5 Cara Efesien dan Efektif Bekerja Sambil Kuliah
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bekerja sambil menempuh pendidikan di perguruan tinggi bukanlah sebuah hal baru bagi setiap mahasiswa ataupun karyawan. Ada banyak alasan yang menyebabkan karyawan mengambil waktu untuk berkuliah atau anak kuliah mengambil waktu untuk bekerja. Misalnya karena kekurangan dana untuk dapat membiayai perkuliahaan, ingin membiayai kebutuhannya sendiri, menambah pengalaman didalam dunia kerja, atau karena ingin mendapat gelar S1 agar dapat naik jabatan dikantor. Berbagai alasan tersebut akan sering kita dengar ketika melihat karyawan yang kuliah dan sebaliknya.

Agar dapat menjalani pekerjaan sambil berkuliah dengan baik dan tidak mengganggu kegiatan anda sebagai seorang karyawan, anda harus dapat melakukan berbagai cara yang sedikit “tricky” agar keduanya tidak terbengkalai dan dapat berjalan dengan baik. Untuk itu anda harus mengetahui bagaimana cara efektif bekerja sambil berkuliah, Untuk mengetahui cara tersebut, berikut beberapa tips yang agar anda dapat menjalani kedua aktifitas tersebut dengan baik.

Baca juga: Jenuh Saat Bekerja? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya

Buat jadwal secara merinci

Salah satu cara agar anda dapat melakukan segala kegiatan dengan tepat dan tidak mengganggu aktivitas yang lain adalah dengan membuat perencanaan jadwal secara rinci. Buatlah jadwal dengan jelas dan merinci mengenai waktu saat bekerja dan saat berkuliah, jika dalam bahasa inggris istilahnya adalah “To Do List”. Anda dapat membuat jadwal To Do List menggunakan kertas catatan kecil atau anda juga dapat menggunakan perangkat smartphone dan menggunakan aplikasi khusus To Do List yang memiliki berbagai fitur penunjang agar jadwal yang anda buat menjadi lebih tersusun.

Hal terpenting dalam membuat To Do List atau jadwal merinci bukanlah jadwal yang anda buat namun bagaimana anda dapat menjadi lebih disiplin dan mengikuti jadwal yang sudah anda rencanakan sedemikian rupa. Tentu dengan mengikuti jadwal anda akan menjadi pribadi yang lebih disiplin lagi serta dapat membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Gaji Tidak Habis Sia-Sia

Bekerja dengan efesien dan konsisten

Agar pendidikan anda tidak terganggu, anda harus dapat melakukan segala hal dengan efektif dan konsisten. Anda harus melakukan jadwal yang telah dibuat dengan maksimal. Dengan melakukan semuanya secara konsisten dan efektif, tentu saja waktu yang anda miliki tidak akan terbuang hanya karena mengerjakan satu hal sementara anda harus dapat melakukan setiap pekerjaan dengan tepat waktu agar dapat mengerjakan hal lainnya dengan maksimal.

Belajar dengan efektif

Bukan hanya harus bekerja dengan efektif dan konsisten, anda juga harus belajar dengan cara yang efektif, efesian serta konsisten. Anda harus melakukan semua tugas yang sudah dijadwalkan dengan teratur dan disiplin, anda juga harus menyadari jika belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan agar anda dapat segera lulus. Tentu dengan begitu anda akan terpacu untuk dapat mengejar pendidikan anda dengan lebih fokus.

Baca juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar

Jangan berfikir negatif

Banyak orang yang mengatakan agar anda selalu berfikir positif dan jangan pernah berfikir negatif tentang segala hal yang ada didalam hidup. Kata-kata tersebut sering anda dengan dari orang tua, guru atau dosen yang mengajar di kelas anda. Nasehat yang mereka berikan tersebut bukanlah sekedar kata-kata yang tidak ada artinya, anda harus selalu berfikir dengan positif terutama saat menghadapi masalah, karena dengan berfikir dengan positif, masalah yang anda alami tidak akan terasa berat.

Misalnya ketika anda mendapatkan masalah di kampus karena tidak menyelesaikan tugas atau karena beban tugas yang telalu tinggi, anda harus tetap berfikir dengan positif agar dapat menyelesaikannya dengan baik. Atau mungkin saat anda mendapatkan masalah ditempat kerja karena melakukan kesalahan kecil, anda dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pikiran positif.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

Sedikit paksakan diri anda

Meski awalnya berat, namun ketika sering dilakukan maka diri anda akan merasa terbiasa untuk bekerja sambil kuliah. Tidak ada salahnya sedikit memaksakan diri demi tujuan yang baik. Meskipun harus bekerja satu harian lalu ditambah lagi harus kuliah dan mengerjakan segala tugas rumah dan belajar. Hasil yang akan anda dapatkan tidak akan mengecewakan. Mengejar pendidikan tidak akan membuat diri anda rugi, justru ketika anda berhasil lulus, anda dapat memanfaatkannya untuk naik jabatan atau justru mencari pekerjaan yang memiliki upah lebih tinggi dan tunjangan yang cukup.

image: suneducationgroup.com

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.