5 Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Akan Cuti Liburan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cuti merupakan hak bagi setiap karyawan selain mendapatkan gaji yang harus di berikan oleh perusahaan. Cuti merupakan waktu yang sangat di nanti-nanti oleh sebagian besar karyawan. Karena waktu cuti dapat di gunakan oleh karyawan untuk berlibur dan melakukan hal-hal lainnya di luar pekerjaan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan penat pekerjaan ataupun untuk bersantai dengan keluarga.

Namun nyatanya, banyak karyawan yang tidak mampu memaksimalkan waktu cutinya dengan baik, sehingga karyawan merasa tidak puas dengan masa cuti yang telah di ambilnya. Biasanya salah satu yang tidak membuat kita puas saat cuti, karena adanya urusan pekerjaan yang tetap di kerjaan walaupun anda sedang berlibur. Maka dari itu, perlu adanya persiapan khusus sebelum anda mengambil cuti, sehingga waktu cuti yang ada dapat di manfaatkan dengan baik. Dibawah ini kami akan memberikan informasi tentang 5 hal yang harus di lakukan saat akan cuti liburan.

Persiapkan planning liburan sejak jauh-jauh Hari

Persiapan liburanAnda pasti tidak ingin liburan anda kaca hanya karena kehabisan tiket pesawat atau ternyata anda lupa untuk memesan paket liburan ke lokasi yang ingin anda tuju. Nah sebelum anda mengajukan cuti keperusahaan, sebaiknya anda telah membuat planning yang jelas tentang liburan anda. Paling tidak anda telah menentukan lokasi tempat wisata, membeli tiket pesawat dan akomodasi di lokasi liburan nantinya.

Jika anda merasa bingung dalam membuat planning liburan, anda dapat menggunakan jasa penyedia paket liburan seperti  Vikatrip.com. Dengan Vikatrip anda dapat memesan beragam jenis paket liburan di seluruh dunia termasuk temapt-tempat yang tidak terduga di indonesia. Anda juga dapat memilih paket liburan sesuai dengan budget yang anda miliki. Jika anda ingin liburan dengan biaya minim, anda dapat memilih paket opentrip atau trip terbuka untuk siapapun yang telah di tentukan tanggalnya. Jika ingin liburan ekslusif yang hanya ada anda dan keluarga saja, anda dapat memilih paket privat trip.

Jangan lupa kordinasikan cuti liburan anda kepada rekan kerja

kordinasikan cuti liburan

Saat masa cuti tiba, maka anda akan terbebas dari segala tanggung jawab dari pekerjaan anda di perusahaan. Namun yang harus anda perhatikan adalah dampak dari ketiadaan anda di perusahaan saat masa cuti berjalan. Bisa saja dengan cutinya anda dapat perpengaruh dan mengganggu tugas dari rekan kerja anda.

Baca juga : Mau Bekerja Sambil Keliling Dunia ? Coba 9 Profesi Ini

Maka dari itu sebelum anda memasuki hari-hari cuti liburan, ada baiknya anda berkordinasi dengan rekan kerja dan pimpinan anda. Hal ini berguna agar rekan kerja anda dapat menyesuaikan diri dalam bekerja ketika anda sedang cuti ataupun agar dapat membantu menyelesaikan pekerjaan yang biasanya di pegang oleh anda.

Jika biasa berurusan dengan klien, pastikan klien tau siapa yang menjadi pengganti anda

Kordinasi Dengan Klient

Saat anda telah mengkordinasikan masalah cuti anda kepada rekan kerja dan tugas urusan dengan klient juga telah anda delegasikan. Maka anda harus memberitahukan pula kepada klien tentang cuti liburan anda. Jangan lupa untuk memberitahukan siapa yang akan menjadi pengganti anda dan kapan cuti anda selesai.  Dengan begitu, nantinya klien tidak akan bingung lagi jika tiba-tiba ada orang lain yang menghubungi mereka untuk membahas sesuatu yang biasanya anda tangani.

Baca juga : Wow Di Bukalapak Kita Bisa Investasi Emas

Hindari membuka perangkat penduku pekerjaan saat liburan

cuti liburan

Salah satu pelajaran penting dalam cuti liburan adalah jauhi diri anda dari semua perangkat yang dapat mengakses pekerjaan anda. Ini saatnya anda melepaskan segala urusan pekerjaan dan fokus untuk menikmati liburan anda. Pastinya tidak akan nikmat jika anda harus mengurusi urusan pekerjaan ketika berlibur. Anda tidak perlu takut meninggalkan semua tugas saat cuti, karena semua sudah di atur dalam peraturan, sehingga tidak ada yang dapat memarahi anda jika anda melupakan segala tugas pekerjaan saat sedang cuti liburan.

Baca juga : Cara Membeli, Menjual dan Menarik Emas Di BukaLapak ?

Jika terpaksa, sediakan waktu maksimal 20 menit saja di pagi hari untuk mengecek email.

Bekerja dan berlibur

Walaupun tidak akan ada yang dapat menyalahkan anda ketika tidak mengerjakan apapun tugas kantor selama masa cuti. Namun ada saja beberapa tugas yang sepertinya sangat berdampak jika tidak anda lakukan, sehingga secara nurani akhirnya anda harus mengerjakannya sambil liburan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda mengalokasikan waktu selama 20 menit untuk memeriksa pesan penting di email ataupun chat anda. Namun anda juga harus memastikan semua urusan pekerjaan hanya akan anda kerjakan selama 20 menit saja dan itupun jika memang sangat penting.

Nah itulah 5 hal yang harus anda persiapkan ketika ingin cuti liburan. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat merasakan cuti yang sangat menyenangkan. Terimakasih


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>