contoh surat pengunduran diri kerja resign yang baik dan benar
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika anda adalah seorang karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan dan ingin melakukan pengunduran diri atau resign, silahkan lihat bagaimana contoh surat resign pengunduran diri yang baik dan benar agar perusahaan tempat anda bekerja mau menerima keputusan anda dan tidak menimbulkan sesuatu yang tidak baik.

Sebagai seorang karyawan, ada banyak alasan bagi anda untuk melakukan pengunduran diri kerja resign dari perusahaan tempat bekerja misalnya karena lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian anda, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diperintahkan oleh perusahaan, resign karena ingin mengurus keluarga, resign karena masalah kesehatan yang tidak kunjung baik dan yang terakhir karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan dan memiliki salary lebih banyak ketimbang tempat kerja sebelumnya.

Baca juga: Contoh Lengkap Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru

Jika anda ingin mengundurkan diri atau resign dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang tidak bisa dengan cara meninggalkan begitu saja perusahaan tempat anda bekerja, ada prosedur yang harus dilakukan agar pengunduran diri resign anda tidak membuat anda dicap sebagai karyawan yang tidak menghargai pekerjaan. Untuk itu anda harus membuat surat resign dan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Pada artikel ini, penulis akan memberikan berbagai contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar. Dengan melihat contoh surat resign yang baik dan benar diharapkan dapat memberikan ide bagi anda untuk menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan agar perusahaan tempat anda bekerja mau untuk menerima dan tidak menimbulkan kesan negatif tentang pengunduran diri anda. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai contoh lengkap surat pengunduran diri resign guru, contoh surat pengunduran diri pegawai, contoh surat pengunduran diri dari komunitas, surat pengunduran diri kerja alfamart, hotel, surat pengunduran diri bank dan surat pengunduran diri lengkap lainnya, namun sebelum masuk pada contoh surat pengunduran diri, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa manfaat dan tujuan dari pembuatan surat pengunduran diri.

Baca juga: Contoh CV Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Bagi Perusahaan

Tujuan surat pengunduran diri resign

Surat pengunduran diri adalah salah satu jenis surat yang penting saat anda memutuskan untuk keluar dari sebuah instansi atau pekerjaan. Contoh surat pengunduran diri ini sering digunakan saat karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan karena alasan tertentu. Surat pengunduran diri kerja atau surat resign yang anda buat haruslah berisi dengan alasan yang logis dan masuk akal agar dapat diterima dengan baik oleh perusahaan. Selain itu agar tidak menimbulkan rasa tersinggung tentang keputusan pengunduran diri yang anda buat. Selain itu tujuan lain dari surat pengunduran diri adalah:

Agar anda terlihat tetap profesional dalam bekerja

Untuk menunjukkan sikap profesionalisme dalam bekerja, tentunya anda harus selalu menekankan nilai-nilai kesopanan. Untuk itu ketika akan melakukan pengunduran diri, anda tidak boleh langsung menghilang dengan begitu saja.

Jika anda mengundurkan diri tanpa memberikan surat pengunduran diri tentu tidak baik karena anda akan dicap sebagai pekerja yang tidak profesional. Selain itu bisa saja nantinya perusahaan yang anda tinggalkan akan berbicara buruk tentang anda kepada perusahaan baru penerima kerja. Sebaliknya jika anda memberikan surat resign sebelum melakukan pengunduran diri maka perusahaan akan menilai diri anda sebagai orang yang menjunjung profesionalisme dan bertanggung jawab.

Baca juga: Persyaratan Dan Cara Lengkap Membuat Kartu Kuning Terbaru

Agar perusahaan dapat mencari kandidat baru untuk mengganti diri anda

Fungsi lain dari surat pengunduran diri atau surat resign adalah agar perusahaan dapat mempersiapkan karyawan baru untuk mengganti anda yang telah resign. Hal ini tentu sangat penting bagi perusahaan agar tidak terjadi kekosongan posisi kerja yang akan berimbas kepada menurunnya tingkat produktifitas perusahaan. Untuk mewujudkan hal tersebut anda dapat memberikan surat pengunduran diri kerja atau surat resign beberapa bulan sebelum waktu pengunduran diri. Misalnya anda akan mengundurkan diri pada bulan Juni 2018 maka anda dapat memberikan surat resign pada bulan April atau Mei 2018. Memberikan surat pengunduran diri jauh-jauh hari sebelum saatnya tiba, adalah bentuk jika anda menghargai perusahaan tempat bekerja.

Setelah mengetahui tujuan dari surat pengunduran diri kerja atau surat resign, sekarang anda akan melihat contoh lengkap surat pengunduran diri kerja untuk berbagai macam profesi mulai dari surat pengunduran diri PNS, surat pengunduran diri karyawan swasta, surat pengunduran diri indomaret, surat pengunduran diri organisasi dan lainnya.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

Medan, 1 April 2018

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Maju Sekali
Medan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Catur Nugroho
Alamat: Jln. Pembangunan No. 1 Kec. Helvetia Kota Medan
Jabatan: Customer Service

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 17 Juni 2018.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja dengan profesional pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

 

Catur Nugroho

Contoh surat pengunduran karyawan

Jakara, 1 Maret 2018

Kepada

Yth. Human Resource

PT Mandiri Kencana

Jl. Daanmogot 1 Medan

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Manajer Proyek di PT Mandiri Kencana, berdasarkan keputusan direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Afran Sai

Departemen : Pengembangan dan Riset

Jabatan : Manajer Proyek

ID Karyawan : EMP-101

Berniat untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Manajer Proyek terhitung sejak tanggal 10 Juni 2018.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT Mandiri Kencana beserta dengan rekan-rekan di departemen Pemgembangan dan Riset jika selama ini terdapat banya kesalahan baik yang tidak disengaja maupun yang disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan proyek manajer, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT Mandiri Kencana dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat saya,

Afran sai

Contoh surat resign bahasa inggris

September, 4, 2015

To: Mr. David Beckham

HRD Departement

PT Pertamina Tbk

Dear Mr. David Beckham:

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective May 15, 2018.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

Nilo Catur

Contoh surat pengunduran diri bahasa inggris

contoh surat pengunduran diri bahasa inggris

Image: anakui.com

Contoh surat resign yang baik dan benar

Jakarta, 11 Januari 2018

Kepada Yth,

Manager PT Media Nirmana Cakrawala Tbk.

Jl. Kampung Pulo No. 12

Jakarta Utara

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya sebagai Kepala Marketing di PT Media Nirmana Cakrawala Tbk., Sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan undang-undang Tenaga Kerja, oleh sebab itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Catur

Departemen  : PT. Media Nirmana Cakrawala Tbk.

Jabatan          : Kepala Marketing

No. Karyawan : EMP-1111

 

Berniat untuk mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Media Nirmana Cakrawala Tbk. karena faktor kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat bekerja dengan baik. Untuk itu saya berharap jika perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, terima kasih atas segala bentuk dukungan dan bantuan saat saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Catur

Contoh surat pengunduran diri organisasi

Makassar, 11 Juni 2018

Kepada

Yth. Ketua Umum

LSM Anak Muda Peduli

Jl. Tuasan Raya, Makassar

Melalui surat ini saya akan menyampaikan maksud dari pengunduran diri saya sebagai Kepala Humas di LSM Anak Muda Peduli Makassar karena harus melanjutkan kuliah di luar negeri terhitung mulai tanggal 30 Juni 2018..

Karena saya harus menempuh pendidikan diluar negeri sehinga tidak memungkinkan untuk terus menjadi anggota LSM Anak Muda Peduli. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas semua hal yang telah saya terima selama ini. Terima kasih telah memperbolehkan saya menjadi salah satu bagian dari LSM Anak Muda Peduli. Saya mohon maaf jika terjadi kesalahan selama saya bergabung di LSM Anak Muda Peduli.

Semoga dengan keluarnya saya dari LSM Anak Muda Peduli tidak menjadi penghalang bagi rekan-rekan untuk terus menginspirasi Indonesia. Demikian adalah surat penunduran diri saya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Catur

 Itu tadi adalah contoh surat pengunduran diri resign yang baik dan benar. Dengan membuat surat pengunduran diri yang baik, tentunya perusahaan tidak akan merasa jika anda adalah karyawan yang tidak memiliki sopan santun. Sebaliknya, anda akan dianggap sebagai karyawan yang memegang teguh profesionalisme.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>