- Profesi

11 Cara Ampuh Hilangkan Kejenuhan Saat Bekerja

Rutinitas pekerjaan sehari-hari memang sering membuat banyak karyawan jenuh akan pekerjaannya. Terlebih lagi tugas kantor yang menumpuk, terikat deadline, sehingga membuat anda tidak ada waktu untuk bersantai. Hal inilah yang membuat tingkat stress anda memuncak.

Jika saat ini anda sedang mengalami hal tersebut, percayalah bukan hanya anda seorang yang mengalami hal ini. Kejenuhan dalam aktifitas kantor merupakan suatu hal yang wajar. Walaupun sering anda rasakan kejenuhan tersebut, janganlah anda sering mengeluh, apalagi sampai memikirkan untuk resign hanya karena kejenuhan tersebut.

11 Cara Ampuh Hilangkan Kejenuhan Saat Bekerja

Kejenuhan saat bekerja yang anda alami sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Dikutip dari situs duniakaryawan.com ada 11 cara ampuh hilangkan kejenuhan saat bekerja yang bisa anda praktekan.

Cari Tahu Apa Penyebab Kejenuhan

Pasti ada penyebab timbulnya kejenuhan saat bekerja. Cobalah untuk mengidentifikasi penyebab munculnya kejenuhan yang anda rasakan secara spesifik. Apakah penyebab dari kejenuhan tersebut dikarenakan banyaknya pekerjaan yang anda kerjakan? Tugas yang menumpuk? Deadline yang singkat? Rekan kerja yang kurang baik? Gaji yang tidak sesuai? Budaya kantor yang buruk? Atau hal lainnya?

Dengan anda mengetahua penyebabnya, anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk menghilangkan kejenuhan tersebut. Misalnya, jika anda merasa pekerjaan yang diberikan terlalu berat, coba untuk berkonsultasi pada manajer anda. Mungkin mereka akan bisa memberikan bantuan untuk mengatasi permasalah anda dengan tepat.

Baca juga:

Ciptakan Suasana Baru

Bekerja dengan suasana yang sama dalam kurun waktu yang lama bisa memicu timbulnya kejenuhan dalam bekerja. Anda bisa sesekali mendekorasi tempat kerja anda, misalnya anda bisa mendekorasi meja kerja anda. Bersihkan dan tata rapi barang-barang anda. Anda juga bisa menghiasinya dengan menaruhkan pot bunga, bingkai foto atau benda lainnya yang membuat mata anda segar.

Jika meja kerja dan tempat kerja anda menarik, hal ini akan meningkatkan mood anda dalam melaksanakan rutinitas pekerjaan. Dan ini juga akan meningkatkan kinerja anda sebagai karyawan.

Berpikir Positif

Berpikirlah positif dalam menghadapi pekerjaan dan masalah yang terjadi saat bekerja. Hadapi dengan santai dan jangan dijadikan beban. Anda harus bersyukur dengan posisi dan kondisi anda sekarang. Sebab diluar ada banyak orang yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Kondisikan bahwa anda adalah orang yang beruntung. Dengan begitu, beban kerja yang anda pikul akan terasa lebih ringan.

Luangkan Waktu Rehat

Terlalu fokus akan pekerjaan akan membuat anda lupa waktu. Hal ini tidaklah sepenuhnya baik untuk anda. Saat anda memaksakan otak anda bekerja terus menerus bahkan saat dalam kondisi pikiran sudah jenuh, hal ini akan mengakibatkan menurunnya produktivitas.

Saat anda sudah merasa lelah, luangkan waktu sejenak untuk rehat. Tidak perlu terlalu lama, maksimal 15-30 menit saja. Cobalah keluar kantor duduk di taman dan menghirup udara segar. Minumlah air putih dan makanlah sesuatu, dengan cara ini semangat anda akan kembali lagi.

Lakukan Sesuatu Yang Menyenangkan

Cobalah untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk menghilangkan kejenuhan anda. Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik atau sambil ngemil. Jika pekerjaan anda cukup ringan, anda bisa bekerja sambil maun game atau nonton video. Tetapi, jika aktivitas ini mengganggu konsentrasi anda, jangan lakukan cara ini.

Cara ini tergantung dari kebiasaan anda. Jika anda suka untuk bekerja sendirian dan fokus pada tugas-tugas saja, cara diatas bisa anda praktekan. Buatlah diri anda senyaman mungkin saat beraktivitas di kantor.

Sharing Dengan Rekan Kerja

Saat pikiran dan perasaan sudah sangat jenuh dalam bekerja, anda bisa mengobrol dengan rekan anda. Anda bisa sharing dengan rekan-rekan anda bagaimana mengatasi kejenuhan yang anda hadapi.

Kumpul dan bercanda dengan rekan-rekan kerja adalah penting. Selain melatih anda untuk bersosial, cara ini juga akan membuat pikiran anda tenang. Ini jauh lebih baik dibandingkan hanya berfokus pada layar monitor anda saja.

Jangan Dijadikan Beban

Jika anda bekerja hanya karena kewajiba tanpa anda keikhlasan di hati, efeknya adalah anda akan merasa berat untuk melakukan pekerjaan tersebut. Seolah-olah pekerjaan itu adalah beban yang anda tanggung.

Saat anda menganggap pekerjaan sebagai beban, kejenuhan yang anda rasakan akan menjadi stress yang berat. Tetapi, jika anda menjalaninya dengan santai maka perasaan itu bisa di minimalisir. Nikmatilah segala keadaan yang anda hadapi dengan sikap yang positif.

Maksimalkan Waktu Istirahat Anda

Menjaga jam tidur malam dapat menghilangkan kejenuhan dalam bekerja. Kurangi aktivitas malam, seperti begadang. Seringnya begadang dapat membuat anda semakin stres.

Tidur malam sekitar 5-8 jam sudah cukup untuk membantu pikiran anda segar kembali.

Baca Juga:

Jangan Ambil Lembur

Saat pikiran anda jenuh  dan tubuh benar-benar sudah letih, jangan coba ambil lembur dan memaksakan diri. Gunakan akhir pekan anda untuk bersantai. Cobalah untuk berlibur ketempat wisata alam yang menyejukan.

Tapi jika anda ingin dirumah saja, anda bisa menonton film bareng pasangan dan keluarga. Atau menghabiskannya dengan tidur.

Ingatalah Tujuan Utama Anda

Saat kejenuhan itu timbul dalam bekerja, anda bisa mengingat tujuan utama anda yakni visi dan misi dalam bekerja. Pikirkan pertanyaan ini, untuk apa anda bekerja? apakah untuk membel rumah? nabung untuk menikah? atau lainnya?

Cobalah ingat-ingat kembali tujuan anda. Dengan begitu anda akan lebih termotivasi untuk bekerja dengan semangat lagi.

Carilah Pekerjaan Yang Sesuai Passion

Jika anda sudah merasa tidak nyaman lagi menanggung beban pekerjaan saat ini, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk resign. Anda bisa lakukan jika pekerjaan tersebut terlalu berat. Mungkin karena gaji yang tidak layak, lingkungan yang tidak sehat, atau karena pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion anda.

Dengarkan kata hati anda. Mintalah pendapat orang tua dan keluarga anda. Jika tekat sudah bulat maka lakukan saja yang anda inginkan, jangan ragu. Yakinlah bahwa anda akan mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang sesuai dengan passion anda.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.