orang menaati aturan yang sudah dibuat.

Baca juga : Ini Dia Tips Memimpin Rapat Dengan Cara Terbaik

Komunikasikan Apa Yang Anda Kerjakan Dengan Anggota Lain

Tidak jarang kita melihat permasalah dalam sebuah tim, terjadi karena berawal dari adanya miskomunikasi antar tiap anggota. Dari hal tersebutlah kita dapat belajar, jika komunikasi dua arah antara anda dan anggota lainnya dalam sebuah tim itu sangat penting. Walaupun anda dengan anggota tim lain sudah berteman sangat lama, jangan pernah menggap mereka telah memahami tentang apa yang anda kerjakan. Pastikan semua tugas-tugas anda, apalagi yang dapat berpengaruh terhadap tugas anggota tim lain telah diketehui.

Mudah Beradaptasi dan Jauhilah Politik Kotor

Ketika anda memiliki kemampuan untuk mudah beradaptasi dilingkungan kerja tim, maka akan memudahkan anda untuk bekerja secara maksimal. Dengan mudahnya anda beradaptasi bukan saja bermanfaat bagi kelancaraan kerja anda, namun juga berpengaruh terhadap pekerjaan orang lain. Untuk mudah beradaptasi sebaiknya anda harus memahami bagaimana budaya kerja dan metode kerja yang diterapkan tim, lalu silahkan sesuaikan dengan gaya anda bekerja.

Baca juga : Bisa Jadi, Ini yang Menyebabkan Karir Anda Stagnan

Dalam sebuah tim kerja, sebaiknya anda harus menghindari yang namanya politik kotor. Jangan karena anda ingin dianggap sebagai team player terbaik, maka anda akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Ingat, segala kecurangan dan bentuk politik kotor pada akhirnya akan merugikan tim dan anda sendiri.

Jadilah Orang Yang Terbuka Dalam Menghadapi Masalah

Dalam hidup ini termasuk dalam bekerja tim, pasti akan ada saja masalah yang menghampiri. Masalah bisa saja terjadi karena diakibatkan orang lain ataupun keselahaan diri sendiri. Seorang team player yang baik akan selalu berusaha terbuka dan transparan, ketika terjadi masalah dalam tim. Anda juga harus mau menerima ketika ada kritikan dari anggota tim lainnya, semua ini dapat membuat anda menjadi sosok yang lebih baik lagi.

Jujur dan Berkomitmen

Dan yang terakhir ini adalah yang paling penting harus anda miliki, yaitu untuk menjadi team player terbaik anda harus memiliki sikap kejujuran dan berkomitmen tinggi. Kejujuran akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan orang lain terhadap anda. Jika anda telah terpercaya, maka karir anda juga akan cepat meningkat. Dan komitmen akan menunjukan jika anda selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi tim anda demi kepentingan bersama, bukan hanya untuk kepentingkan pribadi.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>