6 Cara Mengukur Ekuitas Merek Produk Anda
- Marketing

6 Cara Mengukur Ekuitas Merek Produk Anda

Ekuitas merek (brand equity) adalah kapitalisasi pasar perusahaan yang tidak ditentukan oleh jumlah aset, kewajiban, pendapatan atau hak paten. Pada perhitungan sederhananya, brand equity adalah jumlah total nilai pasar perusahaan dikurangi setiap faktor yang dapat diukur.

Brand equity mungkin relatif tidak elastis. Penjualan anda dapat dipengaruhi oleh faktor kompleks yang tidak terkait dengan kualitas merek atau kepuasan pelanggan, termasuk faktor ekonomi yang kompleks seperti indeks kepercayaan konsumen. Brand equity didorong oleh kualitas pengalaman pelanggan, termasuk branding dan pemasaran. Yang dibangun oleh faktor emosi dan dampak perilaku konsumen.

Kenapa Ekuitas Merek Penting Untuk Pemasaran Terdistribusi

Merek dengan multi-lokasi tidak beroperasi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh organisasi terpusat. Ini mempengaruhi bagaimana manajer brand di perusahaan  harus memikirkan ekuitas merek, kenapa? Karena, pemasar lokal andan memainkan peran besar dalam cara pelanggan memandang merek perusahaan anda. Di toko atau dealer lokal, affiliasi lokal inilah yang merupakan wajah merek dalam interaksi dengan pelanggan anda setiap hari.

Jika, franchise anda tidak mengerti poin nilai merek anda, mereka akan kesulitan untuk memodelkan interaksi pelanggan seperti apa. Untuk mendistribusikan merek, pemasar lokal sangat penting dalam menyangkut ekuitas merek.

Mengukur brand equity sangat pentung bagi setiap perusahaan, terkhusus untuk mendistribusikan brand. Mengembangkan perangkat metrik untuk memahami apakan anda membangun ekuitas dapat mengungkap informasi penting tentang bagaimana pemasaran merek anda, pemasaran lokal dan pengalaman didalam toko mempengaruhi persepsi pelanggan.

Hal ini tidaklah semudah mengukur kinerja yang lain. Namun, hal ini akan menyajikan data yang lengkap dan terukur.

6 Cara Mengukur Ekuitas Merek Untuk Pemasaran Terdistribusi

Tanpa memahami brand equity saat ini, organisasi bisa kesulitan dalam mensetting metrik dan variabel yang akan digunakan. Ada 6 faktor yang memungkinkan pemahaman komprehensif tentang ekuitas merek terdistribusi, yang kami jabarkan dalam artikel ini.

1. Brand Awareness (Kesadaran Merek)

Pengetahuan konsumen tentang produk dan layanan anda adalah bagian penting dalam brand equity. Tapi lebih baik lagi pelanggan tidak bisa menghindari memikirkan merek anda. Indikator utama kesadaran konsumen tentang perusahaan adalah “berbagi percakapan tentang merek anda pada komunitas mereka”, atau banyaknya jumlah merek produk atau jasa anda diperbincangkan setiap hari.

Baca Juga:

Mengukur kesadaran merek diantara target pelanggan anda dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Beberapa metodologi yang dapat anda digunakan untuk mengukur tingkat kesadaran pelanggan, meliputi:

  • Survei
  • Pengunjung web anda
  • Volume pencarian brand dan produk anda
  • Review atau ulasan di sosial media

Boss Pintar - Aplikasi absensi Online Terbaik2. Metrik Preferensi (Preference Metrics)

Preferensi konsumen adalah faktor terkuat dalam keputusan pembelian. Ini alasan pelanggan memutuskan mencari dan menghabiskan uang untuk menemukan produk dan jasa yang mereka sukai. Aspek ini dapat diukur pada kelompok, data penjualan dan survei, termasuk:

  • Relevansi merek
  • Aksesibilitas (mudah ditemukan)
  • Hubungan Emosional
  • Nilai Merek

3. Metrik Keuangan (Financial Metrics)

Metrik keuangan seputar ekuitas merek terkait langsung dengan kinerja penjualan. Jika faktor ini berhubungan ke nilai keuangan brand anda, akan berbanding lurus dengan pendapatan perusahaan. Cara mengukur variabel ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Harga premium diatas persaingan
  • Rata-rata nilai transaksi
  • Customer Lifetime Value
  • Tingkat pertumbuhan yang bekelanjutan

4. Metrik Keluaran (Output Metrics)

Output adalah aktivitas pemasaran yang terukur. Aktivitas lokal berdampak pada ekuitas merek. Ada 3 cara untuk menentukan bagaimana aktivitas pemasaran  dapat diterjemahkan kedalam output:

  • Kampanye pemasaran lokal dan pemanfaatan aset
  • Penjualan produk yang dipromosikan
  • Adopsi program loyalitas pelanggan

5. Metrik Persepsi Pemasar Lokal

Perwakilan lokal brand anda semua memiliki pengaruh terhadap metrik ekuitas merek. Periklanan lokal yang mereka lakukan di toko, pengalaman pelanggan membentuk kesadaran, preferensi dan kebiasaan berbelanja.

Faktor ini mempengaruhi kesuksesan mereka, dealer yang tidak suka dengan merek anda cenderung akan kesulitan untuk menjual produk anda.

Outlet lokal anda secara langsung bertanggung jawab atas cara pelanggan merasakan merek tersebut. Dengan memantau sentimen pemasar lokal, selanjutnya anda bisa memahami apakah ekuitas merek anda meningkat atau menurun. Hal ini dapat diukur dengan cara:

  • Survei
  • Tingkat penyebaran kampanye

6. Metrik Kompetitif (Competitive Metrics)

Brand equity kompetitor anda secara langsung mempengaruhi tren brand equity perusahaan anda. Jika kompetitor menggandakan kampanye iklan mereka, pelanggan akan melihat produk mereka lebih banyak dibandingkan produk anda.

Metrik kompetitif bisa mengungkap area dimana kompetitor anda tidak memberikan nilai ke konsumen, seperti produk yang kurang, pengalaman konsumen yang buruk, atau harga. Dan ini akan mengungkap taktik dan kampanye iklan apa yang akan diluncurkan berdasarkan konsumen. Metrik ini terdiri dari, tetapi tidak hanya terbatas pada hal dibawah ini saja:

  • Tingkat akuisisi pelanggan
  • Saham
  • Tingkat penjualan
  • ROI  channel distribusi
  • Meningkatkan harga jual, diskon, atau promo lainnya

Kualitatif dan Kuantitatif Pengukuran Ekuitas Merek

Mengukur ekuitas merek tentunya sangat komplek dan memasukkan banyak variabel. Sebagai manajer brand harus memahami nilai aktivitas brand mereka, memahami brand equity dari perspektif penyalur dan konsumen adalah sangat penting.

Ada brand equity yang bisa diukur secara kuantitatif seperti rata-rata nilai transaksi. Ada hal penting lainnya seperti mengukur kualitatfi brand equity seperti mengevaluasi pengetahuan penyalur tentang misi brand. Kedua hal ini bisa anda tunjukkan kepada para pemegang saham.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.