Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tidak setiap pekerja mendapat upah yang cukup layak terlebih bagi mereka yang masih bekerja sebagai buruh di kota-kota kecil di Indonesia. Tentunya saja akan merepotkan jika memiliki gaji bulanan yang kecil. Anda tidak hanya akan kehilangan kesempatan untuk bisa menabung demi masa depan yang lebih baik, tetapi juga akan kesulitan mempertahankan uang untuk melanjutkan hidup hingga bulan depan. Kebutuhan hidup tiap bulannya sebenarnnya sangatlah besar terlebih jika harus menanggung hal lain seperti biaya kontrakan, uang kuliah, atau mungkin biaya rumah tangga sehingga kesempatan untuk bisa menabung sangatlah kecil. Tetapi sebenarnya ukuran gaji merupakan hal yang relatif karena sebesar apapun gaji yang didapat tetap tidak akan cukup jika orang tersebut memang memiliki sifat boros dan senang menghambur-hamburkan uang. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatur gaji bulanan agar tidak habis sia-sia begitu saja? Berikut adalah 5 tips mengatur gaji bulanan yang dapat anda terapkan didalam kehidupan.

Baca juga: Cara Manajemen Keuangan Saat Bulan Ramadhan

Catat anggaran pengeluaran perbulan

Jika sebelumnya anda tidak terlalu memperhatikan atau bahkan tidak peduli kemana saja uang gaji yang anda miliki pergi, maka sudah saatnya anda untuk mencatat anggaran pengeluaran perbulan. Dengan begitu anda akan mengetahui pengeluaran yang anda lakukan selama sebulan, kemana uang yang anda miliki anda habiskan dan tentunya anda dapat lebih menghemat pengeluaran yang biasanya anda lakukan.

Cobalah untuk mencatat anggaran pengeluaran pengeluaran selama satu bulan secara mendetail. Pisahkan catatan tersebut kedalam tiga kelompok yaitu kelompok premier, sekunder dan tersier. Anda dapat memasukkan pengeluaran yang benar-benar penting kedalam kelompok premier, pengeluaran yang sehari-hari kedalam sekunder, lalu untuk pengeluaran mendadak maupun pengeluaran yang tidak penting anda masukkan kedalam kelompok tersier. Dengan memasukkan pengeluaran yang tidak penting kedalam satu kelompok, anda dapat mengurangi pengeluaran tidak penting tersebut.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar

Membatasi pengeluaran

Agar dapat tetap memiliki uang saat akhir bulan, sangat penting untuk selalu menerapkan gaya hidup yang hemat. Bukan hanya sekedar memotong uang belanja dan tidak bisa lagi nongkrong bersama dengan sahabat atau rekan kerja, namun mengaturnya agar pengeluaran dapat sesuai dengan anggaran.

Melakukan penghematan bukan berarti tidak dapat melakukan segalahal seperti biasanya. Anda hanya perlu lebih bijak membelanjakan uang yang dimiliki, mengetahui mana yang harus dibeli dan mana yang bukan. Dengan begitu anda tidak akan merasa tersiksa karena harus berhemat.

Simpan uang anda

Meskipun gaji yang anda miliki tergolong sedikit, bukan berarti anda tidak menabung hasil jerih payah bekerja selama satu bulan. Menabung merupakan salah satu langkah awal untuk menyelamatkan kondisi keuangan yang tidak stabil. Sesaat setelah menerima gaji, cobalah untuk langsung menabung uang yang baru saja anda terima. Pastikan uang yang anda tabung tidak mengganggu kebutuhan utama anda.

Dan perlu diingat, saat menabung uang, pastikan anda tidak akan menggunakan uang tabungan tersebut kecuali karena keperluan yang sangat mendesak. Ada baiknya saat menabung uang, anda menggunakan rekening yang berbeda dari rekening utama yang biasa anda gunakan agar tidak tercampur dengan uang yang digunakan sehari-hari.

Baca juga: 4 Cara Membangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

Cari usaha sampingan

Untuk mengatasi kekurangan uang karena gaji yang tidak mencukupi, anda dapat mencari usaha sampingan yang dapat dilakukan sembari mengerjakan pekerjaan utama. Ada banyak pekerjaan sampingan yang dapat anda lakukan sebagai sumber tambahan keuangan contohnya seperti yang ada didalam artikel 10 Peluang Usaha Sampingan Dibulan Ramadhan Wajib Anda Coba!

Anda dapat mencari usaha sampingan sesuai dengan minat dan kemampuan yang anda miliki agar dapat berjalan dengan maksimal. Pastikan juga usaha sampingan yang anda buat tidak mengganggu pekerjaan utama anda.

Jangan berhutang

Salah satu penyebab habisnya uang anda saat memasuki akhir bulan adalah karena banyaknya hutang yang harus anda bayarkan. Kekurangan uang membuat anda harus berhutang, entah dengan rekan kerja atau mungkin dengan sanak keluarga. Tentu saja hutang dapat memulihkan kondisi keuangan anda dengan cepat, tetapi anda juga harus mengganti hutang tersebut dikemudian hari, belum lagi jika hutang tersebut dikenakan bunga. Hal inilah yang akan membuat anda terus terjerat dengan hutang karena selalu kekurangan uang untuk terus melanjutkan kehidupan. Untuk itu jangan berhutang kecuali anda benar-benar membutuhkan uang untuk keperluan sesuatu.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.