Cara Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Interview
- Profesi

Cara Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Interview

Saat interview seringkali anda akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan jebakan. Jika anda kurang teliti maka anda akan terperangkap dan mungkin akan kehilangan kesempatan bekerja di perusahaan tersebut. Pewawancara selalu menyelipkan beberapa pertanyaan yang cukup sulit untuk tujuan tertentu, seperti ingin mengetahui bagaiman karakter anda dan apakah anda orang yang tepat untuk posisi yang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

Cara Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Interview

Jika anda termasuk orang yang tenang dan telah mengantisipasi situasi tersebut, pastinya anda akan menjawab pertanyaan jebakan tersebut dengan mudah. Tetapi, jika anda bukanlah orang yang tenang atau interview tersebut adalah interview pertama anda, sudah bisa dipastikan anda akan kesulitan untuk menghadapi situasi itu. Ada beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk bisa melewati tahapan ini. Dikutip dari duniakaryawan.com ada beberapa kiat untuk menjawab pertanyaan jebakan yang biasa dilontarkan pewawancara. Kita ini bisa menjadi bekal anda menghadapi situasi terburuk dalam interview.

Bagaimana Anda Mendeskripsikan Diri Anda Dalam 3 Kata?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter anda. Waktu interview yang singkat tidak akan cukup untuk dihabiskan menceritakan diri anda panjang lebar. Dengan 3 kata yang mendeskripsikan diri anda, pewanwancara bisa membayangkan siapa diri anda & bagaimana anda menilai diri anda.

Gunakan 3 kata yang tepat dan berhubungan dengan spesialisasi anda. Jika anda melamar pada posisi data analis, sebutkan dengan karakter yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut seperti teliti, sistematis, dan kritis.

Anda juga bisa menyebutkan karakter positif yang anda miliki, misalnya tekun, antusias, berintegritas, pekerja keras atau lainnya.

Baca Juga:

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Pewawancara ingin mengukur seberapa besar keinginan anda untuk bekerja diperusahaan tersebut. Setidaknya anda mengetahui profil perusahaan tersebut, sejarah, filosofi, dan visi, misi serta nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan.

Hindari membandingkan perusahaan tersebut dengan perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Jangan berikan jawaban negatif seperti permasalahan perusahaan yang dihadapi, pendapat yang kurang baik atau lainnya.

Jawab dengan penekanan tentang keunggulan perusahaan dan tunjukan minat anda terhadap keunggulan perusahaan tersebut.

Mengapa Anda Ingin Bekerja Diperusahaan Ini?

Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat seberapa besar keinginan anda untuk berkontribusi pada perusahaan dan sejauh mana anda mengetahui perusahaan tesebut. Hindari dengan menjawab karena tidak nyaman di tempat kerja yang dulu, ingin gaji tinggi, serta masalah lain yang anda hadapi di perusahaan sebelumnya.

Berikan alasan-alasan positif dan jujur bahwa anda bisa bekerja sama dengan team maupun sendiri, anda dapat dihandalkan, bisa memberikan kontribusi lebih untuk mewujudkan visi & misi perusahaan tersebut.

Hal Apa Yang Paling Membanggakan Dalam Karir Anda?

Pewawancara ingin mengetahui apa yang benar-benar anda minati. Mendeskripsikan tentang proyek yang anda telah berhasil dan serta menunjukan bagaimana anda menyelesaikan proyek tersebut. Tetapi tidak semua proyek yang sukses anda harus ceritakan. Pilihlah yang berkaitan dengan posisi dan perusahaan tersebut.

Tunjukan bahwa keterampilan terbaik anda yang berkontribusi dalam proyek yang anda kerjaan pada perusahaan sebelumnya.

Berapa Lama Waktu Yang Anda Butuhkan Untuk Memberikan Kontribusi Berarti Bagi Perusahaan?

Saat menjawab pertanyaan seperti ini, hindari jawaban yang tergesa-gesa dan kurang realistis, seperti 1 hari atau 1 minggu. Karena jawaban yang tergesa-gesa akan terkesan tidak smart, berikan jawaban yang realistis.

Ungkapkan kepada pewawancara bahwa anda akan berusaha mengatasi permasalahan dan tantangan, dan anda membutuhkan beberapa bulan, untuk benar-benar memahami kebutuhan perusahaan.

Jika Anda Diterima, Berapa Lama Anda Akan Bekerja Dengan Kami?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sangat menjebak. Pewanwancara ingin mengetahui seberapa besar keinginan anda untuk bekerja pada perusahaan mereka.

Jangan sebutkan angka atau berapa tahun anda akan bersama perusahaan tersebut. Jawablah dengan elegan bahwa anda akan tertarik berkarir bersama dengan perusahaan tersebut untuk mencapai target bersama.

Mengapa Anda Tidak Mendapatkan Pekerjaan Yang Lebih Baik Di Usia Anda Saat Ini?

Pertanyaan ini akan memicu emosi anda jika tidak dijawab dengan kepala dingin dan tenang. Pewawancara ingin anda menjawab dengan jujur dan tidak defensif. Mereka ingin mengetahui apa yang anda inginkan saat sudah diterima diperusahaan tersebut, apakah anda hanya ingin mencari batu loncatan saja atau benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Jawab dengan memberi alasan logis dan jujur tentang motivasi anda melamar di perusahaan tersebut. Posisi yang menjadi target anda adalah pekerjaan yang sesuai dengan skil dan usia anda saat ini.

Persiapkan dengan matang dan berhati-hatilah menjawab semua pertanyaan jebakan tersebut. Pikirkan dengan kepala dingin dan tenang apa maksud dari dilontarnya pertanyaan tersebut, dan jawablah dengan pikiran jernih, positif dan jujur.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.