5 Cara Mengatasi Stres Di Tempat Kerja Saat Ramadhan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah dimulai. tentu saja setiap orang yang beragama islam diwajibkan untuk berpuasa. Tidak hanya menahan lapar dan dahaga, berpuasa juga mengajarkan setiap muslim untuk dapat mengendalikan emosi, menahan amarah, menahan nafsu serta bersabar.

Berpuasa sambil bekerja tak jarang akan menimbulkan stres karena harus menghadapi berbagai permasalahan dikantor sembari tetap menahan lapar dan dahaga. Ada banyak penyebab stres yang dapat ditemui dalam tempat kerja, mulai dari menumpuknya berbagai tugas, teguran yang tidak enak untuk didengar dari atasan, rekan kerja yang tidak bekerja secara optimal dan tidak lupa juga rasa dahaga serta lapar didalam tubuh tentu akan membuat anda menjadi lebih mudah marah dan stres. Lalu bagaimana cara mengatasi stres dan amarah yang muncul saat sedang berpuasa di bulan Ramadhan? Berikut 5 Cara mengatasi stres ditempat kerja saat Ramadhan.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Ramadhan

Istirahat yang cukup

Agar tidak mudah stres saat bekerja di bulan Ramadhan, anda harus beristirahat dengan cukup. Meskipun pada kenyataan saat bulan Ramadhan pola tidur kita berubah dan jatah jam tidur juga terpotong akibat sahur, bukan berarti anda tidak dapat beristirahat dengan cukup. Anda dapat beristirahat disela-sela pekerjaan yang anda lakukan dikantor, misalnya tidur saat jam isitrahat kerja dan berhenti sejenak saat sudah bekerja selama 30 menit. Dengan begitu, pekerjaan yang berat dan sangat membosankan tidak akan menjadi beban bagi anda karena waktu istirahat yang cukup.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Pola Tidur Agar Tetap Baik Di Bulan Ramadhan

Tetap bergerak

Bekerja salama berjam-jam sambil menatap layar komputer tentu akan membuat anda gampang terkena stres terutama dibulan Ramadhan. Selain mudah mendapat stres, dengan duduk satu harian tanpa bergerak akan membuat berbagai macam penyakit menghantui anda. Apalagi di bulan ramadhan, sistem pencernaan menjadi tidak aktif saat duduk terlalu lama. Untuk itu saat sedang berpuasa, anda juga tetap harus bergerak meskipun rasa lapar dan dahaga menghampiri.

Anda dapat berdiri sebentar, meregangnkan otot atau mungkin berjalan di sekitar ruangan tempat anda bekerja. Dengan begitu tubuh anda pun akan merasa segar kembali.

Selalu makan makanan sehat saat berbuka dan sahur

Makanan merupakan faktor yang sangat penting saat berpuasa di bulan Ramadhan. Dengan memakan makanan yang sehat dan tepat anda dapat menjalani ibadah puasa dengan tubuh yang tetap segar dan semangat. Untuk itu pastikan anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan berenergi seperti sayur dan buah. Saat berbuka puasa, hindarilah makanan yang terlalu memiliki banyak gula, garam dan lemak karena akan membuat kadar glukosa yang didalam tubuh menjadi hilang. Pastikan juga anda selalu mengkonsumsi banyak cairan baik saat berbuka maupun sahur agar dapat tetap bertenaga selama berpuasa.

Baca juga: Agar Tidak Lemas Saat Bekerja Ini 5 Menu Wajib Saat Santap Sahur

Atur pernapasan

Tingkan emosi dan stres akan mudah muncul saat anda dihadapkan dengan masalah, entah itu terkait dengan beban kerja yang tinggi atau permasalahan yang terjadi antar karyawan. Untuk mengatasinya, anda dapat mengatur pernafasan agar dapat lebih tenang menghadapi masalah yang terjadi. Misalnya mengatur pernapas dengan cara mengambil nafas dalam-dalam selama 1-2 menit sekali.

Lakukan peregangan disela-sela pekerjaan

Sama seperti tetap bergerak saat bekerja, anda juga harus melakukan peregangan disela-sela pekerjaan agar tubuh anda tetap rileks dan tenang saat menghadapi masalah yang terjadi. Cobalah beberapa kali lakukan peregangan tubuh dengan cara melakukan yoga ringan selama 10 menit sehari. Yoga ringan dapat membantu mengalihkan fokus anda dari rasa lapar dan permasalahan yang terjadi didalam perusahaan. Jika sebelumnya anda selalu mengambil cemilan untuk menghilangkan stres ditempat kerja, saat bulan ramadhan tentu saja aktivitas seperti itu tidak dapat dilakukan. Untuk itu cobalah lakukan salah satu dari 5 hal yang ada diatas, dengan begitu anda akan dapat menahan emosi, stres dan lapar yang terjadi saat bekerja.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>