- Profesi

4 Jenis Asuransi Yang Cocok Untuk Karyawan

Asuransi jiwa yang sangat identik dengan jaminan kematian sehingga banyak banyak orang yang tidak nyaman dengan jenis asuransi seperti ini. Padahal jika dicari tau lebih dalam asuransi jiwa tidak melulu tentang kamatian.

Tujuan dari asuransi jiwa adalah untuk menanggung dan melindungi seseorang dari kerugian finansial yang tidak dapat dihindari akibat kematian, cacat permanen atau usia yang tidak produktif lagi. Yang artinya bahwa asuransi jiwa akan memberi jaminan finansial jika seseorang terlalu tua atau menderita cacat atau meninggal dunia yang membuatnya tidak dapat menafkahi keluarganya.

Asuransi sangat bermanfaat bagi sebuah keluarga jika kepala rumah tangga atau orang yang menafkahai tidak mampu lagi bekerja karena masalah kesehatan atau kematian. Dilansir dari duniakaryawan.com ada 4 jenis asuransi jiwa yang bisa anda ketahui dan sesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan anda.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jenis ini yang memberi proteksi kepada pemegang polis dalam kurun waktu tertentu. Sistem pertanggungan yang diberikan dalam asuransi ini memeliki masa berlaku.

Jangka waktu tersebut adalah kontrak dalam kurun waktu yang bervariasi, misalnya 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun, sesuai dengan yang ditawarkan perusahaan asuransi.

Baca Juga:

2.Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Sedikit berbeda dengan asuransi jiwa berjangka yang memiliki masa berlaku. Asuransi jiwa seumur hidup memproteksi pemegang polis seumur hidup. Sistem pertanggungan yang ditawarkan dalam jenis asuransi ini adalah jangka panjang dan tampak seumur hidup.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan 2 manfaat sekaligus yaitu sebagai tabungan dan asuransi berjangka. Jadi, asuransi dwiguna ini terdapat penggabungan dari asuransi jiwa berjangka yang memiliki masa berlaku dan tabungan yang dapat ditarik sewaktu-waktu sebelum masa kontrak berakhir, sesuai dengan perjanjian yang disepakati.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Jika dalam asuransi jiwa dwiguna didapatkan fitur tabungan, maka asuransi jiwa unit link ini menggunakan elemen investasi yang digabungkan dengan asuransi jiwa dan kesehatan. Jenis asuransi ini cocok untuk anda yang tertarik dengan investasi dan ingin tetap mendapatkan jaminan jiwa dan kesehatan.

Jadi asuransi seperti apa yang anda butuhkan? Setiap jenis asuransi jiwa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan sampai anda salah pilih asuransi karena belum paham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.