- Profesi

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Karyawan

Daya ingat adalah kemampuan yang penting dimiliki oleh manusia. Otak memiliki fungsi untuk menyimpan dan juga mengolah berbagai informasi. Informasi tersebut nantinya akan diteruskan yang akan ditransformasikan pada kegiatan bekerja.

Dikutip dari jadikaryawan.com ada 5 cara meningkatkan daya ingat karyawan.

Atur Jadwal Tidur

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengatur jadwal tidur. Artinya, anda harus menjadwal jam pasti untuk tidur teratur dan baik. Seseorang yang memiliki durasi tidur yang panjang juga tidak baik karena otak tidak digunakan untuk berpikir dalam waktu yang seharusnya.

Jadwal tidur yang teratur adalah 8 jam. Tujuannya agar otak bisa beristirahat dengan baik.

Baca Juga:

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Berituknya adalah mengkonsumsi makanan bernutrisi. Makanan yang baik untuk otak adalah makanan laut, minyak ikan, kedelai, bayam. Makanan tersebut sangat direkomendasi karena mengandung omega-3. Selain itu mengkonsumsi minyak kelapa karena memiliki zat MCT (medium-chain triglycerides) yang sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat.

Olahraga Teratur

Cara ketiga adalah dengan berolahraga teratur. Selain bermanfaat untuk fisik ternyata dengan berolahraga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Ketika berolahraga sel-sel saraf akan memperkuat ikatan antara sel otak dan berupaya untuk menjaga dari kerusakan sel-sel tersebut.

Sel saraf tersebut mengeluarkan protein fakto neurotropis. Fungsinya untuk memicu produksi sebagai zat kimia agar otak lebih sehat, mampu meningkatkan kognitif, termasuk dalam bekerja.

Mempelajari Hal-Hal Baru

Cara keempat yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan mempelajari hal-hal baru. Anda harus memiliki motivasi untuk mempelajari hal-hal baru. Dengan melakukan cara ini anda dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anda.

Tidak Mengerjakan Segala Sesuatu Dalam Waktu Bersamaan

Yang terakhir adalah hindari untuk mengerjakan segala sesuatu dalam waktu bersamaan, hal ini akan membuat anda sulit fokus, dan konsentrasi akan terpecah, dan lupa untuk mengerjakan sesuatu.

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia, maka anda harus dapat memaksimalkan fungisnya untuk mendukung karir anda.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.