8 Hal Yang Harus Dihindari Saat Hari Pertama Bekerja
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Seorang yang baru saja lulus dari bangku pendidikan atau biasa disebut dengan fresh graduate akan mendapatkan tantangan baru ketika mulai memasuki dunia kerja, terutama pada saat mendapatkan pekerjaan pertamanya. Kesalahaan pada pekerjaan pertama tentu harus sangat dihindarkan bagi para pekerja fresh graduate.

Meski sudah mempunyai banyak ilmu dan keterampilan yang didapat selama masa pendidikan, tetap saja masih banyak yang melakukan kesalahan pada pekerjaan pertama. Hal ini tidak lain karena kurangnya pengalaman di dunia kerja sehingga membuat seorang fresh gruaduate sering melakukan kesalahan-kesalan tertentu. Tentu saja dunia pekerjaan dan dunia pendidikan merupakan hal yang berbeda.

Untuk itu kami membuat ulasan tentang 8 hal yang harus anda hindari pada pekerjaan pertama. Mari kita simak sama-sama.

Telat datang

Sehari sebelum anda masuk kerja di perusahaan baru, cobalah untuk mempersiapkan semuanya dengan matang. Pastikan segala perlengkapan sudah dipersiapkan agar tidak tertinggal saat pergi bekerja. Hidupkan jam alarm agar dapat bangun lebih pagi dan tidak telat.

Pada hari pertama bekerja usahakan untuk datang kekantor 15 menit sampai 30 menit lebih awal dari jam masuk kantor. Hal ini berguna agar anda dapat melihat keadaan sekeliling kantor baru tempat anda bekerja. Tentu tidak menyenangkan jika pada hari pertama anda bekerja sudah terlambat datang lalu kemudian anda ditegur oleh atasan. Tentu saja hal itu akan membuat kesan yang buruk dan membuat anda tidak betah dikantor.

Terkadang bisa jadi yang membuat anda telat absensi bukan karena telat datang, ada kalahnya karena persoalan teknis seperti penggunan mesin dan aplikasi absensi. Untuk itu anda harus mampu memahami penggunaan aplikasi absensi yang biasa digunakan perusahaan, salah satunya adalah Aplikasi Mobile Boss Pintar.

Tidak memakai pakaian yang rapi

Pakaian merupakan cerminan diri anda, jika anda menggunakan pakaian yang tidak sesuai atau tidak layak untuk dikenakan tentu akan membuat orang lain berfikir negatif terhadap diri anda. Pakailah pakaian yang layak untuk digunakan pada saat pertama kali datang bekerja di kantor. Usahakan untuk menggunakan pakaian formal seperti kemeja pada saat pertama kali kerja. Hindari menggunakan pakaian tidak formal seperti ingin pergi ke pusat perbelanjaan.

Mungkin saja pada pekerjaan sebelumnya anda diperbolehkan menggunakan pakaian kasual sebagai pakaian untuk bekerja, seperti celana jeans dan kaos. Tetapi tentu pada hari pertama bekerja di perusahaan baru, anda harus menggunakan pakaian yang cocok seperti pada pegawai kantor kebanyakan.

Baca juga : BOSS PINTAR, Aplikasi Absensi Online Terbaik

Tidak mendengarkan arahan

Pada hari pertama kerja biasanya anda akan diberikan arahan seputar kebiasaan yang harus dilakukan di kantor maupun apa saja tugas yang akan anda lakukan selama dikantor. Pastikan anda memperhatikan dan mendengar arahan yang diberikan oleh atasan anda. Jika tidak, tentu akan menjadi masalah karena anda tidak mengetahui kewajiban anda pada saat di kantor karena tidak mendengarkan arahan yang diberikan oleh pimpinan.

Takut untuk berbicara

Pada saat hari pertama kerja biasanya mereka yang belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate akan cenderung lebih banyak diam dan bertindak pasif karena belum terbiasa dengan lingkungan kantor dan orang-orang baru. Tentu saja hal ini tidak boleh terjadi. Cobalah untuk menampilkan kepercayaan diri dan sifat yang baik serta ramah kepada setiap rekan kerja yang baru anda kenal. Dengan melakukan hal tersebut pastinya akan membuat kesan yang baik di dalam tempat kerja. Orang yang mudah berkomunikasi dengan orang lain biasanya akan lebih banyak mendapatkan teman di lingkungan baru ketimbang orang yang pendiam.

Baca juga : Jenis-Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui

Terlalu banyak menggosip

Jika sebelumnya dianjurkan untuk ramah dan melakukan komunikasi dengan sesama rekan kerja maka kali ini merupakan kebalikannya. Perusahaan tempat anda bekerja membayar anda untuk mengerjakan pekerjaan yang mereka perintahkan bukan untuk bergosip dengan sesama rekan kerja. Hindari bergosip karena anda akan dipandang buruk oleh atasan maupun sesama rekan kerja. Meskipun mungkin anda memiliki teman baru yang cocok dan langsung akrab, usahakan untuk tidak melakukan hal yang buruk dengan sesama rekan kerja. Anda dapat mengobrol atau bergosip pada saat jam istirahat makan siang.

Ceroboh

Bekerjalah dengan baik, lakukan segala pekerjaan yang diperintahkan dengan detail dan selalu teliti. Hal ini berlaku untuk segala jenis pekerjaan yang anda terima. Di hari pertama bekerja tentu anda akan mengerjakan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab secara keseluruhan.

Perusahaan akan menilai kenerja anda seperti apa, apakah tidak teliti dan ceroboh atau sebaliknya. Penilaian dari kenerja anda biasanya terjadi dari bulan pertama bekerja sampai bulan ketiga. Pada masa tersebut biasanya pihak perusahaan atau pimpinan akan menilai dari kedisiplinan, kerapihan serta keseriusan dalam bekerja. Jika berhasil lolos dari penilaian tersebut dan mendapatkan kesan yang baik dari atasan, mungkin saja anda akan mendapatkan perpanjangan kontrak atau mungkin diangkat menjadi seorang karyawan.

Semuanya tergantung dari pihak perusahaan. Karenanya sebaiknya pada hari pertama kerja cobalah untuk tidak melakukan hal ceroboh dalam mengerjakan tugas yang telah diperintahkan.

Baca juga : Keuntungan Menjadi Seorang Pekerja Lapangan

Tidak mau memperbaiki kesalahan

Mungkin akan ada banyak kesalahan yang dilakukan di hari pertama bekerja. Seperti kesalahan tentang pekerjaan yang dikerjakan atau kesalahan yang lain. Kesalahan yang dilakukan pada hari pertama bekerja adalah kesalahan yang wajar karena anda baru saja memulai beradaptasi dengan lingkungan baru beserta orang-orang baru yang belum pernah anda temui sebelumnya. Tetapi jangan sampai kesalahan yang sudah diperbuat tidak diperbaiki, apalagi kesalahan tersebut terjadi berulang-ulang bukan hanya pada hari pertama bekerja. Belajarlah untuk memperbaiki kesalahan tersebut pelan-pelan agar anda dapat di cap baik oleh atasan.

Menutup diri dari rekan kerja

Melakukan komunikasi dengan rekan kerja adalah hal yang wajib dilakukan pada hari pertama kerja. Dengan cara ini anda dapat mengenal lebih dekat rekan kerja anda. Ketika hubungan tersebut sudah terjalin, rasa canggung dan malu-malup pun akan menjadi hilang dan berubah menjadi keakraban. Oleh karena itu usahakan untuk melakukan komunikasi dengan teman sekantor pada hari pertama bekerja. Anda bisa melakukannya dengan menyapa mereka terlebih dahulu karena anda adalah orang baru di dalam kantor tersebut.

Saat mendapatkan pekerjaan yang susah dan berat dari kantor, anda tetap bisa enjoy dan nyaman dengan kondisi tersebut karena lingkungan kantor yang mendukung. Hal ini disebabkan karena anda dikelilingi dengan rekan kerja yang sudah mengenal anda dengan baik, oleh karena itu cobalah untuk menyapa dan berkenalan dengan rekan sesama kantor agar anda dapat lebih nyaman saat bekerja.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.