Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menjalin hubungan yang baik didalam lingkungan kerja merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, hubungan baik yang dilakukan dalam pekerjaan dapat berpengaruh kepada kinerja anda sendiri karena selama bekerja anda akan selalu bertemu dan berhubungan secara langsung dengan rekan kerja. Tak hanya itu, sesekali pasti anda akan memerlukan bantuan rekan kerja untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat mengerjakan tugas. Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja juga dapat meningkatkan produktivitas karena anda merasa termotivasi karena hubungan yang terjalin dengan baik ketika dikantor. Untuk itu menjalin hubungan baik dengan rekan kerja sangatlah penting.

Baca juga: 4 Tips Menghindari Bosan Ketika Sedang Bekerja

Untuk menciptakan hubungan yang baik dengan rekan kerja tidaklah mudah, karena anda harus memahami sifat yang berbeda-beda dari setiap rekan kerja. Tentu untuk mengetahui dari rekan kerja tidaklah mudah karena jika salah melakukan komunikasi akan menimbulkan kesalahpahaman tentang tujuan dari percakapan anda dan tujuan untuk dapat menjalin hubungan dengan baik pun menjadi berantakan. Anda harus dapat menemukan cara bagaimana untuk bisa melakukan komunikasi dengan baik dengan rekan kerja, seperti berbincang mengenai hal yang disukainya dan hal lain yang dapat membuat hubungan dengan rekan kerja semakin dekat. Lalu bagaimana cara untuk menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja, dikutip dari HRInAsia berikut adalah tipsnya.

Memahami kepribadian rekan kerja

Untuk dapat memulai percakapan dan melakukan pendekatan kepada rekan kerja, tentu anda harus memahami bagaimana kepribadiannya terlebih dahulu. Dengan mengetahui kepribadiannya anda dapat mengambil langkah bagaimana untuk melakukan pendekatan dengannya. Melakukan pendekatan yang cocok tentu akan membuat diri anda terlihat seperti apa yang diinginkan oleh rekan, selain itu juga dapat mengurangi resiko konflik yang bisa terjadi karena perbedaan sifat. Untuk mengetahui kepribadian rekan kerja, anda dapat mengamati dari jauh bagaimana kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan ketika di kantor atau cara berkomunikasi kepada satu sama lain.

Baca juga: 8 Hal Yang Harus Dihindari Saat Hari Pertama Bekerja

Perhatikan waktu yang tepat saat berkomunikasi

Tentu anda tidak ingin dicap sebagai orang yang menyebalkan di kantor akibat terlalu sering berbicara dan mengobrol pada saat jam kerja sedang berlangsung. Untuk itu perhatikan waktu saat akan melakukan komunikasi dengan rekan kerja. Jangan mengajak rekan kerja anda untuk mengobrol ketika rekan anda sedang sibuk mengerjakan tugasnya. Jika anda ingin mengobrol, maka tunggulah hingga jam istirahat. Hal ini agar rekan kerja anda tidak merasa terganggu saat sedang bekerja.

Jangan menggosip

Tujuan anda membangun hubungan baik dengan rekan kerja adalah untuk membangun ikatan baik dengan sesama rekan kerja, untuk itu jangan lakukan hal yang sebaliknya. Jangan pernah membicarakan orang lain kepada rekan kerja karena akan membuat anda dianggap sebagai tukang gosip. Sebaliknya jika rekan kerja anda menceritakan salah satu rekan kerja yang lain, jangan pernah menyebarkan hal tersebut ke seluruh lingkungan kantor karena akan menimbulkan bibit-bibit permusuhan didalam lingkungan kantor.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Pekerja Lapangan

Lakukan komunikasi tidak hanya dikantor

Rekan kerja dikantor bukan cuma sekadar orang yang akan anda temui ketika dikantor saja, tetapi anda bisa melakukan hal yang lebih dari itu, misalnya saling memberikan kontak untuk dapat berhubungan di luar jam kerja atau diluar kantor. Salah satu contohnya adalah dengan saling terhubung didalam sosial media. Dengan terhubung melalui sosial media maka anda dapat mengetahui rekan kerja anda lebih jauh lagi ketimbang hanya menjalin hubungan melalui obrolan santai saat istirahat kerja. Anda akan mengetahui sisi lain dari rekan kerja anda entah itu pandangan politik, keluarga atau hal-hal lain yang disukainya. Untuk itu cobalah saling terhubung di sosial media.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>