8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor
- Profesi

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor

Saat anda masuk kedalam dunia kerja, anda akan banyak menemui bermacam-macam perilaku karyawan atau teman sekantor. Anda akan menemui yang baik hati yang suka menolong dan rajin, ada juga yang pemalas, tukang bohong, bahkan orang yang selalu berpikiran negatif.

Seringkali perilaku atau kebiasaan buruk tersebut yang anda temui dilingkungan kerja dapat menghambat pekerjaan anda dan orang lain. Sebagai karyawan tentunya anda ingin berada pada lingkungan kerja yang positif dan nyaman agar pekerjaan anda lancar.

Mari kita bahas kebiasaan buruk teman sekantor yang akan menghambat pekerjaan anda.

Sering Datang Telat

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Sering Datang Telat

img:pexels/@marius-mann

 

Ini masalah klasik yang semua orang pasti pernah alami. Sebaik anda segera mengubah kebiasan ini, karena ini akan mengakibatkan terhambatnya tugas pada tim anda. Misalnya anda ada janji meeting di jam awal masuk kerja, tetapi anda telat, secara tidak langsung bahwa kamu telah membuang-buang tenaga dan waktu rekan kerja anda.

Berikan alasan yang jujur jika anda harus datang telat kepada tim anda, agar mereka dapat melakukan tindakan antisipasi saat hal ini terjadi.

Berpura-pura Sakit

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Berpura-pura Sakit

img:pexels/@pixabay

 

Berpura-pura sakit merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh karyawan agar tidak masuk kantor. Padahal, karyawan tersebut hanya bermalas-malasan saja di rumah. Saat anda bekerja dalam satu tim, kebiasan buruk ini akan mengganggu rekan kerja anda yang lain.

Jika anda sering melakukan kebiasaan buruk ini, sulit untuk anda dapat naik jabatan (promosi), lebih parah lagi potensi akan dipecat akan anda hadapi.

Baca Juga:

Makan Makanan Yang Berbau Menyengat

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Makan Makanan Yang Berbau Menyengat

img:thejakartapost.com

 

Jika anda memiliki ruangan tersendiri di kantor, hal ini sebenarnya tidak bermasalah. Tetapi jika anda berada dalam sebuah ruangan kerja bersama rekan-rekan yang lainnya, lebih baik anda hindari kebiasan buruk ini.

Tidak semua orang menyukai makanan berbau menyengat, misalnya terasi, ikan asin, durian. Aroma menyengat ini akan menggangu konsentrasi meraka. Anda bisa memakan makanan tersebut di kantor atau kantin agar tidak mengganggu rekan kerja yang lain.

Mengganggu Konsentrasi Disaat Meeting

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Mengganggu Konsentrasi Disaat Meeting

img:pexels/@divinetechygirl

 

Meeting adalah momen penting dan sakral untuk mendiskusikan, menyampaikan, serta memutuskan hal-hal yang penting untuk kemajuan perusahaan. Jadi, bisa anda bayangkan jika ada rekan kerja anda yang bertingkah menjengkelkan saat meeting berlangsung.

Tingkah buruk yang bisa mengganggu meeting seperti, ngobrol sendiri, sibuk dengan smartphone, dan banyak lagi. Risiko akan diusir akan bisa anda alami jika anda terus bertingkah aneh saat meeting berlangsung.

Terlalu Berisik

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Terlalu Berisik

img:pexels/@pixabay

 

Berisik adalah satu hal yang pasti akan mengganggu konsentrasi rekan kerja lainnya. Misalnya menyetel musik dengan speaker keras disaat jam-jam sibuk, atau juga bertelepon dengan suara lantang.

Anda bisa menikmati musik sendiri menggunakan headphone. Jika anda berteleponan, anda bisa keluar ruangan atau kantor untuk menghindari kebisingan.

Berpikiran Negatif

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Berpikiran Negatif

img:pexels/@energepic-com-27411

 

Sebagai satu tim yang memiliki visi yang sama, sikap untuk saling menguatkan dan positif harus anda tunjukan pada tim anda. Jika anda terus-terusan berpikiran negatif itu akan mengganggu tim anda dan akan mengakibatkan goal yang sudah ditentukan tidak dapat diraih.

Sikap pesimistik tidak akan membuat perusahaan lebih baik. 62% atasan tidak akan menaikkan jabatan seorang karyawan yang selalu berpikiran negatif dan bersikap pesimis.

Jorok

8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Jorok

img:pexels/@public-domain-pictures

 

Berperilaku jorok dan kotor di kantor adalah salah satu yang paling tidak bisa ditolerir dalam lingkungan kerja. Ada banyak orang yang beraktivitas di kantor anda tempat bekerja. Anda harus bisa menjaga kebersihan kantor dan diri anda saat beraktivitas dikantor.

Kebiasaan buruk ini seperti, meninggakan piring kotor sembarangan tempat, meninggalkan toilet dalam keadaan kotor, membuang puntung rokok sembarang, dan banyak lagi.

Ngebahas Politik

8 Perilaku Buruk yang Nyusahin Teman Sekantor - Ngebahas Politik

img:pexels/@wildlittlethingsphoto

 

Walaupun bukan hal yang buruk, sebaiknya jangan ngebahas politik di lingkungan kerja. Hal ini biasanya akan menimbulkan perdebatan yang bisa berakhir pada konflik. Tentunya akan membuat kinerja tim anda memburuk.

Inilah kebiasan buruk yang bisa membuat kinerja anda tidak bagus, sebaiknya anda untuk hindari. Dan jika anda pimpinan di perusahaan, anda bisa membuat program untuk mengembangkan budaya kerja yang positif dan nyaman untuk semua karyawan anda.

sumber:moneysmart.id

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.