Taukah jika anda menghabiskan separuh hari setiap harinya ditempat kerja mengerjakan pekerjaan dan tugas yang diberikan oleh atasan. Dengan kata lain anda telah menghabiskan waktu anda sekitar 40 jam lebih selama satu minggu untuk bekerja didalam kantor. Untuk itu tentu kebahagiaan merupakan hal yang sangat penting dan harus ada didalam lingkungan atau tempat kerja anda. Karena jika anda tidak bahagia, tentu akan sangat berpengaruh terhadap tingkat stres didalam hidup anda, selain itu juga akan menurunkan produktivitas anda saat bekerja. Lalu bagaimana cara bahagia ditempat kerja? Berikut adalah 4 tips sedehana yang dapat anda coba.
Baca juga: Ini Kewajiban Perusahaan Terhadap Karyawannya
Mulailah hari dengan benar
Bangun telat saat akan bekerja merupakan salah satu hal yang buruk dan tidak boleh anda lakukan secara terus menerus. Saat anda bangun telat, tentunya anda akan kesulitan dalam mempersiapkan segala kebutuhan yang harus dibawa menuju kekantor. Selain itu, anda akan terlambat karena menghadapi macet saat akan menuju kekantor. Oleh karena itu, pastikananda menyetel alarm lebih awal dari biasanya dan sisihkan waktu untuk diri anda sendiri agar pagi anda dapat lebih cerah. Misalnya dengan menyiapkan sarapan yang bergizi dan enak, menyeduh kopi atau teh, dan mempersiapkan pakaian anda dengan rapi. Tentu saja hal ini akan membuat anda semakin percaya diri menghadapi tugas kantor yang sudah menumpuk.
Baca juga: 5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilih Tempat Kerja
Rayakan keberhasilan kecil
Terkadang ada banyak keberhasilan yang anda dapatkan ditempat kerja namun sering sekali diabaikan. Misalnya ketika anda berhasil memenuhi target yang telah ditentukan oleh perusahaan, atau keberhasilan sederhana lainnya. Anda dapat merayakan pencapaian tersebut agar pekerjaan anda tidak terkesan selalu monoton.
Kelilingi diri anda dengan hal yang positif
Apabila anda selalu dikelilingi dengan orang-orang yang memberikan energi positif dapat dipastikan anda akan tetap selalu bersemangat setiap hari. Energi positif yang ada dari orang-orang disekitar anda akan secara tidak langsung membangkitkan semangat dan menularkannya kepada anda. Meski anda tidak dapat menghindari orang yang dapat membuat semangat anda menjadi turun, namun anda dapat mencoba meminimalisir waktu bersama orang tersebut.
Jangan sering mengeluh
Setiap kantor pasti selalu memiliki rintangannya masing-masing, mulai dari sistem kerja yang tidak sesuai hingga lingkungan yang tidak cocok. Anda tidak boleh sering mengeluh dengan apa yang terjadi didalam tempat kerja anda. Jika ada sesuatu yang mengganggu, cobalah untuk mengubah hal tersebut dengan berbicara kepada pihak yang dapat membantu untuk mengubahnya.
Akhiri hari anda dengan baik
Sisakan beberapa saat sebelum mengahiri hari dengan duduk santai dan bercermin. Matikan seluruh sosial media anda dan singkirkan gangguan lain setidaknya sejam sebelum tertidur. Hal itu akan membantu anda menjadi lebih nyenyak saat tidur dan juga akan memberikan anda waktu yang bermanfaat untuk digunakan sebagai renungan apakah anda telah menjadi orang yang baik atau sebaliknya. Selain itu waktu tersebut juga dapat anda manfaatkan untuk berbincang dengan keluarga.