Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Oleh Manajer Baru
- Marketing

Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Oleh Manajer Baru

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh manajer baru merupakan hal memang harus anda lalui. Karena, ditunjuk menjadi seorang manajer oleh perusahaan adalah sebuah impian yang menjadi yang oleh banyak karyawan. Mendapatkan posisi ini bukanlah hal yang mudah, banyak yang harus dipertimbangkan melihat kelayakan seorang kandidat untuk diberikan jabatan manajer, seperti tingkat pendidikan yang tinggi, seberapa lama pengalaman kerjannya dan juga seberapa besar kontribusi yang telah diberikan untuk perusahaan sehingga kandidat tersebut layak memegang jabatan manajer tersebut.

Mendapatkan otoritas yang lebih sehingga manajer dapat mengatur segala operasional yang berkaitan dengan divisinya pada perusahaan. Selain itu manajer juga mendapatkan gaji yang lebih besar daripada karyawan lainnya. Jadi, jabatan manajer ini sangat didambakan oleh banyak karyawan.

Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Oleh Manajer baru

Recruitment agency, applicants and job interview

img:freepik/katemangostar

 

Banyak hal yang harus anda perhatikan ketika diangkat menjadi seorang manajer agar tidak mengalami kesalahan fatal saat  menjalankan tugas dan strategi yang telah anda rancang. Terlebih lagi kalau anda baru pertama kali menjabat menjadi seorang manajer. Berikut ini kami akan jabarkan beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh manajer baru yang harus bisa anda hindari.

Gagal Membuat Visi & Strategi

Seorang manajer baru sering sekali ditugaskan untuk membuat program dan strategi yang sesuai dengan visi perusahaan. Tetapi tak jarang anda akan mengalami bahwa program dan strategi yang anda buat tidak sesuai dengan visi dan strategi perusahan yang diinginkan oleh stakeholders dan para karyawan diperusahaan anda. Jadi, anda harus mampu membuatnya selaras dengan visi perusahaan.

Baca Juga:

Gagal Mengeksekusi Strategi

Ini merupakan masalah klasik yang dialami oleh manajer baru. Anda harus bisa melihat peluang yang tepat agar strategi yang anda buat atau menjalankan strategi yang telah berjalan dengan tepat dan sesuai ekspektasi. Memang dibutuhkan pengalaman untuk menghadapi situasi ini, tetapi bukan berarti ini mustahil untuk anda lalui. Kemampuan dan skill anda harus anda tunjukan pada situasi ini.

Terlalu Reaktif

Anda pasti akan menghadapi situasi sulit karena mendapatkan tekanan untuk berhasil dalam menjalankan peran baru sebagai manajer. Hal yang harus anda lakukan anda ketenangan ekstra dalam mengahadapi situasi sulit tersebut. Komunikasikan dengan tim anda segala kendala yang anda hadapi, serta lakukan sedikit percobaan agar anda bisa mengendalikan situasi sulit tersebut.

Terlalu Agresif

Anda mungkin memiliki semangat juang yang kuat untuk dapat memberikan perubahan yang cepat bagi perusahaan anda, tetapi anda sering gagal memahami seberapa besar perubahan itu berdampak pada perusahaan dan bisni yang dijalankan, dan ini juga berdampak pada budaya perusahaan yang saat ini bertahan. Lakukanlah pergerakan yang terukur dan terencana dengan baik.

Over Rekrutment

Terlalu berlebihan dalam merekrut orang-orang yang memiliki talenta tanpa memahami kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Mungkin anda sedang membutuhkan tim untuk menjalankan program dan strategi yang anda emban, tetapi anda harus melihat dan mengukur kemampuan dan kebutuhan perusahaan sebelum melakukan rekrutmen untuk membangun tim anda.

Tersibukan Dengan Angka

Memang angka-angka membuat anda silau, tetapi jangan anda lupakan dengan membangun kepuasan pelanggan dan karyawan. Bangun kepuasan secara holistik karena ini akan memudahkan anda mengarahkan strategi yang telah dirancang.

Terlalu Menekan

Saat anda menjabati peran sebagai manajer, jangan terlalu memberi tekanan kepada tim anda untuk mencapai kesuksesan yang terlalu tinggi. Ekosistem kerja yang tidak nyaman akan terbentuk saat anda mengekspektasikan sesuatu yang lebih. Anggota tim anda akan kesulitan  dalam mencapai target tinggi yang anda tetapkan.

Tidak Membangun Budaya

Selain menjalankan tugas dan program yang telah diberikan, anda sebagai manajer juga harus mampu membangun budaya kerja yang efektif. Budaya kerja yang tercipta dengan baik akan memudahkan anda mencapai target yang telah ditetapkan oleh stakesholder. Bangun komunikasi secara holistic disemua lini tim anda. Ukur kepuasan karyawan anda dengan melakukan survei dan lainnya. Budaya kerja yang tepat akan berdampak pada produktivitas karyawan.

Kesimpulan Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Oleh Manajer Baru

Ditunjukan sebagai manajer baru adalah impian anda selama ini. Pastikan berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi anda. Gunakan fasilitas teknologi dan jalin komunikasi yang baik pada tim anda. Permasalahan selalu saja ada, kemampuan dan skill anda yang dapat menguasai situasi yang rumit sekalipun. Jadikan juga bahwa jabatan yang anda duduki menjadi manfaat bagi semua orang yang terlibat dengan pekerjaan anda.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.