Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sering kali ketika anda sedang semangat-semangatnya untuk bekerja, tiba-tiba ada sesuatu hal yang menghalangi anda untuk masuk kerja. Entah itu karena sakit, ada urusan keluarga, cuti menikah, sakit ataupun keperluan mendadak yang tidak bisa ditunda-tunda. Tentu saja ketika mendapat keperluan yang mendesak dan tidak bisa ditunda anda harus meminta izin pada atasan atau HRD tempat anda bekerja. Untuk meminta izin tersebut, biasanya perusahaan akan meminta surat izin tidak masuk kerja. Hal ini agar perusahaan mengetahui tujuan anda meminta izin tidak masuk kerja selain itu agar anda terlihat sebagai karyawan yang bekerja dengan profesional.

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign Yang Baik Dan Benar

Surat izin tidak masuk kerja adalah surat yang dibuat oleh karyawan untuk perusahaan tempatnya bekerja sebagai bentuk meminta izin tidak datang bekerja dalam waktu tertentu. Tentu saja surat izin tidak masuk kerja harus berisi dengan alasan yang kuat serta tidak boleh dibuat-buat.
Seperti yang telah dijelaskan diatas, untuk membuat surat izin tidak masuk kerja bukanlah hal yang mudah. Anda harus mampu untuk menjelaskan isi dari surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar. Selain itu isi surat izin tidak masuk kerja juga harus jelas dan tidak terkesan bertele-tele. Untuk mengetahui cara membuat surat izin tidak masuk kerja, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Berikut adalah cara membuat surat izin tidak masuk kerja.

Cara membuat surat izin kerja

Untuk membuat surat izin kerja, ada beberapa tahapan dan hal yang harus anda perhatikan. berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin kerja.

Tanggal izin kerja

Agar tim HRD diperusahaan anda dapat mencatat tanggal berapa anda izin kerja, maka cantumkan tanggal yang jelas pada surat. Dengan begitu pekerjaan yang anda tinggal dapat dialihkan kepada rekan kerja yang lain.

Baca juga: Cara Menulis CV Yang Tepat Untuk Pekerjaan Paruh Waktu

Sebutkan identitas dengan jelas

Saat membuat surat izin tidak bekerja pastikan anda menyantumkan identitas diri dengan jelas mulai dari nama lengkap, jabatan atau divisi kerja anda dan nomor induk karyawan. Hal ini bertujuan agar HRD dapat mendata izin anda dengan jelas. Jika pada satu perusahaan terdapat nama yang sama, maka anda dapat memanfaatkan nomor induk karyawan sebagai pembeda.

Alasan izin tidak masuk kerja

Bagian ini adalah bagian yang paling penting dari surat izin kerja. Pada bagian ini akan ditentukan apakan surat izin kerja yang anda buat dapat diterima atau tidak. Untuk itu anda harus menulisnya dengan alasan yang logis dan sebanar-benarnya. Meski surat izin kerja yang anda buat melalui pribadi atau perseorangan, namun surat izin kerja yang anda buat akan diterima oleh perusahaan. Untuk itu pastikan anda membuat surat dalam bentuk resmi dan tidak seperti surat non-formal.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar

Waktu izin tidak masuk kerja

Jika anda sakit dan memerlukan waktu beberapa hari untuk istirahat, maka tidak ada salahnya untuk menyertakan durasi izin pada surat izin tidak masuk kerja. Dengan begitu tim HRD dapat mengetahui tugas apa saja yang anda tinggalkan selama tidak masuk kerja.

Setelah mengetahui bagian penting apa saja yang harus diperhatikan saat membuat surat izin kerja, berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar. Anda dapat meniru dan memodifikasi contoh surat izin tidak masuk kerja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena anak sakit

Yth,
Kepala Bagian HRD
PT. Maju Sekali
Jl. Pancing 100, Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Sutriadi
Alamat : Jl. Merdeka Bro No. 13 Medan
Jabatan : Digital Marketing

Dengan surat ini saya bermaksud untuk memohon izin kepada bapak/ibu Kepala HRD untuk tidak masuk kerja selama tiga hari terhitung sejak surat ini kirim dikarenakan harus mengurus anak saya yang sedang sakit. Bersamaan dengan surat ini saya sertakan surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan RSU Pringadi Medan.
Demikian permohonan izin saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Medan, 15 April 2018
Hormat saya,

Sutriadi

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit

 

Kepada yang terhormat,
Kepala Bagian Human Resource
PT. Maju Sekali Yah
Jl. Pancing 200, Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Nur Aini
Alamat : Jl. Kompak sejahtera No. 1 Medan
Jabatan : Kepala divisi IT Support

Dengan surat ini saya meminta izin kepada Bapak/Ibu Kepala HRD untuk tidak masuk kerja selama dua hari terhitung sejak surat ini kirim dikarenakan sedang sakit. Sebagai bukti bahwasanya saya dalam kondisi sakit berikut saya lampirkan surat keterangan dokter tempat saya berobat.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Medan, 11 Maret 2018
Hormat saya,

Nur Aini

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena ada urusan keluarga

Malang, 18 November 2018Hal: Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Yth. Kepala Divisi Human Resource
di Medan
Dengan hormat,Saya yang bertandatangan dibawah ini:
Nama : Adinda Puteri
Alamat : Jl. Tidak Apa Apa No. 3 Medan
Jabatan : Customer Service
NIP: 122331

Dengan surat ini saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala HRD untuk tidak masuk kerja pada tanggal 20 November 2018 dikarenakan ada urusan keluarga yang mengharuskan saya untuk pergi keluar kota.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.
Hormat saya

Adinda Puteri

Itu tadi adalah contoh surat izin tidak masuk kerja yang dapat anda jadikan referensi dalam membuat surat izin kerja. Semoga contoh surat izin tidak masuk kerja diatas dapat bermanfaat bagi anda. Untuk mempermudah izin absensi karyawan, anda dapat mencoba BOSS PINTAR aplikasi absensi mobile yang dapat mempermudah izin kerja.
Boss Pintar - Aplikasi Absensi terbaik

Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.