- Profesi

Apakah Bekerja Lebih dari 40 Jam Per Minggu, Baik atau Buruk?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Draugiem, para pekerja yang mengambil istirahat singkat untuk ibadah jauh lebih produktif dibandingkan dengan pekerja yang bekerja pada durasi yang lebih banyak. Sistem kerja yang mengkombinasikan waktu kerja 52 menit, yang diikuti dengan istirahat 17 menit merupakan waktu yang ideal untuk mengoptimalkan produktivitas. Alasannya karena dengan waktu istirahat maka para pekerja dapat optimalkan 100% kemampuannya kembali.

Waktu istirahat yang karyawan dapatkan dapat membuatnya terbebas dari tugas-tugas kantor dan dapat menyegarkan otaknya kembali. Namun saat ini, kerja 8 jam per hari justru akan memberikan dampak buruk bagi karyawan, yang akan memberikan produktivitas yang tidak maksimal.

Efek di Hari Senja

Penelitian yang dilakukan oleh Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research di Australia mengadakan tes membaca, pola dan ingatan terhadap 6000 karyawan yang berusia +40 tahun untuk mengetahui kemampuan kognitifnya. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa angka 40 tahun, bekerja 40 jam per minggu akan berdampak buruk pada kemampuan kognitif manusia.

Baca Juga:

Beraktivitas memang dapat memberikan stimulus pada otak dan membantu menjaga kemampuan kognitif seseorang, namun pada waktu yang bersamaan bekerja berlebihan dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan stres fisik dan kelelahan, yang hal tersebut akan menurunkan fungsi kognitif otak.

Berdasarkan pada riset yang sama, menyatakan juga cara kita memproses informasi akan mulai menurun pada usia 20 tahun, dan cara kita menggunakan pengetahuan, pengalaman dan kemampuan mulai menurun setelah usia 30 tahun. Dan pada usia 40 sebagian besar manusia akan mulai mengalami penuruan performa pada uji ingatan dan pengenalan serta kecepatan otak.

Faktor Kurang Tidur

Waktu yang kurang untuk tidur akan berdampak pada kemampuan karyawan yang akan menurun. US National Sleep Foundation menyarankan lebih dari 7 jam perhari untuk orang-orang yang diatas 26 orang.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jawabannya adalah disiplinlah pada diri sendiri. Pasti sulit untuk merubah peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini bisa anda lakukan dengan disiplin.

Datang tepat waktu, istirahat yang cukup, dan pulang kantor tepat waktu. Selesaikan semua pekerjaan sebelum akhir pekan datang. Hindari untuk membawa pekerjaan kerumah, dan gunakan cuti tahunan yang perusahaan berikan.APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.