Masalah bekerja di rumah
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mulai meningkatnya perusahaan yang menerapkan sistem kerja secara remote (jarak jauh), membuat banyak pekerja dapat bekerja di rumah tanpa harus ke kantor. Namun sebelum memilih bekerja di rumah, anda harus mampu menangani beberapa masalah ganguan yang sering kali terjadi saat dirumah. Memang pada kenyataanya kerja dirumah tidak selamanya menyenangkan seperti apa yang anda pikirkan. Maka dari itu simak 10 ganguan yang sering terjadi saat anda bekerja di rumah.

 

1. Aktifitas Anak, Membuat Anda Terganggu

Sudah menjadi sifat dari anak-anak untuk terus bermain dan memiliki rasa ingin tau yang kuat. Tidak peduli dimana dan kapan, pastinya hasrat untuk bermain mereka sangat kuat. Bahkan anak-anak tidak paham jika anda sedang videocall dengan klien ataupun pimpinan perusahaan anda, meraka akan terus bermain dan suara meraka pasti akan sedikit menganggu. Ketika anda sedang fokus bekerja, tiba-tiba sang anak hadir ingin tau apa yang anda kerjakan dengan bertanya dan memagang pekerjaan anda. Semua itu pastinya akan mengganggu aktifitas pekerjaan anda, maka dari itu sebaiknya anda menyiapkan ruang kantor khusus yang dapat di kunci.

 

2. Terlalu Banyak Bermain Jejaring Sosial

Jejaring sosial atau sosial media sebenarnya dapat membantu komunikasi, jika anda memutuskan bekerja secara remote atau dirumah. Namun karena kurangnya pengawasan dan kebiasaan disiplin, membuat anda sering kali terlena berlama-lama di slosial media dan akhirnya pekerjaan anda tidak akan terselesaikan. Untuk itu pastikan anda hanya akan membuka sosial media untuk berkomunikasi dengan klien ataupun rekan kerja saja. Anda juga dapat mencari di internet tentang aplikasi manajemen waktu yang dapat membuat sosial media anda tidak terbuka, kecuali ada pesan masuk dari orang-orang penting ataupun yang di tentukan saja.

 

3. Makanan Dapat Menghabiskan Waktu Anda

Biasanya jika anda bekerja di kantor, terdapat waktu-waktu khusus untuk makan yaitu saat jam makan siang saja. Diluar jam makan siang, anda tidak di perbolehkan lagi untuk keluar ataupun sekedar makan cemilan.  Namun saat anda bekerja di rumah, maka tidak ada lagi pengawas yang dapat memarahi anda saat makan di luar jam makan siang, anda dapat makan sebebasnya kapan saja yang anda inginkan. Dan walaupun nampaknya tidak begitu masalah, nyatanya makan sambil bekerja dengan waktu yang tidak ada aturannya dapat menghabiskan banyak waktu kerjaan mu dan pada akhirnya akan membuat anda tidak produktif dalam bekerja.

 

4. Semua Serba Berantakan

Saat bekerja di kantor, anda terbiasa dengan hidup yang rapi dan teratur,  seperti berpakaian formal, meja kerja yang tertata rapi, memotong rambut, menggunakan parfum dll. Namun semenjak anda bekerja di rumah, kebiasaan tersebut telah berubah total. Kini anda tidak lagi memusingkan hari ini harus menggunakan pakaian apa, pakai sepatu apa dan aksesories apa. Tidak ada yang akan memperhatikan jika anda menggunakan rok yang terlalu pendek ataupun kemeja anda yang kusut tidak di gosok. Bahkan anda mungkin telah terbiasa menggunakan baju tidur saat bekerja, dengan kondisi yang belum mandi bahkan tidak gosok gigi. Kini anda akan benar-benar menjadi manusia yang berantakan sekali.

Namun naasnya ada klien yang tiba-tiba saja datang ke rumah anda untuk berdiskusi, maka anda akan “gelagapan” dengan kondisi anda yang belum siap berjumpa dengan orang lain apalagi rekan bisnis.

5. Hilang Kontak

Saat masa-masa bekerja di kantor anda dapat bertemu dengan banyak orang, berkenalan dan bersosialisasi kepada mereka. Orang-orang akan mengenal anda dan tau jika anda “masih ada”.  Namun lain halnya jika anda telah bekerja di rumah, hampir sebagian aktifitas anda akan dihabiskan di rumah. Lama kelamaan anda akan merasakan kesepian walupun masih ada keluarga, dunia sudah tidak lagi mengenal anda, bahkan merasa anda sudah “tidak ada”. Bahkan ironisnya, anda hampir saja lupa caranya untuk bersosiliasi dan berkumpul di tempat banyak orang sakin seringnya dirumah.

Baca Juga : Bisnis Online Terbaik 2017

6. Hewan Peliharaan Yang Kurang Perhatian

Bukan hanya anak yang harus anda perhatikan, begitu pula dengan hewan peliharaan. Jangan sampai kucing anda bermain di papan keyboard, sementara komputer anda masih hidup. Awasi anjing anda untuk tidak mengacak-acak ruangan anda. Selain itu rawatlah binatang peliharaan anda, jangan gara-gara bekerja mereka jadi tidak terawat dan akhirnya sakit dan pada akhirnya juga akan mempengaruhi pekerjaan anda.

 

7. Melakukan Pekerjaan Rumah

Untuk dapat bekerja secara maksimal, dibutuhkan kondisi dan suasana area bekerja yang nyaman. Sering kali kondisi rumah yang kotor membuat anda resah dan sulit berkonsentrasi dalam bekerja. Dan pada akhirnya, anda harus menghabiskan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah hingga melupakan tugas pekerjaan yang hampir dateline.

Baca juga : Peluang Bisnis dan Usaha Tahun 2017

 

8. Tetangga Yang Ribut

Mungkin ini tidak masalah jika anda memiliki rumah yang luas atau terpisah sedikit jauh dari tetangga. Namun akan menjadi masalah besar, jika anda tinggal di apartemen ataupun rumah yang berdekatan dengan tetangga. Suara berisik dari tetangga akan menggangu anda dalam bekerja, bahkan sesuatu hal dari tetangga bisa membuat anda “kepo” dan akhirnya gagal fokus pada pekerjaan. Masalahnya lagi, anda tidak bisa semudanya menyuruh mereka diam dan tentram sebagaimana anda menyuruh anak anda untuk diam. Jika anda menggunakan kata-kata yang salah, justru akan memperburuk hubungan anda pada tentangga dan kehidupan bertetangga menjadi tidak harmonis.

 

9. Permintaan Orang di Rumah

Saat anda sedang fokus bekerja di rumah tiba-tiba istri anda minta tolong di belikan sesuatu di minimarket dekat rumah atau suami anda minta tolong di masaki gorengan. Kejadian seperti ini akan menjadi hal yang biasa saat anda bekerja di rumah. Walaupun sebenarnya anda,sedang sibuk, banyak orang beranggapan jika anda bekerja dirumah artinya anda memiliki waktu luang yang banyak.

MPSSOFT Membantu Startup Mengembangkan Aplikasi

10. Komunikasi Yang Terputus

Videcall, chat dan telephone telah menjadi alat komunikasi yang wajib bagi anda, yang bekerja dirumah. Sehingga pastinya anda sadar bagaimana jadinya, jika jaringan internet anda terputus saat anda sedang rapat secara online dan chat yang belum di balas. Pastikan provider internet anda memiliki kualitas terbaik, sehingga anda dapat meminimalisir gangguan jaringan.

 

Walaupun bekerja di rumah memiliki banyak gangguan, tetap saja lebih banyak lagi sisi positifnya. Sehingga banyak orang yang betah dengan sistem bekerja dirumah. Semoga dengan adanya artikel ini, anda dapat mengatasi gangguan dalam bekerja dirumah dan anda dapat bahagia menjalakannya. Terimakasih


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>