4 Tanda Jika Perusahaan Anda Memiliki Budaya Buruk
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mendapat gaji tinggi, jenjang karir yang jelas tentu merupakan dambaan bagi setiap orang yang akan bekerja di sebuah perusahaan. Tentu saja ketika anda mendapatkan perusahaan seperti itu, rasanya seperti sudah menemukan pekerjaan impian. Namun hal tersebut bukan berarti perusahaan yang nantinya menjadi tempat anda bekerja dapat dikatakan bagus, karena masih ada beberapa hal yang harus anda perhatikan salah satunya adalah budaya perusahaan. Budaya perusahaan yang buruk akan membuat anda tidak dapat betah dan bahagia dengan pekerjaan yang anda miliki. Meskipun anda memiliki gaji yang cukup besar, jika budaya kantor tempat anda bekerja buruk, maka cepat atau lambar tentu akan membuat diri anda menjadi tersiksa.

Untuk menghindari hal tersebut terutama bagi anda yang baru saja mulai bekerja, anda harus memperhatikan beberapa tanda jika perusahaan tempat anda bekerja memiliki budaya yang buruk, lalu apa saja tanda tersebut? Berikut adalah 4 tanda jika perusahaan tempat anda bekerja memiliki budaya yang buruk.

Baca juga: 5 Cara Efesien dan Efektif Bekerja Sambil Kuliah

Karyawan sering menggosip satu sama lain

Sepertinya sudah biasa jika didalam sebuah kantor ada satu atau dua orang yang senang menggosib dan membicarakan orang lain. Tetapi apabila hampir seluruh karyawan senang untuk menceritakan orang lain alias bergosip maka ada yang salah dari budaya yang ada dikantor. Kantor yang dipenuhi dengan orang-orang yang bergosip berarti kurang memiliki tenggang rasa antar karyawan dan atasan. Tentu saja anda tidak akan tenang jika bekerja dengan orang-orang yang senang bergosip karena dari gosip tersebut akan muncul perpecahan antar karyawan.

Baca juga: 5 Pertanyaan Yang Wajib Anda Ajukan Saat Rapat

Karyawan mudah untuk masuk dan mengundurkan diri

Mencari karyawan dan merekrutnya untuk menjadi bagian didalam perusahaan bukanlah sebuah hal yang mudah, karena membutuhkan berbagai proses yang panjang agar perusahaan dapat menemukan kandidat kuat dan berkualitas bagi perusahaannya. Untuk itu lazimnya perusahaan akan membuat karyawannya menjadi betah dengan menerapkan budaya kerja yang baik. Apabila perusahaan atau kantor tempat anda bekerja beberapa bulan saja, berarti ada yang salah dari perusahaan tersebut. Tentu saja analoginya jika perusahaan memiliki budaya yang baik tentu karyawan akan betah dan tidak memiliki keinginan untuk pindah perusahaan. Dari situ anda dapat menyimpulkan jika perusahaan tidak memperlakukan karyawannya dengan baik sehingga membuat tidak banyak karyawan yang bisa bertahan lama.

Terlalu menonjolkan sisi baik untuk menutupi budaya buruk

Tidak ada yang salah dengan tindakan seperti ini, perusahaan berusaha menutupi sisi buruk agar citranya dimana konsumen maupun calon karyawan tetap baik. Namun apabila perusahaan terlalu menutupi sisi buruk dan terlalu menonjolkan sisi baiknya, bisa jadi perusahaan tersebut menutupi sesuatu yang tidak ingin anda ketahui dan bisa jadi hal tersebut sangatlah buruk. Bagi karyawan fresh graduate yang baru saja lulus kuliah, tentu akan sangat tertarik jika bekerja di kantor yang memiliki fasilitas dan tampilan yang segar dari luar. Tetapi ketika anda memasuki kantor tersebut, anda akan melihat budaya buruk yang tidak akan membuat anda bisa bekerja dengan tenang.

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign Yang Baik Dan Benar

Karyawan selalu bekerja lembur dan tidak memiliki waktu untuk dirinya sendiri

Tentu selalu ada batasan yang harus dipahami oleh setiap perusahaan saat karyawannya bekerja. Mungkin anda boleh saja diperintahkan untuk lembur saat mengerjakan suatu tugas penting dan harus diselesaikan dalam jangka waktu cepat. Namun apabila setiap karyawan selalu pulan melebihi batasan jam kerja, maka anda harus mencurigai hal tersebut. Perusahaan mungkin dengan sengaja memperintahkan setiap karyawannya untuk bekerja melebihi jam kerja sesuai dengan peraturan pemerintah agar dapat menghemat biaya. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan bagi karyawan, apalagi jika lembur yang dilakukan tidak diberi upah seperti yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: 4 Tanda Jika Anda Layak Untuk Mendapat Promosi Jabatan

Itu tadi adalah 4 tanda yang harus anda perhatika untuk mengetahui apakah perusahaan tempat anda bekerja memiliki budaya yang baik atau tidak, dengan begitu anda dapat menghindari atau segera keluar dari perusahaan tersebut agar tidak terus terjebak dan malah membuat diri anda menjadi stress.

Boss Pintar - Aplikasi Absensi terbaik


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.