Bagaimana Menghadapi Penilaian Kinerja Yang Tidak Tercapai?
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap perusahaan biasanya selalu menerapkan sistem penilaian kinerja karyawannya, entah dalam jangka satu bulan ataupun satu tahun namun umumnya sistem penilaian kinerja karyawan diterapkan dalam jangka per-bulan. Bentuk penilaian kinerja karyawan juga berbeda-beda tergantung dengan jabatan yang dimiliki oleh karyawan. Jika karyawan yang berposisi sebagai Marketing maka biasanya penilaian kinerja yang diberikan adalah seputar dengan penjualan, sementara jika karyawan yang bekerja dibagian IT Support atau Customer Service maka kepuasan pelanggan adalah hal yang dijadikan penilaian.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Ramadhan

Penilaian kinerja tersebut dibuat agar perusahaan dapat mengevaluasi bagian mana yang salah dalam proses didalam perusahaan. Tentu saja jika anda selalu melampaui ekspektasi yang diharapkan, perusahaan pun akan memandang anda sebagai karyawan yang memiliki semangat kerja tinggi dan bekerja dengan maksimal. Lalu bagaimana jika kinerja yang anda harapkan dapat mencapai target yang diperintahkan namun ternyata tidak tercapai dan jauh lebih buruk dari yang diperkirakan? Tentu saja anda akan mendapatkan nilai merah dan sesegera mungkin akan mendapat teguran dari atasan. Lalu bagaimana cara menghadapinya? Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan saat penilaian kinerja tidak tercapai.

Tarik nafas

Saat anda mendapatkan komentar yang negatif dari atasan atau rekan kerja, naluri anda mungkin saja ingin membalas kritikan tersebut. Tetapi, didalam lingkungan kerja yang profesional, cara terbaik untuk menghadapi kritikan pedas adalah duduk santai dan tarik nafas anda dalam-dalam serta jangan katakan apapun karena bisa saja kata tersebut hanya berasal dari emosi sementara anda yang mungkin nantinya akan anda sesali karena sudah mengatakannya.

Baca juga: 5 Pertanyaan Yang Wajib Anda Ajukan Saat Rapat

Jangan lakukan hal ceroboh

Sama seperti sebelumnya, saat anda mendapatkan kritik atau cemooh dari rekan kerja atau bahkan pimpinan perusahaan, jangan lakukan hal yang ceroboh karena akan sangat berpengaruh terhadap karir anda. Bisa saja akibat hal tersebut akan membuat pimpinan perusahaan memecat anda karena melakukan hal yang tidak terkendali, atau mungkin akan menimbulkan gesekan antar sesama rekan kerja. Tentu saja keduanya bukanlah hal yang baik, untuk itu jangan lakukan hal yang ceroboh.

Belajar dari kesalahan

Sebagai pekerja yang profesional tentunya anda harus dapat belajar dari kesalahan yang telah anda perbuatan. Anda harus mengevaluasi diri anda, mencaritahu bagian mana yang salah sehingga membuat penilaian kinerja anda terlihat buruk. Tentunya evaluasi tersebut harus menghasilkan rencana perbaikan.

Muncul dengan rencana perbaikan

Setelah anda melakukan evaluasi diri sendiri untuk mengetahui kesalahan yang ada dalam diri anda. Tentunya anda harus dapat menemukan rencana untuk perbaikan kinerja anda dalam bekerja. Tentu saja rencana tersebut harus dapat meningkatkan kinerja dan membuat semua pekerjaan yang anda lakukan berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan.

Baca juga: 4 Tanda Jika Anda Layak Untuk Mendapat Promosi Jabatan

Konsultasi dengan HR

Jika anda merasa tidak adil dengan komentar, kritik dan emosi yang diberikan oleh rekan kerja maupun pimpinan anda, cobalah untuk berbicara dengan HRD mengenai hal ini. Jika anda merasa bos anda secara pribadi menyerang anda dengan cemooh yang sangat tidak menyenangkan untuk didengar, cobalah untuk konsultasi dengan HRD seputar permasalahan tersebut.

Itu tadi adalah cara yang dapat anda lakukan saat menghadapi penilaian kinerja yang tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. Tentunya, rencana perbaikan diharapkan mampu untuk kembali meningkatkan kinerja anda agar perusahaan dapat mempercayai anda lagi.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar

 


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.