Cara Menulis CV Yang Tepat Untuk Pekerjaan Paruh Waktu
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mencari pekerjaan disaat sedang menempuh pendidikan memang sedikit sulit, karena harus membagi waktu antara proses pendidikan di kampus dan bekerja. Oleh karena itu biasanya mahasiwa yang ingin bekerja dan mendapatkan penghasilan akan mencari pekerjaan paruh waktu atau biasa kita kenal dengan part-time. Meskipun upah yang didapatkan tidak sebanyak dengan pekerjaan full-time, tetapi upah yang diberikan dapat dibilang cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari seorang mahasiswa.

Tidak banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja part-time atau paruh waktu. Hal ini membuat sulitnya untuk menemukan lowongan kerja yang memiliki jam kerja lebih sedikit dari jam kerja biasa. Padahal pekerjaan paruh waktu sangat diminati oleh mahasiswa karena jam kerja yang tidak menggangu jadwal kuliah dan dapat dikerjakan dimana saja.

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Negosiasi Gaji

Sedikitnya perusahaan yang membuka lowongan kerja paruh waktu ditambah dengan banyaknya peminat kerja paruh waktu membuat anda harus serius dan jeli ketika menemukan lowongan kerja paruh waktu. Salah satu keseriusan tersebut dapat anda tunjukkan melalui surat lamaran kerja dan CV. Ada beberapa tips yang dapat anda ikuti dalam pembuatan CV dan lamaran kerja untuk pekerjaan paruh waktu, berikut tipsnya.

Sesuaikan CV anda

Sama seperti membuat CV untuk lowongan kerja full-time. Anda harus menyesuaikan CV anda sesuai dengan posisi kerja yang akan anda lamar. Berikan penjelasan yang lebih spesifik di bagian keahlian anda. Contohnya jika anda memiliki pengalaman atau keterampilan menghadapi pelanggan dan berkomunikasi yang baik, maka cobalah untuk menjabarkan hal tesebut secara lebih detail dengan memberikan contoh nyata dalam pelaksanaannya. Buatlah CV sebaik mungkin, karena jika CV yang anda buat terlihat tidak sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan maka dapat dipastikan anda tidak akan mendapatkan pekerjaan tersebut.

Baca juga: Ingin Menjadi Kurir? Persiapkan Dulu Beberapa Hal Ini

Tidak lupa sertakan surat lamaran

Tentu saja anda juga harus membuat surat lamaran ketika akan melamar di perusahaan yang membuka lowongan kerja  paruh waktu. Berikan alasan mengapa anda tertarik kepada lowongan kerja tersebut. Tentunya tim HR atau tim perekrut ingin mengetahui tujuan anda melamar menjadi karyawan half-time. Misalnya jika anda seorang mahasiswa maka jelaskan tujuan anda ingin menjadi karyawan half-time di perusahaan tersebut karena anda sedang menempuh pendidikan. Tidak lupa juga sertakan alasan mengapa perusahaan harus merekrut anda sebagai karyawan half-time. Berikut adalah bagian yang harus anda perhatikan saat menulis surat lamaran kerja:

  • Nama perusahaan
  • Bagian yang anda lamar
  • Informasi diri anda
    • Berikan informasi singkat mengenai diri anda dan pengalaman yang berkaitan dengan posisi pekerjaan, jika anda memiliki hal yang dapat anda jadikan sebagai kelebihan maka anda dapat memasukkannya. Contohnya: Bekerja dengan teliti di PT A dan mendapatkan gelar karyawan terbaik bulan januari.
  • Pengalaman kerja
    • Jika sebelumnya anda memiliki pengalaman kerja baik itu full-time ataupun part-time maka anda dapat memasukkannya kedalam surat lamaran kerja. Tetapi jika anda belum memiliki pengalaman apapun, isi dengan pendidikan yang saat ini sedang anda jalani.

Baca juga: Jenis-Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja untuk pekerjaan paruh waktu.

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth, personalia

PT. Maju Mundur Group

Jl. Sutomo No. 5, Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapat dari internet, bahwa perusahaan Maju Mundur Group sedang membutuhkan tenaga kerja baru untuk pekerjaan part time, maka dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Sanjaya

Tempat, tanggal lahir : Jakarta,  10 November 1990

Alamat : Jl. Mahakam, No. 34 Jakarta Utara

Pekerjaan : Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Status : Belum menikah

Saya terbiasa untuk bekerja didepan komputer. Saya juga sangat mengutamakan ketelitian dan mampu untuk bekerja semaksimal mungkin seperti yang diperintahkan oleh perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

  1. Pas foto terbaru
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy Tanda Mahasiswa
  4. Daftar riwayat hidup
  5. Foto copy Ijazah SMA

Saya harap saya bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti tes wawancara kerja agar dapat menjelaskan secara lebih jelas tentang potensi diri saya kepada Bapak/Ibu pimpinan.

Demikian surat permohonan ini, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Andi Sanjaya

Beberapa tips diatas dapat anda jadikan referensi ketika akan membuat surat lamaran kerja part time yang baik dan benar. Beberapa poin diatas dapat anda ubah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Semoga dengan membaca tips ini dapat membantu anda dalam membuat surat lamaran kerja paruh waktu.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.