Stres merupakan masalah yang paling sering dialami oleh banyak karyawan ketika bekerja. Stres yang dialami karyawan dapat menyebabkan insomnia, depresi bahkan tidak jarang dapat menyebabkan penyakit jantung. Sebagai seorang pimpinan perusahaan tentunya anda tidak ingin ini terjadi kepada karyawan anda, oleh sebab itu anda harus tahu penyebab stres diddalam kerja yang dapat terjadi pada karyawan anda ketika bekerja. Berikut ini penyebab stres yang terjadi terhadap karyawan ditempat kerja.
Stres yang diakibatkan tingginya jam kerja
Tingginya jam kerja dapat membuat karyawan mengalami stres, jika terus bekerja tanpa jeda yang cukup akan membuat karyawan anda menjadi depresi. Karyawan yang sering diberikan jam kerja tinggi terlihat selalu sibuk sejak datang kekantor hingga pulang kerja. Bahkan tidak jarang mereka bekerja lembur untuk menyelesaikan target yang diberikan oleh perusahaan. Pekerjaan yang tidak habis-habisnya akan membuat mental serta fisik mereka akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, anda sebagai pimpinan baiknya mengatur jam kerja yang sesuai serta tidak terlalu memaksa karyawan anda untuk terus bekerja tanpa henti.
Stres karena pekerjaanya tidak dihargai
Sering kali karyawan yang bekerja dengan keras tidak mendapatkan apresiasi yang setimpal dengan pekerjaan yang dilakukannya. Tak jarang karyawan yang sudah melakukan kerja keras mengobankan banyak hal demi pekerjaannya, seperti mengorbankan waktu yang seharusnya ia gunakan untuk menghabiskannya bersama keluarga dan menghorbankan kesehatan yang seharusnya tetap dijaga malah tidak mendapatkan pengakuan dan kompensasi yang setimpal.
Untuk mengatasi hal tersebut tentunya anda harus bisa lebih peka terhadap situasi yang ada dikantor. Anda harus melihat karyawan mana yang memang benar-benar bekerja dengan keras dan karyawan mana yang hanya berpura-pura. Ketika anda melihat dan mengetahui karyawan yang telah bekerja keras maka anda harus memberikan apresiasi dan kompensasi yang sesuai dengan kinerja yang diberikannya.
Baca juga : 3 Hal yang Dapat Dilakukan Generasi Milenial Agar Sukses
Merasa tersingkir dari karyawan lain
Tak jarang ada karyawan yang merasa tersingkirkan dengan karyawan lain, misalnya saat sama-sama mampu untuk menyelesaikan target yang telah diberikan tetapi yang mendapatkan bonus hanya rekan kerjanya saja. Tentunya hal ini akan menimbulkan kecemburuan bagi karyawan yang tidak mendapat bonus. Biasanya karyawan yang merasa tersingkirkan dari rekan kerjanya akan selalu menyendiri ketika rekan kerjanya berkumpul.
Solusi untuk mengatasi ini adalah dengan memberikan bonus yang sama rata dengan rekan kerja yang lain. Tidak lupa juga untuk memberikan motivasi kerja agar karyawan tersebut bersemangat saat bekerja. Anda dapat menyarankan karyawan tersebut untuk lebih membuka diri kepada karyawan lain agar dapat menumbuhkan ikatan antar rekan kerja yang baik.