Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ? Ini Cara Jawabnya
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Itu merupakan pertanyaan yang sering dan penting dalam proses wawancara kerja. Sehingga anda harus mampu menjawabnya dengan baik, agar dapat terpilih menjadi karyawan di perusahaan tempat anda sedang wawancara. Pertanyaan “Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ?” juga terkadang diucapkan dengan kalimat yang sedikit berbeda, namun sebenarnya mempunyai makna yang sama. Contohnya, Kontribusi apa yang akan anda berikan untuk perusahaan, kenapa kami memilih anda dan Dll.

Agar dapat tampil baik saat wawancara, anda wajib membuat persiapan sebelumnya yang sesuai dengan latar belakang dan pengalaman. Anda bisa mempersiapkan sejak awal jawaban dari pertanyaan yang kemungkinan akan ditanya sesuai dengan pribadi anda. Setiap jawaban anda akan dinilai oleh rekruters. Anda harus paham jika ada banyak kandidat yang sedang di wawancara, Sehingga jawaban yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaanlah yang akan diterima. Pertanyaan “Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ?” merupakan salah satu pertanyaan terpenting yang ingin didengar oleh pewawancara. Pertanyaan ini dapat memberikan ramalan bagaimana cara anda bekerja jika telah diterima nantinya. Untuk menjawab pertanyaan ini memang tidak mudah, ada beberapa jawaban terbaik yang dapat anda berikan sesuai dengan kondisi perusahaan.

Apa yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan?

Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ? Ini Cara Jawabnya

1.Menjadi anggota tim yang baik dan jujur

Walaupun kalimat tersebut sangat sederhana, namun ini merupakan sikap dasar untuk menjadi karyawan terbaik. Menjadi anggota tim yang baik dan jujur adalah aset penting yang harus dimiliki perusahaan. Ada banyak calon karyawan dengan kemampuan tinggi di luar sana, namun jika tidak dilengkapi dengan tingkah laku yang baik dan jujur, justru akan merugikan perusahaan. Anda dapat menjelaskan kepada pewawancara, jika untuk menjadi anggota tim baik dan jujur, maka anda akan berupaya berkomunikasi dan membuat tim merasa nyaman saat menjalankan pekerjaan bersama. Anda juga bisa mengungkapkan semangat anda terhadap kerja tim dan memperjelas bahwa komunikasi yang baik akan menghasilkan produktifitas tinggi dan kunci dari kesuksesan.

2. Gairah dalam bekerja

Gairah atau semangat adalah atribut penting lainnya yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas. Dengan meyakinkan bahwa Anda akan selalu menumbuhkan rasa semangat untuk bekerja, rekruters akan menilai jika anda adalah calon karyawan yang akan memiliki produktifitas tinggi. Gairah dalam bekerja akan menciptakan keuletan dan sikap pantang menyerah dalam bekerja. Jika ada masalah dalam pekerjaan, maka membuat anda semakin berusaha untuk mencari solusinya.
Baca juga : 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Membuat Kesalahan

3. Karena anda memiliki kemampuan multitasking

Persaingan usaha semakin tinggi, membuat perusahaan anda harus meningkatkan kinerja para karyawanya. Hal ini berdampak pada tekanan kerja yang tinggi dan tenggat waktu yang ketat. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, Di perlukan kandidat dengan kemampuan multitasking yang bisa menempatkan diri pada beberapa proyek sekaligus. Anda dapat memberikan penjelasan secara singkat kepada pewawancara tentang pengalaman multitasking anda di organisasi/perusahaan sebelumnya. Sebaiknya dalam menjelaskan pengalman tersebut dapat diuraikan melalui contoh teknis multitasking yang dilakukan serta tools yang anda gunakan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Jika anda berhasil menjelaskan secara jelas dan lengkap, bisa jadi anda akan dapat mencuri perhatian pewawancara.

4. Determinasi yang tinggi

Determinasi juga merupakan kualitas skill penyempurna yang dibutuhkan untuk tugas apapun. Determinasi adalah tingkat keterlibatan ataupun kekuatan anda untuk didengar dalam menyempaikan keputusan ataupun komunikasi apapun. Determinasi diperlukan untuk menahan setiap tantangan dan mencapai tujuan untuk sukses.

5. Dedikasi

Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ? Ini Cara Jawabnya

Dedikasi dan Loyalitas adalah aset penting yang harus dimiliki kandidat ketika ingin bergabung di perusahaan. Bila seseorang berdedikasi terhadap pekerjaan, maka karyawan tersebut akan selalu ada untuk perusahaan. Ketika perusahaan telah memilih seorang menjadi karyawannya, maka perusahaan telah menginvestasikan banyak hal untuk karyawan tersebut. Untuk itu penting bagi perusahaan memilih karyawan yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi, agar investasi besar yang diberikan tidak sia-sia. Namun untuk membuktikan bahwa anda tipe karyawan yang berdedikasi bukan hanya dilihat dari kata “dedikasi” yang anda ucapkan.

Pewawancara dapat mengetahui kebenaran tentang sikap dedikasi anda melalui cara dan alasan anda keluar dari perusahaan sebelumnya. Maka dari pastikan bahwa CV ataupun alasan anda mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya, bukan karena dedikasi anda yang tidak baik seperti hanya karena di perusahaan baru ini gaji yang diterima lebih tinggi.

6. Mampu bekerja dibawah tekanan dan deadline

Perusahaan terus berusaha untuk bergerak cepat, sehingga setiap tugas harus diberikan deadline, Dan tentunya akan memiliki tekanan yang tinggi. Ada kasus dimana sebuah proyek menghadapi masa sulit dan perlu diajukan sebelum deadline. Dalam contoh seperti itu, bekerja di bawah tekanan tinggi dan deadline yang ketat akan menjadi sebuah kewajiban. Banyak sekali calon kandidat yang tidak sanggup untuk bekerja di bawah tekanan dan deadline, sehingga jika anda mampu maka bersiaplah menjadi aset yang berharga bagi perusahaan baru anda.

7. Kemampuan memotivasi diri sendiri

Ketika ditanya apa yang dapat anda berikan untuk perusahaan, kemampuan memotivasi diri adalah solusi sempurna bagi perusahaan dan untuk mengesankan pewawancara. Bila anda dapat memotivasi diri sendiri, anda secara otomatis dapat dinilai sebagai type orang yang tidak mudah menyerah. Anda tidak perlu dukungan ataupun support orang lain untuk bersemangat, justru anda yang dapat membuat orang lain dapat bersemangat dalam bekerja. Maka dari itu, ini juga bisa menjadi jawaban yang bagus untuk anda berikan.
Baca juga : 5 Tips Cara Belanja Online Murah di Instagram

 

8. Antusiasme

Antusiasme disini merupakan sifat bersemangat untuk mengerjakan pekerjaan ataupun mengetahui hal-hal baru dalam pekerjaan anda. Bila Anda dipenuhi dengan rasa antusiasme yang tinggi, Anda akan mengembangkan semacam energi di dalam diri Anda untuk selalu berbuat lebih baik. Anda terus-menerus berusaha menuju kesuksesan dan mencoba hal lain dalam pekerjaan anda. Kegembiraan adalah dorongan semangat yang tumbuh ketika antusias anda dalam bekerja sangat tinggi.

9. Kerja keras

Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ? Ini Cara Jawabnya

Tidak harus lagi kami menjelaskan secara detail mengapa anda wajib menggunakan kata ini. Kerja keras merupakan dasar dari segala bentuk kesukesan. Mau itu sukses dalam karir, sukses dalam berwirausaha, sukses dalam keluarga dan sukses lainnya, maka kerja keras merupakan dasar utama untuk menghujudkanya. Anda harus mampu menunjukkan pada saat wawancara jika anda benar-benar tipe pekerja keras.

10. Kemampuan cepat belajar

Walaupun anda memiliki gelar sarjana sesuai dengan profesi yang sedang dilamar, bukan berarti anda akan mudah menjalankan tugas pekerjaan kelak. Ada banyak hal dalam pekerjaan anda yang sama sekali tidak bisa di dapatkan dalam materi kuliah. Semua hal tersebut harus dapat anda pelajari secara cepat.  Kemampuan untuk belajar dan beradaptasi secara cepat, dapat membantu divisi HR untuk melakukan pengembangan sumber daya manasuia. Sehingga pastinya divisi HR akan sangat mempertimbangkan orang-orang yang dapat cepat belajar, sekalipun iya belum memiliki pengalaman.

11. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik

Komunikasi merupakan sebuah interaksi untuk menyampaikan sesuatu pesan kepada orang lain. Bisa jadi anda memiliki ide ataupun gagasan yang begitu brilian, namun gagal tersampaikan hanya karena anda tidak mampu mengkomunikasikannya kepada orang lain. Maka dari itu apapun profesi dan skill anda, tetap kemampuan berkomunikasi harus anda miliki. Ingat, bekerja bukan hanya tentang bagaimana dapat menyelesaikan tugas pekerjaan anda, tetapi bagaimana dapat bekerja tim dengan baik dan itu semua butuh kemampuan komunikasi yang baik.

12. Mampu mengembangkan keterampilan sesuai posisi

Kalimat di atas menjelaskan bahwa anda akan mampu berkembang di posisi yang dipilih dan mengembangkan keterampilan yang lebih dari harapan. Anda dapat menjelaskan bahwa anda mendorong minat untuk mengeksplorasi dan mempersiapkan sesuai dengan fungsi pekerjaan. Karakteristik ini penting untuk dibawa ke dalam sistem.
Baca : FOX FREE SMS, Aplikasi SMS Gratis Di Android

13. Pengalaman, bakat dan layanan profesional

Kenapa fresh graduate memiliki gaji yang lebih sedikit dibandingkan orang yang telah lama bekerja ? Jawabnya tentu saja karena fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja. Sementara itu faktanya, ilmu yang diterapkan dalam bekerja sangat berbeda dari teori-teori yang diajarkan dalam kelas. Ada banyak hal yang tidak bisa kamu dapatkan di kelas, seperti penanganan masalah nonteknis, leadership dll. Maka dari itu pengalaman dan bakat merupakan aset penting yang harus ada saat kandidat dipilih. Pengalaman terbentuk dari rekam jejak selama iya bekerja di tempat terdahulu dan bakat tercipta dari kenyamanan anda melakukan sesuatu.

14. Keterampilan dan soft skill

Keterampilan anda yang belum banyak dimiliki oleh orang lain juga dapat anda jadikan jawaban jika ditanya apa yang dapat anda berikan untuk perusahaan. Contoh keterampilan yang bisa anda handalkan seperti keterampilan pemrograman dari bahasa terbaru, penjualan gadget, penggunaan aplikasi word, keterampilan organisasi, pemrosesan kasus dan banyak lagi yang dapat di tunjukkan. Selain keterampilan, anda bisa “menjual” soft skill anda seperti kemampuan team building, problem solving, handling up, kemampuan negosiasi dan banyak lagi.

15. Sikap positif

Selalu bersikap positif menunjukan jika anda adalah orang yang memiliki rasa percaya diri dan percaya terhadap tim anda kelak. Sikap positif akan memudahkan seseorang untuk saling berkolaborasi dan menemukan solusi disaat terjadi masalah. Menyampaikan sikap percaya diri diperlukan untuk menghasilkan lingkungan kerja yang baik dan menghilangkan rasa beban kerja menjadi sesuatu yang yaman. Sikap percaya diri terhadap pekerjaan akan mengubah semua hal negatif tentang Anda menjadi positif dan membawa Anda dengan cara yang bervariasi.

16. Fleksibilitas

Fleksibilitas bisa menjadi alternatif jawaban anda untuk menjawab pertanyaan di atas oleh pewawancara. Fleksibilitias yang ada, membuat anda mampu bekerja di mana saja. Namun anda juga harus menekankan pada pewawancara jika anda tetap akan mempertahankan kewajiban utama dalam bekerja walaupun dapat fleksible membantu bagian lain.

17. Memberikan ide dan gagasan baru

Ketika Anda ditawari sebuah tugas dalam sebuah perusahaan, Anda harus menyiapkan dalam sesi wawancara bahwa Anda sangat suka memberikan ide-ide baru yang dapat di terapkan oleh perusahaan.  Siapkan sebuah cerita pendek dan informasikan kepada wawancara tentang gagasan yang pernah di berikan kepada perusahaan sebelumnya dan apa perkembangan yang mereka dapatkan karena Anda.
Baca juga : 5 Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Akan Cuti Liburan

18. Sifat pribadi yang dibutuhkan

Anda dapat menganalisa terlebih dahulu posisi yang sedang anda lamar dan sifat pribadi apa yang cocok bagi karyawan di posisi tersbut. Sifat pribadi Anda seperti sifat ramah, kepribadian ekspresif, ketepatan waktu dan banyak hal dapat anda bawa dalam pekerjaan. Karakter unik ini terkadang memainkan peran besar dalam pekerjaan anda, dan tentunya mencuri perhatian pewawancara.

19. Saya adalah pembuat keputusan yang baik

Jika anda dapat mengambil keputusan dengan baik, maka hal itu juga merupakan bagian dari yang dapat anda berikan pada perusahaan. Jelaskan bagaimana proses anda mengambil keputusan, sehingga menghasilkan kepetusun yang tepat. Jangan lupa sertakan contoh pengambilan keputusan yang pernah anda alami dan menghasilkan dampak yang begitu besar.

20. Menganalisis kejadian terkini

Setiap hari zaman akan terus berubah, anda harus memampu menganalisis kondisi terkini yang dapat disesuaikan dengan pekerjaan anda. Contohnya jika anda melamar di bagian humanresource (HR), anda harus mampu menganalisis software HR terbaik apa yang dapat dipakai atau bagaimana menjalankan sistem payroll menggunakan APS Hrd System. Setiap hari perusahaan harus melakukan pembaruan dengan kondisi terkini, agar tidak ketinggalan dengan perusahaan lain.
Baca juga : Software HRD, Payroll dan Penggajian Terbaik 2017

21. Anda memiliki kualitas yang di akui

Bagaimana mengetahui kualitas anda telah diakui ? Salah satu bentuknya adalah sertifikat-sertifikat kompetensi yang anda miliki. Maka dari itu jangan lupa untuk menunjukan sertfikat tersebut agar tercemin bahwa anda telah sesuai standar di dalam skill yang dimiliki. Sorot kualitas Anda dan buat pewawancara mengetahui bahwa anda professional.

22. Kemampuan untuk mudah beradaptasi

Anda dapat memberitahu pewawancara bahwa anda sangat mudah untuk melebur di lingkungan yang baru. Kemampuan anda untuk beradaptasi ini akan mempercepat proses penyesuan diri anda di pekerjaan ataupun perusahaan baru. Ini juga akan memudahkan perusahaan untuk menggerakan anda kemana saja. Cepat terhubung kapan saja, dan siap untuk melakukan kategori pekerjaan apapun pasti akan membuat pewawancara terpukau.

23. Minat anda terhadap perusahaan

Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ? Ini Cara Jawabnya

Tunjukan bahwa anda sangat berminat di perusahaan yang sedang dilamar. Anda bisa bercerita banyak hal tentang apa saja yang sudah anda ketahui dari perusahaan tersebut. Beri cerminan dalam wawancara jika ketika nanti terpilih, maka anda akan fokus mengabdi demi pertumbuhan perusahaan. Anda memilih perusahaan tersebut bukan hanya sekedar karena gaji, namun memang karena anda ingin ikut menjadi bagian perusahaan dan membantu perusahaan maju.

24. Kemampuan Kerja cerdas

Karyawan tipe pekerja keras memang penting, namun karyawan yang dapat bekerja cerdas dapat mengefisienkan segala hal dari perusahaan. Jika karyawan tipe pekerja keras akan sekuat tenaga menyelesaikan tugasnnya, maka karyawan tipe pekerja cerdas akan mencari cara agar tugasnya jauh lebih mudah. Pekerja cerdas cendrung menghasilkan sesuatu yang lebih banyak, lebih cepat dan lebih murah, sehingga pasti ini akan menguntungkan perusahaan. Jika anda memiliki kemampuan ini, maka kami yakin bahwa karir anda akan meningkat dengan cepat.

25. Kemampuan untuk melihat dari banyak sudut pandangan

Pastikan Anda menunjukan kualitas untuk meletakkan diri Anda berada dalam berbagai sudut pandang. Anda harus membawa serta sikap untuk melihat dari berbagai posisi. Ini akan berguna untuk keputusan yang akan diambil. Keputusan tidak dapat dihasilkan hanya dari satu sudut pandang, anda harus mempertimbangkan semua aspek.

26. Keterampilan dan pengalaman berorganisasi

Bahkan sering kali kita lihat pada brosur-brosur lowongan pekerjaan membuat syarat kandidat harus memiliki pengalaman organisasi. Perusahaan sengat menginginkan karyawan yang memiliki pengalaman beroganisasi terutama yang pernah menjabat di bagian inti organisasi. Hal ini karena biasanya dengan berorganisasi otomatis mereka membentuk kemampuan untuk dapat bekerja tim, mengambil keputusan dan kemampuan kepemimpinan.
Baca : Cara Tepat Negosiasi Gaji Saat Wawancara

27. Pengetahuan

Pengetahuan anda saat menangani perusahaan terdahulu juga dapat anda andalkan untuk menjawab pertanyaan di atas. Anda dapat memberi tahu pewawancara jika anda memiliki pengetahuan ataupun pengalaman untuk menangani masalah perusahaan saat ini. Divisi HR membuka lowongan pekerjaan pastinya karena kekurangan sumber daya manusia di perusahaannya, sehingga jika anda dapat menjadi pemberi solusi terhadap masalah perusahaan, maka anda akan lebih berharga dibandingkan karyawan yang sekedar mampu bekerja di posisi yang sama. Pastikan anda saat ini memiliki pengetahuan dan pengalaman minimal satu tingkat di atas yang lainnya.

28. Mampu memberikan nilai tambah

Jika anda di tanya apa yang dapat diberikan untuk perusahaan, maka menjawab dengan kalimat “mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan” bukanlah hal yang buruk. Nilai tambah disini adalah nilai yang bisa anda berikan di luar pekerjaan yang diterima. Contohnya Anda bisa menjelaskan jika anda memiliki kredibilitas nama baik di masayrakat sebagai aktivis sosial, sehingga jika merekrut anda menjadi karyawan dapat berdampak kepada nama baik perusahaan dimata masyarakat.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dengan adanya artikel ini anda dapat menjawab salah stau pertanyaan penting dalam wawancara kerja. Kami menunggu kisa sukses wawancara anda dikolom komentar.

 

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

 

Sumber : Wisestep


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>