Menjalankan bisnis retail yang berhasil tidak hanya menjual produk, tetapi faktor kepuasan dan pelayanan yang baik juga menjadi pertimbangan. Tidak bisa dipungkuri ada kalanya anda harus menghadapi pelanggan yang menyulitkan untuk memberikan pelayanan terbaik. Telah kami rangkum beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghadapi pelanggan yang gampang marah.
1. Persiapkan Mental
Take a breath (tarik nafas beberapa detik), ingat mereka tidak marah kepada anda tetapi pada situasi yang mereka alami. Jadi untuk menghadapai situasi tersebut anda tidak boleh larut dalam suasana tersebut. Jangan sampai terbawa emosi . Anda harus tetap tenang dan mendengarkan apa yang mereka keluhkan.
- 3 Jenis Laporan Keuangan Dasar Bagi Bisnis Anda
- Pentingnya Kepemilikan NPWP Karyawan dan Badan Usaha
- Dampak Bagi Perusahaan Jika Karyawan Tidak memiliki NPWP
2. Berempati dengan Mereka
Secara psikologis orang yang marah sebenarnya ingin didengarkan. Dengarkan apa yang mereka bicarakan dan jangan dipotong. Pahami apa yang mereka keluhkan dan cobalah peduli dengan apa yang mereka katakan. Cara yang paling tepat untuk memenangkan situasi tersebut adalah dengan berempati seperti dengan mengatakan “Kami/Saya paham mengapa bapak/ibu marah dan kecewa”
3. Berikan Solusi atau Kompensasi
Setelah mendapatkan apa yang menjadi keluhan customer anda, selanjutnya adalah mengkonfirmasi kembali masalah yang terjadi dan meminta maaf. Sampaikan ke pelanggan anda bahwa anda akan memperbaiki kesalahan agar tidak terulang kembali.
4. Lakukan Tindakan Preventif
Cara terbaik untuk menghindari hal ini terjadi, sediakan stok barang yang cukup dan cek kembali kualitas dari produk-produk yang anda jual. Percepat pelayanan pelanggan, berikan pelatihan yang tepat kepada karyawan anda agar performanya tetap baik. Percepat proses transaksi bisnis anda, gunakan teknologi yang bisa membantu mempermudah pekerjaan anda.