- Marketing

Manfaat Program Loyalitas Pelanggan Bagi Perkembangan Bisnis

Setiap perusahaan harus membuat program loyalitas pelanggan agar dapat terciptanya hubungan jangkan panjang dan saling menguntungkan dengan para konsumen. Program loyalitas ini dikembangkan karena memiliki banyak manfaat untuk bisnis.

Ada beberapa program loyalitas seperti membership dengan potongan atau keistimewaan tertentu bagi konsumen yang memiliki keanggotaan, dan ada juga sistem poin yang bertambah setiap kali ada transaksi atau semacamnya. Pengklasifikasian program membership juga dilakukan seperti gold, silver, platinum membership. Berikut ini beberapa manfaat dari diterapkannya program loyalitas pelanggan pada perusahaan anda.

Terlihat Lebih Menonjol Daripada Kompetitor

Selain keistimewaan yang didapatkan oleh pelanggan akan menjadikan perusahaan anda lebih menonjol daripada para kompetitor. Cara ini berpotensi untuk menarik lebih banyak pelanggan yang belum pernah mencoba produk-produk anda.

Baca Juga:

Mendorong Pelanggan Membeli Lebih Banyak

Program loyalitas pelanggan akan lebih mendorong mereka untuk membeli produk anda lebih banyak atau membeli kembali produk-produk anda. Jika program membership dibuat berjenjang, akan membuat konsumen terpacu untuk menjadi member yang paling tinggi. Cara ini akan membuat konsumen anda akan membeli lagi, dan lagi.

Mendorong Terjadinya Referensi

Dengan program ini pelanggan akan merasa senang dan sukarela merekomendasikan produk anda ke kolega mereka. Berarti anda berhasil membangun promosi dari mulut ke mulut.

Mengkonversi Pelanggan Baru Untuk Kembali

Pada persaingan produk yang sangat kompetitif, perusahaan harus menemukan cara yang efektif untuk dapat mendatangkan kembali konsumen untuk membeli kembali produk-produknya. Dengan program loyalitas pelanggan adalah cara yang paling efektif untuk membuat kembali pelanggan membeli produk tersebut. Berdasarkan hasil riset ada 27% kemungkinan pelanggan kembali ke outlet atau toko anda setelah melakukan pembelian pertamanya, dan setelah pembelian kedua, konversinya meningkat menjadi 45%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.