Teknik Penjualan Yang Efektif Untuk UKM
- Marketing

Teknik Penjualan Yang Efektif Untuk UKM

Teknik penjualan yang efektif anda tidak boleh ragu dengan apa yang anda jual. Menjadi orang yang antusias terhadap bisnis dan konsumen juga hal yang akan menyenangkan. Seperti membangun tim penjualan anda, ingat setiap orang dalam tim anda memiliki metode penjualan yang sesuai dengan pengalaman dan kepribadian mereka. Latih staf penjualan anda dalam menangani pelanggan spesial yang membutuhkan pelayanan khusus.

Jangan Terlalu Menekan

Terlalu memaksakan akan membuat calon pelanggan takut dan lebih buruknya lagi tidak akan terjadi penjualan sama sekali alias gagal. Jelaskan kepada pelanggan anda tentang fitur dan nilai tambah dari produk yang tim anda tawarkan. Jika memungkinkan, bawalah contoh barang sebagai bukti. Demonstrasikan produk anda secara langsung dan menguji produk anda akan memberikan kesan pada kunjungan tersebut. Jelaskan kenapa mereka harus membeli dari tim anda. Jangan bandingkan produk lain dengan cara yang buruk. Fokus pada perusahaan anda dan apa yang anda tawarkan akan memberikan keuntungan yang cukup besar daripada taktik penjualan yang memaksa.

Dengarkan Apa Kata Pelanggan Anda

Beri pertanyaan dan biarkan mereka berbicara. Berikan mereka perhatian penuh dan cari tahu apa yang paling penting dari permasalahan mereka. Sekali anda mendapat  ide dari apa yang mereka cari dari produk atau jasa, anda bisa menyesuaikan promosi penjualan anda.

Membantu pembeli menghemat keuangan perusahaan mereka merupakan salah satu alasan. Berikan pelayanan khusus dan pengiriman yang cepat. Dengarkan apa permintaan pelanggan anda, karena hal ini bisa menjadi pintu tambahan untuk membeli produk lainnya yang tentunya akan meningkatkan keuntungan  bisnis anda.

Baca Juga :

Pahami Bisnis Anda

Tidak hanya perusahaan anda, tapi juga industrinya. Selalu update tentang perkembangan teknologi dan produk baru yang terkait dengan apa yang anda jual. Biarkan pelanggan anda tahu bahwa anda benar-benar menguasai atau ahli di industri tersebut.

Bangun Hubungan

Kenali pelanggan anda secara baik. Didalam dunia retail dan kompetisi online, anda bisa mengingat bahwa pelanggan bukan hanya sekedar nominal, mereka lebih dari itu dan mereka sangat spesial. Perhatikan perilaku, ketertarikan dan hobi mereka. Simpan file setiap pelanggan sebagai aset yang bisa anda gunakan kedepan. Ini cara yang baik untuk menunjukan bahwa anda peduli dengan mereka, dan mungkin akan menghasilkan kesepakatan tambahan. Ini merupakan teknik penjualan yang paling efektif dan akan mengembangkan bisnis anda secara pesat.

Tetap Berkomunikasi

Seberapa sering anda menghubungi atau mengunjungi pelanggan anda mungkin tergantung pada tipe bisnis yang anda jalin. Perhatikan kebiasaan mereka dan kunjungi mereka sebelum pesanan berikutnya dilakukan. Selalu beritahu semua pelanggan tentang produk dan layanan baru. Pastikan anda bisa dihubungi saat mereka ada pertanyaan. Berikan nomor kontak dan email anda. Dengan cara ini anda akan bisa memenangkan kompetisi di pasar.

Gunakan CRM (Customer Relations Management)

Catatan riwayat pelanggan sangat penting bagi semua aspek bisnis anda. Pencatatan bisa dilakukan dan disimpan secara manual di kantor, tapi untuk menjadi lebih produktif pertimbangkan sistem CRM yang bisa diakses oleh karyawan anda. Atur pelanggan anda mulai dari kontak. Tren pembelian bisa dilihat dari setiap tanggal dan jumlah pembelian. Pujian, keluhan dan masalah layanan pelanggan juga dapat dimasukan dan diselesaikan oleh staf CRM.

Buat Kontrak Bisnis

Selain menghubungi mereka secara personal, selalu tanyakan tentang pembelian di akhir kunjungan anda. Selain itu anda juga bisa membuat kontrak bisnis kepada klien anda karena hal ini adalah peluang besar untuk mengembangkan bisnis dan perusahaan anda.

Semua pencatatan penjualan anda bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software akuntansi terbaik BIS Accounting System. Dengan berbagai macam fitur lengkap yang mendukung teknik penjualan anda. Coba sekarang.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.