Saat ini layanan jalur pelanggan sudah cukup banyak tersedia. Sosial media, email dan berbagai jenis aplikasi yang dapat dimanfaatkan. Telepon juga masih menjadi channel utama untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.
Untuk menjadi telemarketing handal ada beberapa skill penting yang harus kamu kuasai, diantaranya:
Gunakan Nada Positif
Perhatikan nada bicara anda, jangan terlalu cepat sehingga lawan bicara anda sulit menangkap maksud anda. Hindari penggunaan nada tinggi karena pelanggan akan berasumsi bahwa anda sedang marah-marah. Atur kecepatan bicara anda, usahakan berbicara senatural mungkin, tetapi tepat antusias.
Sampaikan Dengan Jelas
Saat anda sedang berbicara ditelepon, sampaikan maksud dan tujuan anda dengan jelas. Gunakan perkataan yang mudah dimengerti pelanggan anda. Sebisa mungkin hindari bahasa gaul. Gunakan bahasa yang formal.
Baca Juga:
- Cara Menemukan Kandidat CEO Untuk Memimpin Perusahaan
- Dampak Buruk Perusahaan Gagal Mengelola Laporan Keuangan
- 6 Tips Mengembangkan Produk Baru
- Pertimbangkan 9 Hal Ini Saat Ingin Mengundurkan Diri
- Outsourcing Untuk Bisnis Anda
Tulus
Mulailah dengan salam, hindari berbicara dengan nada seperti sedang membaca. Biasakan menyebut nama perusahaan, nama anda, serta tawarkan bantuan seletah telepon terhubung.
Panggil Pelanggan Dengan Namanya
Gunakan nama mereka untuk memanggilnya, hindari memanggil dengan panggilan anda. Personalisasikan diri mereka dengan tepat untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Jangan ragu untuk meminta mengejakan nama mereka. Sentuhan semacam personal seperti ini sangat berarti bagi pelanggan.
Tutup Dengan Cara Yang Baik
Sebelum menutup telepon, pastikan pelanggan anda memahami keseluruhan dari pembicaraan tersebut. Jangan lupa bertanya “ada lagi yang bisa saya bantu?” sampai pelanggan benar-benar tidak memiliki pertanyaan yang ingin disampaikan lagi.
Dengan skill diatas anda dapat meningkatkan kemampuan telemarketing atau pelayanan yang semakin baik.