Ingin Menjadi Kurir? Persiapkan Beberapa Hal Ini
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Belakangan ini menjalani profesi sebagai seorang pembawa barang atau kurir mulai diminati oleh banyak orang. Tugas seorang kurir adalah mengatarkan barang dengan baik ke alamat masing-masing pemesan. Untuk menjadi kurir dibutuhkan sebuah kejujuran serta tanggung jawab yang besar karena harus bertugas mengantarkan barang dengan baik tanpa adanya kerusakan hingga sampai kepada tangan pemesan barang. Selain membutuhkan kejujuran serta tanggung jawab yang besar, seorang kurir juga harus selalu bugar mengingat jenis pekerjaannya yang membutuhkan kekuatan fisik yang besar.

Profesi kurir tidak hanya ada didalam perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ekspedisi saja, tetapi juga dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar yang bergerak diluar dari bidang jasa ekpedisi atau pengiriman barang. Kurir juga menjadi pekerjaan yang penting bagi perusahaan-perusahaan besar. Contohnya ketika ada kesalahan seputar pengiriman dokumen, barang yang tertinggal, maka perusahaan biasanya akan memerintahkan seorang kurir untuk mengambil atau mengantarkan barang tersebut agar bisa tiba dalam waktu yang tepat.

Baca juga: 8 Hal Yang Harus Dihindari Saat Hari Pertama Bekerja

Selain itu profesi kurir juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang makanan. Contohnya seperti salah satu perusahaan penyedia makanan cepat saji KFC yang mempekerjakan kurir untuk melakukan antar makanan dari layanan pesan antar.

Lalu apa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang kurir? Berikut ini beberapa hal yang harus anda persiapkan.

Wajib memiliki sim

Kebanyakan kurir di Indonesia menggunakan kendaraan roda dua untuk mengantar barangnya. Hal ini karena dengan menggunakan motor dapat mempersingkat waktu tempuh dan menjadi lebih mudah. Untuk menjadi seorang kurir anda harus bisa mengendarai kendaraan dan memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi tipe C atau A tergantung dengan kendaraan yang nantinya digunakan untuk mengantar barang.

Punya kendaraan bermotor

Untuk bagian ini sebenarnya tergantung kepada perusahaan tempat anda bekerja. Ada beberapa perusahaan yang sudah memiliki kendaraan bermotor yang dapat digunakan oleh kurir untuk mengantar pesanan atau barang kepada pelanggan. Tetapi ada juga perusahaan yang tidak menyediakan kendaraan bermotor untuk kurir. Oleh karena itu untuk menjadi seorang kurir anda harus mempunyai kendaraan bermotor sendiri.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Pekerja Lapangan

Kuasai jalanan

Menjadi seorang kurir sudah pasti hampir sebagian waktunya bekerja dihabiskan di jalan. Oleh karena itu wajib bagi seorang kurir untuk hafal jalanan yang akan menjadi tempatnya untuk menghabiskan waktu bekerja. Mungkin di zaman seperti sekarang ini teknologi sudah semakin canggih sehingga dapat membantu untuk menunjukkan arah jalan. Namun tetap wajib bagi seorang kurir untuk mengetahui jalan-jalan tempatnya bekerja. Apalagi jika bisa mengetahui jalan pintar, tentu akan menguntungkan karena dapat lebih menghemat waktu dan bahan bakar.

SKCK(Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Salah satu syarat untuk menjadi seorang kurir adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Mengapa perusahaan membutuhkan surat keterangan tersebut? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bekerja menjadi seorang kurir membutuhkan kejujuran serta tanggung jawab yang besar, oleh karena itu pihak perusahaan tidak ingin menerima pekerja yang mempunyai catatan kriminal. Tentu saja perusahaan akan was-was apabila menerima pekerja yang memiliki catatan kriminal karena bisa saja kurir tersebut membawa lari barang-barang penting yang seharusnya diantarkan kepada customer atau pemesan.

Baca juga: Bekerja Tanpa Gelar Sarjana, Namun Hidup Mapan ? Bisa Kok !

Wajib punya smartphone

Keuntungan bekerja sebagai seorang kurir adalah tidak perlu selalu berada dikantor dan melakukan aktivitas yang membosankan. Untuk menjadi seorang kurir, anda wajib mempunya sebuah smartphone. Hal ini karena biasanya perusahaan yang mempekerjakan kurir akan menggunakan aplikasi tracking karyawan untuk mengawasi posisi keberadaan kurir agar barang yang di kirimkan dapat sampai dengan tepat. Selain itu penggunaan smartphone juga dapat membantu kurir untuk mencari alamat tujuan barang yang akan diantar.

Kesimpulannya, untuk menjadi seorang kurir tidak hanya membutuhkan kejujuran serta tanggung jawab tetapi juga dibutuhkan fisik yang bugar agar dapat menjalani pekerjaan dengan baik. Untuk bisa melacak setiap karyawan agar kiriman dapat sampai dengan tepat, perusahaan dapat menggunakan aplikasi pelacak karyawan berbasis GPS BOSS PINTAR. Dengan aplikasi tersebut perusahaan dapat dengan mudah mengawasi setiap karyawan, memvalidasi lokasi dengan cara selfie, mengatur absensi karyawan berdasarkan lokasi, serta mengecek daftar absensi setiap karyawan.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>