Jenuh Saat Bekerja? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menjalani hari yang panjang dengan kemacetan lalu lintas dan deadline pekerjaan yang harus selesai dengan cepat tentu akan membuat hari anda terasa sangat melelahkan. Ditambah lagi ketika berpuasa selama bulan ramadhan tentu akan menurunkan tingkat produktivitas karena dehadrasi dan lapar. Tidak hanya itu, kreativitas yang biasanya muncul pun akan sulit untuk muncul karena tubuh yang lemas sehingga tidak dapat dipaksakan untuk berpikir. Namun hal ini tentu saja bukan berarti bekerja saat bulan ramadhan merupakan siksaan. Anda hanya perlu mencari cara tertentu agar tetap bersemangat ditempat kerja pada bulan ramadhan. Dilansir dari situs detik.com, berikut adalah 6 cara sederhanya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan semangat kerja dibulan ramadhan.

Bernafas dalam-dalam

Bernafas dalam-dalam dapat digunakan sebagai penenang dan memberikan energi ketika berpuasa. Saat perut anda merasa lapar namun anda harus menyelesaikan beberapa pekerjaan yang diberikan, menarik nafas dalam-dalam dapat memompa darah anda sehingga meningkatkan energi yang ada pada diri anda. Semakin dalam anda bernafas, semakin banyak oksigen yang akan masuk kedalam sel tubuh dan dapat membantu untuk menjalankan fungsi tubuh secara optimal.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Lengkap Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2018

Melakukan peregangan tubuh

Menurut para ahli kesehatan, melakukan peregangan tubuh dapat mengaktifkan cadangan energi yang ada didalam tubuh, selain itu darah yang ada didalam tubuh anda juga menjadi terpompa dan mengalir ke seluruh tubuh dengan cepat. Dengan begitu tentu akan meningkatkan energi yang ada pada diri anda. Salah satu contoh peregangan tubuh yang dapat anda lakukan dengan mudah adalah dengan meletakkan tangan kanan ke tepi lengan kiri dan lengan belakang. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri anda di sisi yang lain. Anda dapat melakukan peregangan tubuh ditengah-tengah pekerjaan anda yang berat.

Tidur siang

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh Arabianbusiness, tidur siang selama 10 hingga 20 menit dapat meningkatkan produktivitas kerja dan bahkan akan membantu anda menjadi lebih fokus untuk bekerja. Tentu tidak ada salahnya untuk tidur siang sebentar saat bekerja dibulan puasa. Anda dapat mengistirahatkan diri anda dengan tidur siang saat istirahat kerja berlangsung. Tentu saja setelah anda tidur siang, tubuh anda akan kembali segar meskipun hanya tidur selama 10 menit hingga 20 menit saja.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

Tertawa

Berbagai penelitian membuktikan jika tertawa dapat membuat stres yang ada pada diri anda menjadi berkurang. Selain itu dapat meningkatkan mood pada diri anda dan meningkatkan energi dalam diri. Saat bekerja di bulan puasa, bukan berarti anda harus diam dan tidak bersemangat karena dehidrasi, anda dapat mengambil waktu selama 10 menit untuk melihat video lucu yang ada dismartphone anda atau membaca meme yang ada di internet.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan semangat kerja dibulan ramadhan. Dengan mendengarkan musik yang bernada semangat tentu akan berdampak pada diri anda untuk dapat bekerja dengan lebih semangat. Tentu tidak ada salahnya mendengarkan musik saat sedang bekerja.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menerima Kenaikan Jabatan

Berinteraksi dengan rekan kerja

Selain 5 cara diatas, cara satu ini merupakan solusi yang sangat efektif untuk meningkatkan semangat bekerja anda saat bulan ramadhan. Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh beberapa penelitian jika orang-orang yang secara aktif bersosial dan berhubungan baik dengan rekan kerja maupun temannya akan jauh lebih produktif daripada mereka yang tidak. Tentu saja, dengan berinteraksi dengan rekan kerja akan membuat semangat kerja anda menjadi meningkat. Anda akan melupakan haus dan lapar yang anda rasakan selama berpuasa karena teralihkan dengan obrolan bersama teman. Untuk itu, jangan lupa tetap berinteraksi saat bekerja dibulan ramadhan.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.