Banyak sekali orang yang menganggap jika bekerja secara remote atau dari jarak jauh jauh lebih baik ketimbang harus bekerja didalam kantor dan menghabiskan waktu satu harian menghadapi komputer, alasannya tentu saja jika bekerja remote, karyawan dapat lebih bebas melakukan pekerjaannya dimana saja, misalnya bekerja secara remote di rumah, coffe shop, atau bahkan bekerja sambil berlibur keluar negeri. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menginginkan bekerja secara remote atau jarak jauh. Namun, bekerja dengan sistem remote titak selalu berjalan dengan sempurna karena pasti akan ada kerugian yang akan anda alami. Lalu bagaimana sebenarnya keuntungan dan kerugian dari bekerja dengan sistem remote? Untuk mengetahuinya, berikut adalah keuntungan dan kerugiannya.
Keuntungan bekerja remote bagi karyawan
Dapat mengehemat pengeluaran
Bekerja setiap hari dikantor artinya anda harus mengeluarkan mengeluarkan ongkos setiap harinya untuk dapat pergi ke rumah menuju ke kantor. Tentu saja, jika bekerja secara remote akan sangat menghemat pengeluaran yang biasanya anda gunakan saat bekerja dikantor entah itu ongkos pulang pergi ataupun biaya makan siang yang tidak harus anda keluarkan jika anda bekerja secara remote.
Dapat mencegah stres
Penyebab stres yang sering terjadi kepada karyawan biasanya adalah karena budaya kantor yang tidak sesuai dengan kepribadiannya dan juga karena perjalanan pulang-pergi ke kantor yang jauh, belum lagi jika setiap sorenya jalanan yang biasa dialalui selalu macet, tentu akan menguras energi karyawan karena harus berlama-lama dan bersabar dijalan. Oleh karena itu bekerja dengan sistem remote akan jauh lebih baik karena karyawan akan jauh lebih nyaman bekerja di lingkungan yang sudah dikenali dan tidak perlu menguras tenaga untuk pergi kekantor.
Tidak mudah jenuh
Bekerja dengan sistem remote akan membuat anda jauh lebih nyaman dalam mengerjakan berbagai tugas ketimbang bekerja dikantor, hal ini tentu karena anda dapat menentukan sendiri dimana lokasi terbaik bagi anda untuk menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan. Dengan kata lain, ketika anda bosan, anda dapat mencari tempat lain yang akan membuat pikiran anda menjadi segar kembali.
Kerugian
Kurangnya bersosialisasi dengan karyawan lain
Tentu saja, ketika anda bekerja dengan sistem remote, pertemuan dengan sesama rekan kerja dikantor akan berkurang hal ini juga akan membuat anda tidak dapat mengenal rekan kerja anda secara lebih baik atau secara lebih personal karena anda hanya akan berhubungan ketika membahas masalah pekerjaan dan mungkin saja pembahasan tersebut hanya terjadi via telepon atau sms. Sosialisasi yang kurang antara rekan kerja akan membuat miskomunikasi antar anda dengan rekan kerja, oleh karena itu jika anda bekerja remote, maka hubungan antar rekan kerja akan sulit terjalin.
Sulit untuk fokus
Bekerja dengan sistem remote memang merupakan hal yang didambakan oleh banyak karyawan, namun bekerja dengan sistem remote juga memiliki kelemahan dan salah satu kelemahan yang sangat berpengaruh adalah sulit untuk fokus pada pekerjaan. Hal ini akan anda rasakan ketika bekerja remote. Bukan tanpa sebab, banyaknya godaan yang ada saat akan bekerja tentunya dapat membuat anda tidak bisa fokus bekerja. Misalnya ketika anda memutuskan untuk mengerjakan pekerjaan di cafe, ketika akan mengerjakan tugas, anda malah melakukan hal lain seperti memutar musik atau menonton drama korea, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh terhadap performa anda.