6 Kegiatan Bermanfaat Saat Jam Makan Siang di Bulan Ramadhan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika biasanya saat jam istirahat kerja dikantor dimanfaatkan untuk segara kekantin dan menyantap makan siang yang sudah disiapkan dari rumah atau membeli makanan diluar lalu dimakan saat istirahat jam kerja. Kebiasaan tersebut tentu selalu dilakukan oleh setiap karyawan saat jam istirahat kerja dikantor. Namun, saat bulan Ramadhan datang, kebiasaan tersebut tidak lagi bisa dilakukan mengingat kewajiban untuk berpuasa selama satu harian. Tentu saja jam istirahat yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi tenaga dengan makan tidak dapat dilakukan.

Baca juga: 5 Tips Jitu Menahan Emosi Dikantor Saat Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan, jam istirahat kerja dapat anda manfaatkan untuk mengerjakan hal lain yang bermanfaat dan dapat membuat ibadah puasa menjadi lebih bermakna dan dapat meningkatkan semangat dalam menjalankan puasa. Lalu apa saja kegiatan bermanfaat yang dapat anda lakukan saat jam makan siang dibulan ramadhan? Berikut 6 kegiatan bermanfaat yang dapat anda lakukan dibulan ramadhan.

Melakukan olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti anda harus duduk diam dan tidak melakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh anda tetap bugar. Saat jam makan siang dikantor, anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan olahraga ringan yang tidak terlalu melelahkan. Dengan melakukan olahraga ringan tubuh anda akan kembali segar dan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin saja bisa datang karena tidak rajin berolahraga.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Stres Di Tempat Kerja Saat Ramadhan

Saat berolahraga dijam makan siang, anda tidak perlu melakukan gerakan yang terlalu berat seperti push up, anda cukup jalan ringan sembari meregangkan otot-otot yang lelah karena terlalu lama duduk menghadapi komputer. Jangan lupa juga untuk melakukan refreshing dengan melihat pemandangan yang menyegarkan agar tubuh anda kembali bugar.

Melakukan meditasi

Tekanan tinggi yang ada dikantor dapat membuat tingkat stres menjadi tinggi, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan meditasi ringan saat jam makan siang di bulan ramadhan. Anda dapat melakukan meditasi dengan menenangkan diri, mencari posisi atau zona nyaman, mendengarkan musik yang memiliki irama santai lalu tarik nafas pelan-pelan agar dapat lebih rileks.

Berbincang dengan rekan kerja

Sangat penting untuk merekatkan hubungan dengan rekan kerja yang ada dikantor. Dengan menjalin komunikasi yang baik kepada rekan kerja, anda dapat lebih mendalami bagaimana budaya kantor, mengetahui hal yang tidak anda ketahui mengenai pekerjaan atau tugas dan hal yang bermanfaat lainnya. Jam makan siang dapat anda manfaatkan untuk menjalain komunikasi dengan rekan kerja dikantor. Saat berbincang dengan rekan kerja, rasa lapar dan haus yang ada didalam tubuh akibat berpuasa tidak akan terasa karena teralihkan dengan perbincangan menarik yang terjadi dengan rekan kerja. Untuk itu anda dapat memanfaatkan waktu jam makan siang untuk mengobrol dengan rekan kerja.

Baca juga: Di Pecat Saat Sebelum Hari Raya Apakah Karyawan Tidak Mendapat THR?

Menghubungi keluarga

Keluarga adalah hal utama yang ada didalam kehidupan setiap orang, tentu saja dengan berkomunikasi bersama keluarga dapat meningkatkan semangat anda dalam bekerja. Disaat jam makan siang, anda dapat menghubungi keluarga anda untuk sekedar berbincang menanyakan hal-hal sederhana untuk membangkitkan semangat anda saat bekerja. Motivasi yang diberikan oleh keluarga akan membuat tugas berat yang diberikan atasan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat

Tidur siang

Dibulan ramadhan, bukan hanya pola makan saja yang berubah tetapi pola tidur juga ikut berubah. Jika biasanya anda tidur pada pukul 22.00 hingga 06.00, maka pada bulan ramadhan pola tidur seperti itu berubah karena anda harus melakukan sahur agar puasa anda dapat berjalan dengan lancar. Tentu saja hal tersebut dapat mempengaruhi anda dan membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk karena kurang tidur. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat memanfaatkan waktu jam makan siang untuk tidur selama 15-60 meni. Dengan begitu tubuh anda akan kembali segar dan semangat kerja pun akan terpacu.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Pola Tidur Agar Tetap Baik Di Bulan Ramadhan

Membaca berita

Sebagai seorang karyawan sering sekali anda ketinggalan berita karena harus melakukan pekerjaan satu harian dikantor. Ditambah lagi saat bulan ramadhan, anda tidak akan punya waktu untuk sekedar melihat berita di televisi dan mengupdate informasi terbaru karena sepulang kerja melakukan ibadah terawih dan selesai tarawih langsung beristirahat tidur. Untuk itu anda dapat memanfaatkan waktu luang saat jam makan siang dikantor untuk mengupdate informasi terbaru melalui perangkat smartphone anda atau televisi yang disediakan dikantor. Dengan begitu anda tidak akan ketinggalan informasi terbaru yang terjadi selama satu harian.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>