7 Jenis Pekerjaan Yang Paling Sering Dicari Tahun 2019
- Profesi

7 Jenis Pekerjaan Yang Paling Sering Dicari Tahun 2019

7 jenis pekerjaan yang paling sering dicari tahun 2019 bisa menjadi referensi anda untuk mencari tahu jenis pekerjaan yang paling sesuai dengan keterampilan anda dana apa yang perlu anda tambah atau perbarui untuk perkembangan karir anda. Cara ini juga sangat bermanfaat agar anda dapat menggunakan waktu secara optimal dan efisien untuk mengembangkan dan meperbarui skill untuk kesempatan yang kerja yang lebih luas.

Namun, seringkali saat mengetahui apa saja yang lagi banyak dicari dan kemampuan apa yang lagi dibutuhkan, tidaklah cukup. Anda harus mengetahui cara yang efektif untuk mendapatkan pekerjaan.

7 Jenis Pekerjaan Yang Paling Sering Dicari Tahun 2019

Berdasarkan tren pencarian dari google pada tahun sebelumnya, lowongan pekerjaan yang perusahaan paling banyak buka pada tahun 2019 ini, adalah sebagai berikut:

Data Scientist

Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling tren di dunia startup, karena seorang data science merupakan unsur penting dari keberlangsungan perusahaan, karena dari sinilah perusahaan mengumpulkan, mengelola, dan mempelajari perilaku konsumen. Data yang didapat kemudian bisa menjadi benchmark bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk, membangun model skema prediksi perilaku konsumen, dan menguji coba perubahan pada produk.

Jika anda tertarik dengan pekerjaan ini, kemampuan dasar yang harus anda kuasai adalah ilmu statistik. Anda juga harus menguasi kemampuan coding pemrograman agar bisa menyajikan data mentah yang rumit kedalam grafik yang mudah difahami.

Data Analyst

Yang selanjutnya pekerjaan yang banyak dicari oleh para pencari kerja adalah data analyst. Sama seperti data scientist diatas, Anda harus mampu berinteraksi dengan data yang dimiliki oleh perusahaan. Bedanya, data analyst bekerja dalam lingkup operasi bisnis untuk menghasilkan laporan yang menggambarkan kinerja dan kondisi perusahaan secara keseluruhan.

Jika anda adalah orang yang tertarik dan memiliki skill yang mumpuni dalam bidang data analyst, mungkin anda akan mudah diterima oleh perusahaan yang membutuhkan seorang data analyst. Anda perlu menguasi bahasa pemrograman, software pengelola data, matematika serta kemampuan menganalisa dan juga penyajian data.

Baca Juga:

Product manager

Product manager merupakan seorang yang bekerja untuk merancang produk berdasarkan issue dan problem yang dihadapi user atau konsumen. Merekalah yang bertanggung jawab dalam mengawasi flow produksi, mulai dari tahap awal produksi hingga produk yang bisa diterima oleh konsumen.

Skill yang harus anda miliki tentunya kemampuan kepemimpinan, dapat melihat dari sudut pandang konsumen, dan skill menganalisa kebutuhan konsumen. Dan anda juga harus menguasai kemampuan coding dan juga piawai dalam mempresentasikan hasil kerjanya.

Software Engineer

Selain data scientist, software engineer adalah pekerjaan yang memiliki gaji yang cukup besar, karena merekalah yang berkewajiban dalam merancang, mengembangkan, dan mengatasi permasalahan pada system atau software yang dikembangkan. Semua perangkat teknologi digital yang anda pakai saat ini adalah hasil buah tangan dari seorang software engineer.

Seorang software engineer harus menguasi kemampuan bahasa pemrograman, coding, software testing, dan software debugging. Seorang software engineer harus dapat mengembangkan inovasi baru untuk mempermudah kehidupan.

Marketing & Communication

Marketing adalah bagian yang menjadi penghubung antara perusahaan dengan banyak orang. Menyampaikan pesan yang tepat dari perusahaan ke konsumen yang telah ditargetkan merupakan tugas utama seorang marketer, tujuannya untuk membuat konsumen bertindak sesuai dengan harapan dan keinginan produsen.

Selain itu, marketing juga harus bisa meningkatkan reputasi perusahaan. Skill yang harus anda kuasi jika anda tertarik bekerja sebagai marketer adalah mampu menulis copy yang menarik, berbicara di muka umum, menguasai komunikasi visual dan non-verbal.

Operational

Seorang supervisor memiliki role penting bagi perusahaan dalam menjaga keberlangsungan operasional dan logistik sebuah perusahaan. Tugasnya adalah mengawasi alur jalannya logistik, mampu memahami quality control, serta menemukan solusi yang efektif dalam merancang proses logistik.

Ketelitian yang tinggi harus anda kuasai, karena anda harus bisa merancang jadwal dan memastikan agar semua yang terlibat berjalan lancar. Selain itu anda harus memiliki sikap disiplin, dan dapat mencontohkannya.

Product Owner

Produk owner bekerja untuk mengembangkan produk, jadi seorang produk owner harus berinovasi sehingga jenis produk yang dipasarkan memiliki fitur yang berguna dan efektif. Tugas lainnya adalah melakukan survei dengan klien, berinteraksi dengan pengembang, dan mengatur kebutuhan prioritas dalam developing produk. Skill teknis dan bisnis harus anda kuasa untuk bisa bekerja menjadi product owner.

Kesimpulan “7 Jenis Pekerjaan Yang Paling Sering Dicari Tahun 2019”

Jika anda merasa anda telah menguasai disiplin ilmu yang seperti kami bahas diatas, ini merupakan peluang bagi anda untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok. Pada revolusi industry 4.0 ini sebuah perusahaan harus bisa mengadaptasi sistem digitalisasi di perusahaannya. Seperti penggunaan Aplikasi Absen Online, dengan menggunakan aplikasi absensi online Bosspintar anda dapat melacak keberadaan karyawan yang sedang ditugaskan keluar kantor untuk urusan kerja, dengan sistem tracking berbasi GPS anda bisa melacak karyawan dengan mudah dan murah. Gunakan Bosspintar gratis, download di playstore sekarang juga.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.