Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Ketika akan melamar pekerjaan disebuah perusahaan tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah CV atau curriculum vitae. CV curriculum vitae atau dalam bahasa Indonesia yang berarti daftar riwayat hidup/biodata. Seperti namanya, CV berisi dengan informasi pribadi yang berguna sebagai penilaian oleh perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan. CV merupakan salah satu hal paling penting saat melamar pekerjaan karena biasanya perusahaan akan mengevaluasi dan menilai kandidat calon karyawan melalui CV yang diberikannya. Untuk itu anda harus mampu membuat curriculum vitae yang menarik dan menggambarkan diri anda secara singkat agar perusahaan melirik lamaran kerja yang telah anda buat.

Agar CV dinilai baik oleh perusahaan, dibutuhkan keunikan dan ketelitian dalam membuat CV yang menarik. Pastikan juga CV surat lamaran kerja yang anda buat berisi dengan informasi diri secara spesifik sesuai dengan perusahaan yang akan dilamar. Kebanyakan orang menggunakan contoh CV surat lamaran kerja yang digunakan untuk melamar kerja di banyak perusahaan, hal itu membuat CV menjadi tidak menarik dan kurang disukai oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar

Selain itu bentuk CV yang cenderung polos dan sama seperti CV pada umumnya juga tidak akan membuat HRD yang menyeleksi surat lamaran kerja anda tertarik kepada CV tersebut karena bentuk dan formatnya sama seperti CV pada umumnya. Lalu bagaimana cara membuat CV lamaran kerja yang menarik bagi HRD? Dalam ulasan ini kami akan menjelaskan bagaimana caranya membuat curriculum vitae yang menarik hati HRD dan menarik untuk dibaca.

Cara membuat cv yang menarik terbaik

Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan sebelum membuat CV yang menarik untuk dibaca dan berisi dengan informasi detail menganai diri anda. Berikut adalah tahapannya.

Cari informasi pekerjaan

Sebelum anda membuat CV yang menarik, cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai lowongan kerja yang akan anda lamar secara rinci dan mendetail, pastikan jenis pekerjaan yang anda lihat sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan diri. Untuk mencari informasi yang lebih jelas mengenai jenis pekerjaan yang akan dilamar, anda bisa mencarinya di internet atau menanyakan kepada teman anda yang bekerja di bagian pekerjaan dengan jenis yang sama pada lowongan kerja.

Baca juga: Cara Mudah Membuat NPWP Online Terbaru Untuk Karyawan

Pelajari dan catat informasi bermanfaat yang berkaitan dengan persyaratan kerja, kualifikasi, skil atau kemampuan yang diinginkan oleh perusahaan, dan jangan lupa informasi mengenai batas usia yang diperbolehkan untuk mendaftar pekerjaan. Tidak sampai disitu, selain mencari informasi mengenai jenis pekerjaan yang akan dilamar anda juga harus mencari informasi mengenai perusahaan yang akan dilamar nantinya. Pahami visi dan misi dari perusahaan, sejarah terbentuknya perusahaan, bagaimana budaya perusahaan dan nilai etos kerja yang diterapkan oleh perusahaan. Jika anda telah mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan, nantinya anda dapat menyaring dan menentukan bagaimana CV yang cocok untuk perusahaan seperti itu.

Pahami bagaimana isi CV secara umum

Seorang yang baru saja lulus dari bangku kuliah atau bangku sekolah alias fresh graduate mungkin saja tidak mengetahui bagaimana isi CV secara umum. Untuk itu penting memahami bagaimana isi CV yang sering dibuat oleh pencari kerja. Sementara bagi yang pernah membuat CV, mempelajari isi dari CV secara umum dapat membantu mengingat bagian penting yang dapat membuat CV menjadi lebih menarik.

Beberapa hal yang harus harus ada didalam CV adalah sebagai berikut:

  1. Data diri – Identitas diri yang umumnya berisi dengan informasi mengenai nama lengkap, tanggal lahir, tempat lahir, alamat tempat tinggal, agama, nomor telepon dan email.
  2. Riwayat pendidikan – Umumnya perusahaan akan mengecek seperti apa riwayat pendidikan anda, perlu diketahui juga jika kebanyakan perusahaan tidak akan mengecek seluruh riwayat pendidikan anda mulai dari SD sampai SMA, untuk itu tulis riwayat pendidikan yang singkat saja.
  3. Informasi mengenai diri anda – Anda dapat menulis informasi mengenai diri anda seperi informasi asal muasal atau riwayat hidup, hobi yang disukai maupun makanan yang disukai.
  4. Pelatihan yang pernah diikuti – Jika anda sering mengikuti pelatihan, maka tidak ada salahnya untuk menulis informasi pelatihan pada CV. Namun pastikan pelatihan yang anda tulis berkaitan dengan jabatan yang akan diambil.
  5. Keahlian atau skill – Berikan informasi mengenai skill yang anda miliki, baik itu soft skill maupun hard skill. Ini adalah salah satu bagian yang dapat menarik HRD saat melihat CV anda.
  6. Prestasi akademik maupun non-akademik – Anda dapat memberikan informasi mengenai prestasi akademik yang pernah diraih, selain itu prestasi non-akademik juga dapat membuat CV anda menjadi lebih menarik.
  7. Riwayat pekerjaan – Salah satu bagian yang paling menaruh perhati dan dan menarik bagi HRD saat melihat CV adalah bagian riwayat pekerjaan yang pernah dilakukan. Biasanya HRD akan menilai pengalaman dan skill calon karyawan melalui riwayat pekerjaan yang pernah dilalui. Tentunya semakin banyak pekerjaan yang pernah dilakukan akan semakin banyak juga pengalaman dan skill yang dimiliki.
  8. Referensi – Jika anda memiliki rekan atau pernah bekerja sebelumnya maka anda dapat memberikan informasinya, ini bertujuan untuk memberitahu perusahaan pelamar mengenai sesuatu yang orang lain ketahui tentang diri anda.

Buat CV lamaran kerja yang menarik

Setelah mengetahui bagian penting dalam CV, maka sekarang saatnya untuk membuat CV lamaran kerja yang dapat menarik bagi perusahaan. Anda dapat melihat banyak contoh CV menarik yang menurut anda cocok untuk dijadikan referansi dalam pembuatan CV lamaran kerja. Berbagai contoh CV lamaran kerja yang menarik dengan warna dan tata letak atau layout yang berbeda dapat dijadikan sebagai CV pada surat lamaran kerja anda.

Baca juga: 3 Hal Wajib Anda Tanyakan Saat Interview Di Perusahaan Starup

  1. Berikan informasi yang jelas mengenai data diri anda, pastikan seluruh informasi yang anda berikan asli, isi nama lengkap.
  2. Tuliskan riwayat pendidikan yang pernah anda selesaikan, tidak perlu menulis secara rinci mulai dari TK hingga bangku kuliah, cukup sertakan informasi pendidikan terakhir yang anda selesaikan.
  3. Beri informasi mengenai skill atau kemampuan anda. Banyak cara yang dapat anda lakukan agar CV lamaran kerja dapat lebih menarik, bukan hanya sekedar memberikan bullet list pada bagian skill yang anda miliki anda dapat menambahkan grafik, diagram dan rating yang dapat menggambarkan tingkatan skill yang anda miliki. Dengan begitu CV anda akan terlihat lebih menarik dan efektif.
  4. Tuliskan pengalaman kerja anda secara lengkap dan lebih detail dibanding informasi lainnya, karena biasanya HRD lebih tertarik dengan riwayat pekerjaan yang pernah anda lakukan.
  5. Tulis pelatihan atau seminar yang pernah anda lakukan, jangan lupa untuk menuliskannya secara lebih menarik.

Cek kembali CV anda

Setelah berhasil membuat CV lamaran kerja, ada satu proses lagi yang harus anda lakukan yaitu menganalisa CV. Cek kembali CV lamaran kerja anda, apakah menurut anda CV yang telah dibuat mampu untuk menarik pihak perusahaan, atau malah sebaliknya. Posisikan diri anda sebagai HRD yang akan memeriksa CV setiap calon karyawan, apakah menurut anda CV yang telah dibuat manarik untuk dibaca dan berisi dengan informasi yang lengkap, jika iya maka artinya anda telah mampu untuk membuat CV lamaran kerja menarik.

Baca juga: 5 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Wawancara KerjaEdit | 

Setelah memahami bagaimana tahapan dalam membuat CV yang menarik, tentu anda perlu referensi sebagai pembanding untuk menjadikan CV yang sebelumnya telah menarik menjadi jauh lebih menarik lagi. Untuk itu kami akan memberikan berbagai macam contoh curriculum vitae lamaran kerja yang menarik dan dapat dijadikan patokan saat akan membuat CV.

Contoh CV surat lamaran kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 

DATA PRIBADI

  1. Nama : Wahyu Andika
  2. Jenis Kelamin : Laki-laki
  3. Tempat Tanggal Lahir : Medan, 12 November 1992
  4. Kesehatan : Sangat Baik
  5. Kewarganegaraan : Indonesia
  6. Status Perkawinan : Belum Menikah
  7. Agama : Islam
  8. Alamat Lengkap : Jl. Merdeka No. 199 Medan labuhan, Medan
  9. Nomor Telepon : 08106803123

PENDIDIKAN FORMAL

  1. 1999 – 2005 : SD N 14022 Percut Sei Tuan
  2. 2005 – 2008 : SMP N 5 Medan
  3. 2008 – 2011 : SMA PAB 2 Deli Serdang
  4. 2011 – 2015 : S1-Universitas Potensi Utama (Sistem Informasi)

PENGALAMAN KERJA

  1. Bekerja di PT. Mitra Pasifik Medan Sebagai Head of Digital Marketing Januari 2015 – Desember 2016
  2. Bekerja di PT. Musimas Indonesia – Medan Sebagai Marketing Mei 2016 – Februari 2017
  3. Bekerja di PT. Inalum Stell Sebagai Teknisi Komputer Agustus 2012 – Sekarang

PRESTASI

  1. PSMS u-17 (2007)
  2. Juara Liga Antar Kota Sumatera Utara ( 2008 – 2009 )
  3. Seleksi Nasional PON Sumatera Utara ( 2009 – 2011 )
  4. Juara SSB se-Indonesia ( 2005 – 2006 )
  5. Juara Olimpiade Sains se-Sumatera Utara (2004)

Demikian Ini Daftar Riwayat Hidup saya buat dengan benar sesungguhnya.

Medan 17 Agustus 2018.

Hormat saya,

 

 

Wahyu Andika

Contoh CV curriculum vitae secara umum

Gambar dibawah adalah contoh cv yang sering digunakan oleh mereka yang mencari pekerjaan. Bentuk cv secara umum cenderung sederhana dan terkesan formal.

contoh cv yang menarik pada umumnya

Image: slideshare.com

Contoh CV dalam bahasa inggris secara umum

Berikut adalah contoh cv secara umum dalam bahasa Inggris. Jika anda ingin membuat cv secara umum dalam bahasa inggris maka anda dapat melihat bentuk dari cv dibawah.

 

contoh cv curriculum vitae yang menarik bahasa inggris secara umum

Image: tellerresume.net

Contoh CV yang menarik dalam bahasa Inggris

Dibawah ini adalah contoh CV yang menarik dalam bahasa inggris. CV ini menjadi menarik dan unik karena berisi dengan informasi yang interaktif, ada rating mengenai keahlian skill, bahasa yang dikuasai dan hobby yang disukai dengan bentuk yang menarik.

contoh cv curriculum vitae yang sangat menarik bahasa inggris

Image: dreamstime.com

Contoh CV curriculum vitae yang menarik dalam bahasa inggris

Dibawah ini juga contoh dari CV yang menarik dalam bahasa inggris. Anda dapat memberikan warna kesukaan atau warna yang mewakili karakteristik dari diri anda. Misalnya memberikan warna-warna gelap yang dapat menggambarkan kesan cool dan calm. Dengan begitu, HRD pun menjadi tertarik dengan CV yang anda buat.

contoh cv curriculum vitae yang sangat menarik bahasa inggris 2

Image: freepik.com

Contoh CV yang menarik dalam bahasa Inggris terbaru

Salah satu contoh CV yang menarik dan unik dalam bahasa inggris terbaru yang dapat anda terapkan pada CV yang akan anda buat. Contoh CV dibawah berisi dengan kontak sosial media yang anda miliki. Hal tersebut akan menarik HRD karena biasanya HRD akan melihat kebiasaan atau profil asli dari calon karyawan dengan mengecek sosial media yang dimiliki.

contoh cv curriculum vitae yang sangat menarik bahasa inggris 3

Image: hardiha.wordpress.com

Contoh cv yang menarik untuk fresh graduate

Gambar dibawah adalah contoh dari CV menarik untuk fresh graduate. CV tersebut berisi dengan prestasi yang dapat dijadikan nilai lebih saat melamar, karena pada umumnya calon karyawan fresh graduate tidak memiliki pengalaman kerja.

contoh cv yang menarik

Image: jempolkaki.com

Contoh CV yang menarik untuk bekerja di desain grafis

Gambar dibawah merupakan contoh resume bagi calon karyawan yang akan bekerja pada perusahaan desain grafis. CV ini cocok untuk calon karyawan desain grafis karena berisi dengan banyak warna yang menarik dan tidak begitu norak. Tentu anda dapat menjadikannya sebagai referensi dalam membuat CV.

contoh cv yang menarik desain grafis

Image: hanyadesain.id

Contoh CV yang menarik untuk fotografer

Jika anda adalah fotografer maka tidak salah untuk melihat contoh CV yang menarik berikut ini. Dapat dilihat jika CV ini berbeda dengan CV lain karena berisi dengan foto penuh dari calon karyawan. Selain itu  terdapat juga gambar atau grafis yang menarik bagi HRD untuk melihatnya.

contoh cv yang menarik untuk fotografer

Image: gemawahyudi.wordpress.com

Contoh cv yang menarik hrd

CV ini akan menarik bagi HRD karena berisi dengan diagram atau grafis yang menjelaskan skil dan kemampuan yang dimilikinya. Selain itu penggunaan warna yang cocok dan tidak terlalu norak akan membuat CV yang anda miliki terlihat lebih elegan.

contoh cv yang menarik hrd

Image: toordesign.id

Contoh curriculum vitae yang menarik dan unik

Dapat dilihat jika penggunaan warna hijau dan orange tampat saling bersinergi dan menyatu, tentu akan terlihat menarik bagi siapa saja yang melihatnya.

contoh cv yang menarik untuk fresh graduate

Image: miignon.com

Contoh cv sederhana yang menarik

Contoh CV terakhir yang dapat anda jadi kan referensi adalah seperti gambar dibawah.Penggunaan warna yang tidak telalu mencolok serta penjelasan singkat mengenai pengalaman kerja akan membuat CV anda terlihat sederhana namun tetap menarik.

contoh cv sederhana yang menarik

Download contoh CV yang menarik

Tentu saja tidak lengkap rasanya jika hanya melihat bagaimana bentuk CV yang menarik dan unik. Tentunya anda juga menginginkan untuk mempunyai CV seperti contoh-contoh yang ada diatas. Bagi anda yang membutuhkan CV, anda dapat mendownload dan mengedit CV yang ada dibawah ini.

Download contoh CV #1: disini

Download contoh CV #2: disini

Download contoh CV #3: disini

Download contoh CV #4: disini

Download contoh CV #5: disini

Itu tadi adalah contoh dan cara membuat CV curriculum vitae yang baik dan benar, dengan mengikuti dan melihat berbagai contoh cv yang menarik, diharapkan anda lebih mempunyai patokan dalam membuat yang menarik untuk diri anda sendiri. Dengan begitu maka HRD dalam perusahaan yang membuka lowongan tidak akan segan untuk melakukan wawancara kerja karena tertarik melihat CV anda.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.