Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Apakah anda adalah seorang fresh graduate atau mahasiswa yang baru saja lulus dari bangku kuliah? Jika iya maka anda cocok untuk melihat contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, lamaran kerja tulis tangan bahasa inggris, surat tulis tangan yang menarik perusahaan dan contoh lengkap lainnya yang berkaitan dengan surat lamaran kerja tulis tangan terbaru.

Di era millennial seperti ini, mencari pekerjaan sangat sulit dilakukan karena pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Ditambah lagi dengan sistem pendidikan yang tidak dapat melahirkan bibit-bibit penduduk yang memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu yang nantinya dapat digunakan dalam bekerja diperusahaan.

Baca juga: Persyaratan Dan Cara Lengkap Membuat Kartu Kuning Terbaru

Dengan adanya pertumbuhan penduduk yang tinggi sudah pasti perusahaan akan melakukan seleksi lebih ketat lagi agar bisa mendapatkan pekerja yang benar-benar mampu mengerjakan perkerjaan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pencari kerja harus mampu membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk menarik perusahaan dan HRD. Dalam melamar pekerjaan, bukan hanya CV curriculum vitae atau daftar riwayat hidup saja yang penting. Surat lamaran kerja yang baik dan benar juga sangat penting karena surat pertama yang akan dibuka saat melamar pekerjaan diperusahaan. Untuk itu anda harus bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Bagian dalam surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang digunakan oleh pencari kerja untuk memberikan informasi tertulis kepada perusahaan yang membuka lowongan kerja. Ada dua jenis surat lamaran kerja yang dapat anda buat, yaitu surat lamaran kerja yang bergabung dengan CV curriculum vitae atau daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja yang terpisah dari CV curriculum vitae. Kebanyakan pencari kerja menggunakan surat lamaran kerja yang terpisah dari CV daftar riwayat hidup agar dapat memberikan informasi dengan lebih detail.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar

Ada beberapa bagian pentingĀ  yang harus anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Diantaranya adalah bagian pembuka, isi dari surat danĀ  bagian penutup. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh bagian dalam surat lamaran kerja.

Bagian pembuka surat lamaran kerja

Pada bagian pembuka surat biasanya akan berisi dengan informasi mengenai surat dan tujuan dari pengiriman surat. Berikut adalah isi dari pembuka surat:

  1. Judul: Dalam membuat judul surat lamaran kerja, beri huruf besar agar dapat terbaca dengan jelas/
  2. Informasi tanggal surat: Seperti surat resmi pada umumnya, maka jangan lupa untuk sertakan informasi tanggal.
  3. Tujuan surat: Ketika akan mengirim surat lamaran kerja, anda bisa menujukan surat tersebut pada HRD atau pada divisi lain, tetapi anda juga dapat menuliskan nama perusahaan

Berikut adalah contoh pembuka surat lamaran kerja tulis tangan:

Surakarta, 11 November 2015
SURAT LAMARAN KERJA

Kepada Yth.,
PT. Mitra Pasifik
Jl. Merdeka No. 112
Kab. Medan Barat

Pembuka surat lamaran kerja tulis tangan dapat berbeda sesuai dengan bentuk yang anda inginkan, contoh diatas adalah salah satu contoh pembuka surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar.

Isi surat lamaran

Dalam membuat surat lamaran kerja ada beberap hal yang harus anda perhatikan diantaranya adalah seperti salam pembuka, penjelasan tentang bagaimana anda mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut, data pribadi mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, pendidikan dan nomer telepon yang dapat dihubungi.

Baca juga: Cara Mudah Membuat NPWP Online Terbaru Untuk Karyawan

Jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai pengalaman kerja anda secara singkat, dokumen apa saja yang anda lampirkan dan ucapan terima kasih. Berikut adalah contoh isi surat lamaran kerja tulis tangan:

Dengan hormat,
Berhubungan dengan informasi lowongan kerja pada PT Mitra Pasifik Medan yang dimuat pada koran Waspada pada 13 April 2018. Saya mengajukan surat lamaran untuk bergabung menjadi Digital Marketing pada PT. Mitra Pasifik.
 
Berikut adalah data diri saya:
 
Nama : Andi Sanjaya
Tempat dan Tanggal Lahir: Medan, 21 Januari 1990
Pendidikan Akhir : Universitas Potensi Utama
Alamat : Jl. Brayan raya No. 13 Kec. Sunggal, Kota Medan
Status Perkawinan : Belum Menikah
Telepon/HP/WA : 021112334
e-mail : [email protected]
 
Saat ini dalam kondisi kesehatan yang baik dan dapat bekerja, saya dapat berbahasa Inggris dengan baik secara tulisan maupun lisan. Saya lulus dari Universitas Potensi Utama dengan predikat cumlaude. Saya juga pernah beberapa kali menang dalam lomba yang diadakan Google maupun Microsoft. Saya mampu menguasai teknik SEO, SEM dan menggunakan WordPress. Saya juga pernah aktif di organisasi kemahasiswaan BEM (Badan Eksekutif Mahasiwa) saat masih menempuh pendidikan. Oleh karena itu jika mengenai kemampuan dalam bekerja sama saya sudah ahli dan mampu.
 
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan.
2. Fotokopi ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Fotokopi sertifikat penghargaan.
4. Fotokopi sertifikat organisasi.
5. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan.
6. Pas foto 3×4 terbaru.
 
Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberi saya kesempatan untuk mengikuti wawancara agar mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai diri saya.
 
Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

 
Bisa dilihat dari contoh isi surat lamaran kerja tulis tangan diatas, anda hanya perlu mengisi kemampuan yang sesuai dengan posisi dari lowongan kerja dengan singkat.
 

Bagian Penutup

Pada bagian penutup surat lamaran kerja tulis tangan anda dapat menyertakan tanda tangan dan nama anda. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan bagian penutup:

Hormat Saya

 

(Andi Sanjaya)

Cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar

  • Siapkan kertas putih yang tidak kotor saat akan membuat surat lamaran kerja tulis tangan, pastikan juga kertas tersebut tidak terlipat ataupun robok.
  • Pastikan anda menulis pembuka, isi dan penutup surat lamaran kerja tulis tangan seperti pada contoh diatas.
  • Pada bagian pembuka, tulis nama perusahaan dan tujuan surat lamaran kerja tulis tangan yang anda buat.
  • Anda dapat menyertakan judul dengan tulisan besar pada awal surat lamaran kerja tulis tangan dan anda juga dapat menyertakan tanggal kapan surat tersebut dibuat.
  • Pada bagian isi, anda dapat menjelaskan secara singkat mengenai diri anda, informasi formal seperti pendidikan terakhir maupun pendidikan informal seperti les atau pelatihan yang berkaitan dengan jabatan yang anda lamar.
  • Jelaskan juga kemampuan dan kelebihan anda dibagian isi surat lamaran kerja tulis tangan.
  • Di akhir surat lamaran kerja tulis tangan, anda dapat menyertakan kalimat “hormat saya” dan tanda tangan beserta nama.

Cara diatas dapat anda jadikan sebagai patokan dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar. Dengan mengikuti panduan diatas, tentu diharapkan anda dapat membuat surat lamaran kerja tulis tangan dengan baik. Setelah anda mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, selanjutnya anda dapat melihat contoh lengkap surat lamaran kerja tulis tangan terbaru lengkap, berikut adalah contohnya.

Contoh surat lamaran kerja kerja yang baik dan benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar

Dilihat dari contoh surat lamaran kerja tulis tangan terbaru diatas, untuk membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, anda dapat menggunakan alat bantu seperti penggaris untuk membatasi bagian kiri dan kanan agar tetap rapi. Hindari penggunaan kata yang tidak terlalu penting. Pastikan juga tulisan dalam surat lamaran kerja rapi dan terlihat jelas.

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan terbaru

Medan, 17 Agustus 2015

Kepada Yth ;
 
HRD PT. Cipta Listrik
Jl. Multatuli No. 13
Kota Medan
Dengan hormat,
 
Berdasarkan iklan yang termuat di koran harian Analisa, mengenai kesempatan berkarier di pada perusahaan yang Bapak /Ibu kelola, maka perbolehkan Saya untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Staff Programmer pada perusahaan Bapak/Ibu.
 
Adapun data mengenai diri Saya sebagai berikut :
 
Nama : Mohammad Ilham
Tempat, tanggal lahir : Pekan Baru, 25 mei 1990
Alamat sekarang : Jl. Gagak Hitam No 39, Marelan, Medan
Jenis kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Status pernikahan : Belum menikah
No. HP/Whatsapp : 08112233854
Email : [email protected]
 
Saya adalah pribadi yang jujur dan ulet. Hal ini terbukti dengan menjadi salah satu lulusan terbaik di SMA 1 Negeri Medan pada tahun 2010. Saya lulus dari Universitas Sumatera Utara dengan predikat cumlaude, setelah memenangkan Olimpiade Programmer tahun 2014. Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan surat ini saya lampirkan sejumlah berkas diantaranya: 

  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi Sertifikat Organisasi
  • Fotokopi sertifikat lomba
  • Foto copy KTP
  • Pasfoto terbaru

 
Semoga Bapak /Ibu berkenan untuk memberikan saya kesempatan mengikuti wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
 
Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatian Bapak /Ibu saya ucapkan banyak terima kasih
 
Hormat Saya,

 

(Mohammad Ilham)

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan sederhana yang menarik

contoh surat lamaran kerja tulis tangan sederhana dan menarik

Gambar diatas adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang sederhana tetapi tetap menarik. Biasanya pihak rekruitmen atau HRD tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca satu persatu surat lamaran kerja yang diberikan oleh pencari kerja saat melamar pekerjaan. Untuk itu anda dapat mengikuti contoh surat lamaran kerja tulis tangan terbaru yang sederhana dan menarik. Dengan begitu bukan tidak mungkin nantinya anda akan dipanggil untuk melakukan interview.

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan bahasa Inggris

contoh surat lamaran kerja tulis tangan bahasa inggris

image: kaffah.id

Gambar diatas adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan bahasa inggris. Jika dilihat padat contoh surat lamaran kerja bahasa inggris diatas, pelamar menyertakan materai 6000 sebagai tanda jika data yang diberikannya adalah benar. Anda juga dapat menerapkan hal seperti itu pada surat lamaran kerja yang nantinya akan anda buat. Pada contoh surat lamaran kerja tulis tangan bahasa inggris terbaru, tidak ada penggunaan kata bahasa inggris yang salah, anda juga harus memperhatikan penggunaan bahasa dalam surat lamaran kerja bahasa ingrris. jangan sampai kata-kata yang digunakan tidak sesuai dengan tata bahasa inggris.

Itu tadi adalah contoh surat lamaran kerja terbaru yang dapat anda jadikan acuan saat membuat surat lamaran kerja. contoh diatas dapat dijadikan pedoman bagi berbagai kalangan pencari kerja mulai dari fresh graduate hingga yang sudah berpengalaman. contoh surat lamaran kerja fresh graduate lainnya dapat anda lihat disini.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>