- Marketing

Cara Tepat Menghadapi Pelanggan Yang Gampang Marah

Menjalankan bisnis retail yang berhasil tidak hanya menjual produk, tetapi faktor kepuasan dan pelayanan yang baik juga menjadi pertimbangan. Tidak bisa dipungkuri ada kalanya anda harus menghadapi pelanggan yang menyulitkan untuk memberikan pelayanan terbaik. Telah kami rangkum beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghadapi pelanggan yang gampang marah.

1. Persiapkan Mental

Take a breath (tarik nafas beberapa detik), ingat mereka tidak marah kepada anda tetapi pada situasi yang mereka alami. Jadi untuk menghadapai situasi tersebut anda tidak boleh larut dalam suasana tersebut. Jangan sampai terbawa emosi . Anda harus tetap tenang dan mendengarkan apa yang mereka keluhkan.

2. Berempati dengan Mereka

Secara psikologis orang yang marah sebenarnya ingin didengarkan. Dengarkan apa yang mereka bicarakan dan jangan dipotong. Pahami apa yang mereka keluhkan dan cobalah peduli dengan apa yang mereka katakan. Cara yang paling tepat untuk memenangkan situasi tersebut adalah dengan berempati seperti dengan mengatakan “Kami/Saya paham mengapa bapak/ibu marah dan kecewa”

3. Berikan Solusi atau Kompensasi

Setelah mendapatkan apa yang menjadi keluhan customer anda, selanjutnya adalah mengkonfirmasi kembali masalah yang terjadi dan meminta maaf. Sampaikan ke pelanggan anda bahwa anda akan memperbaiki kesalahan agar tidak terulang kembali.

4. Lakukan Tindakan Preventif

Cara terbaik untuk menghindari hal ini terjadi, sediakan stok barang yang cukup dan cek kembali kualitas dari produk-produk yang anda jual. Percepat pelayanan pelanggan, berikan pelatihan yang tepat kepada karyawan anda agar performanya tetap baik. Percepat proses transaksi bisnis anda, gunakan teknologi yang bisa membantu mempermudah pekerjaan anda.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.