Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 17
  •  
  •  
  •  
  •  
    17
    Shares

Pada artikel kali ini, Mpssoft akan membahas cara membuat dan contoh daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) untuk lamaran kerja yang baik dan benar. Hal ini karena bedasarkan pengalaman para mitra mpssoft yang menggunakan software payroll indonesia buatan mpssoft yaitu APS HRD SYSTEM. Saat mereka melakukan proses rekrutmen karyawan baru, sering kali ditemukan calon kandidat menulis riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) dengan cara yang salah.

Sering kali para pencari kerja merasa bingung mengapa surat lamaran dirinya tidak direspon perusahaan, padahal dia telah memiliki skill dan kemampuan yang diinginkan perusahaan. Hal ini terjadi bisa saja terjadi, karena mereka telah salah dalam membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Sehingga kemampuan yang ada dalam dirinya tidak dapat dicerminkan dengan baik dalam daftar riwayat hidup (CV).

Dari sini anda dapat belajar, jika membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) itu tidak mudah. Hanya bermodal tampilan CV yang keren juga tidak cukup untuk membuatnya jauh lebih baik. Maka dari itu Mpssoft akan memberikan anda hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV).

Baca juga : Wow Pekerja JICT Merupakan Pekerja Dengan Gaji Tertinggi Di dunia

Cara membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang baik dan benar

Dalam menulis daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) sebenarnya tidak terlalu susah. Namun agar daftar riwayat hidup benar-benar dapat menggambarkan diri anda yang sebenarnya, maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Urutan daftar riwayat hidup yang benar
    Walaupun sebenarnya tidak ada ketentuan yang baku dalam membuat strtuktur atau urutan daftar riwayat hidup (CV). Namun para HR lebih menyukai urutan sebagai berikut :

    1. Judul “Daftar riwayat hidup”
    2. Data diri (sertakan juga foto di bagian sebelah kanan data diri)
    3. Riwayat Pendidikan
    4. Kemampuan
    5. Pengalaman kerja
    6. Pengalaman organisasi
    7. Kontak orang-orang yang merekomendasikan anda
    8. Tambahan lainnya yang mendukung ( Seperti sertifikasi, pelatihan dll)

 

  • Data diri yang lengkap dan jelas
    Jika anda mengirim lamaran ke perusahaan yang berada di indonesia, biasanya para HR menginginkan anda menuliskan data diri dalam daftar riwayat hidup (CV) berupa :

    1. Nama Lengkap
    2. Jenis Kelamin
    3. Tempat dan Tanggal Lahir
    4. Kewarganegaraan
    5. Agama
    6. Status Perkawinan
    7. Tinggi dan Berat Badan
    8. Alamat Lengkap
    9. Nomor Telepon / HP
    10. E-mail

Biasanya jika anda melamar untuk perusahaan yang berada diluar negeri, mereka tidak terlalu membutuhkan yang namanya tenpat tanggal lahir, agama, foto, dan status perkawaninan. hal yang terpenting adalah jangan pernah salah menuliskan emal dan nomor telepon/HP. Karena dengan kontak tersebut biasnya tim HR akan menghubungi anda. FOX FREE SMS, Aplikasi SMS Gratis Di Android

 

  • Buatlah alamat email yang tampak professional
    Jika anda memiliki email “alay” seperti : [email protected], [email protected] dll, maka segeralah membuat email yang baru dan lebih baik. Alamat email yang baik dan tampak profesional standarnya adalah dengan menggunakan nama anda. Contohnya jika anda bernama Putri Mayang Sari maka anda bisa membuat alamat email seperti [email protected], [email protected] alamat email dengan nama anda sudah ada yang memakai, anda bisa mengkombinasikan angka ataupun title dibelakangannya, seperti [email protected], [email protected], [email protected]

    Jika mau menambah dana lebih, anda bisa membuat email dengan nama domain sendiri agar lebih tampak eksklusif seperti : [email protected] Untuk dapat memiliki nama email dengan domain sendiri. anda harus membeli domain dan hosting. Jika bingung bagaimana caranya, anda dapat search di google dengan keyword “cara membuat email dengan domain sendiri”, disana telah banyak artikel yang menjelaskan ini.

 

  • Riwayat pendidikan formal cukup di mulai dari SMA/SMK
    Anda tidak perlu menuliskan di smp dan sd mana anda tamat, apalagi menuliskan nama TK. Para HR tidak pernah memperhatikan itu dan tidak ada berdampak apa-apa dengan hasil lamaran anda. Sebaiknya daftar pendidikan formal dimulai dari SMA/SMK saja, karena menuliskan TK,SD dan SMP hanya akan menghabiskan ruang di kertas daftar riwayat hidup anda. Selain pendidikan formal, anda dapat membuat riwayat pendidikan non-formal seperti kursus bahasa inggris dll  dibawah bagian riwayat pendidikan formal.

 

  • Membuat bagian kemampuan / skill yang jelas
    Pada bagian ini, sebaiknya anda hanya menuliskan daftar kemampuan apa saja yang anda miliki untuk dapat mendukung pekerjaan di posisi yang anda lamar. Anda tidak perlu memasukan kemampuan yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan. Contohnya jika anda melamar di bidang Design Creative, anda tidak perlu menuliskan jika anda memiliki kemampuan berenang yang baik. Selain itu dalam penulisan kemampuan ataupun skill, harus disertai dengan ditingkat apa kemahiran anda pada skill tersebut.
  • Pengelaman kerja yang terperinci
    Ada beberapa yang wajib ada pada bagian pengalaman kerja di dalam daftar riwayat hidup anda. Di antaranya yaitu :

    • Nama perusahaan
    • Lama Bekerja
    • Profesi & jabatan
    • Dekripsi kegiatan apa saja yang anda lakukan saat bekerja di perusahaan lama.

 

  • Pengelaman Organisasi yang mendukung
    Dalam penulisan pengalaman organisasi, sebenarnya hampir sama dengan cara penulisan pengalaman kerja. Hanya saja lebih anda fokuskan pada pengalaman organisasi yang dapat mendukung pekerjaan anda saja.

    Baca juga : Cara Tepat Negosiasi Gaji Saat Wawancara

 

  • Design CV yang menarik
    Di tangan para tim HR, ada banyak tumpukan CV yang isinya hampir sama. Sebuah kertas-kertas yang berisikan deretan kalimat tentang riwayat hidup seseorang. Pastinya jika daftar riwayat hidup anda tampil dengan design yang berbeda, akan membuat rekuters ataupun HR tertarik melihatnya. Anda bisa melihat contoh-contoh creative CV di internet dan sesuaikanlah dengan daftar riwayat hidup anda.

 

  • Menggunakan kata-kata dan penulisan yang baik
    Dalam membuat daftar riwayat hidup (CV) yang enak dilihat bukan hanya karena design yang baik saja, tetapi teta bahasa yang digunakan juga sangat berpengaruh. Pastikan anda menggunakan tanda baca yang sesuai, dan paduan kata yang singkat namun jelas. Anda harus ingat bahwa ada banyak lamaran kerja yang yang di terima oleh para HR di perusahaan, sehingga mereka cendrung membaca daftar riwayat hidup (CV) dengan cara yang cepat dan tidak berulang-ulang. Anda harus memastikan CV anda dapat di pahami dengan muda, walaupun di baca dengan cepat.

 

  • Buatlah dengan jujur
    Tidak ada gunanya anda memanipulasi daftar riwayat hidup agar terlihat lebih hebat. Cepat ataupun lambat, pasti segala kebohongan yang ada pada daftar riwayat hidup (CV) akan ketahuan oleh para HR. Dari pada anda mempermalukan diri sendiri, lebih baik dari sekarang urungkan diri untuk memanipulasi data. Jujurlah dengan kemampuan dan apa saja yang anda punya. Jika merasa kemampuan anda tidak cukup untuk memenuhi kualifikasi perusahaan yang di lamar, maka kembalilah belajar. Satu-satunya cara merubah isi daftar riwayat hidup adalah dengan belajar dan terus belajar. Sikap jujur adalah salah satu hal yang wajib di miliki oleh calon pelamar, walaupun tidak tertera pada syarat pelamar.

 

 

Contoh daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV)

Jika tadi sudah membahas bagaimana cara membuat CV yang baik, sekarang Mpssoft akan memberikan contoh daftar riwayat hidup yang bisa anda coba dan modifikasi.

Contoh 1.

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar 1

Image by : contohmajas.blogspot.co.id

 

Contoh 2.

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Image by : cara-promosi.com

Contoh 3.

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

handrymar.wordpress.com

 

Download contoh daftar riwayat hidup (CV) Terbaik via Academia


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 17
  •  
  •  
  •  
  •  
    17
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>