Memulai Karir Untuk Fresh Graduate
- Informasi Menarik, Profesi

Memulai Karir Untuk Fresh Graduate

Memulai Karir Untuk Fresh Graduate

Selamat bagi Anda baru menyelesaikan jenjang pendidikan dan bersiap terjun ke dunia kerja untuk memulai karir sebagai Fresh Graduate. Mungkin saat ini anda sedang mempersiapkan CV atau malah telah mengirimkan bebarapa lamaran keperusahaan impian. Apa saja yang bisa di lakukan untuk memaksimalkan kesempatan Anda? Berikut tipsnya.

Perhatikan CV Anda

Hal-hal kecil dalam membuat CV seperti penulisan dan tata bahasa sangat penting karena hal ini ikut menggambarkan tingkat ketelitian anda. Jangan pernah ragu meminta bantuan dari orang lain untuk mengkoreksi CV anda.

Tetap Kembangkan Diri Setelah lulus

Mungkin anda berpikir setelah selesai di jenjang pendidikan maka anda selesai belajar, tentu pemikirian tersebut sangatlah keliru. Ilmu yang di dapat ketika mengenyam pendidikan, kursus, magang dan sebagainya haruslah di kembangkan lagi, termasuk saat anda sedang mencari pekerjaan.

Orang baru lulus biasanya jarang sekali mengembangkan kemampuannya karena terlalu sibuk mencari kerjaan baru, jika ini terjadi dengan waktu yang cukup lama akan berakibat tidak baik terhadap pengetauan atau skill yang anda miliki.

Memperbanyak koneksi

Ada ucapan bijak yang mengatakan bukan apa yang Anda tahu namun siapa yang Anda tahu. Perbanyak diri anda berbaur dengan orang-orang yang berkualitas, baik dari karir ataupun personal. Cobalah untuk selalu menghadiri acara yang berhubungan dengan dunia kerja atau industri. Anda juga boleh untuk menghadiri reuni. Kesempatan datang dari mana saja bahkan dari hal yang tidak pernah anda pikirkan.

Baca juga : Contoh surah lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar

Jangan terlalu memaksakan pekerjaan idaman

Dalam mencari kerja, cobalah untuk tidak terlalu terpaku hanya pada satu pekerjaan idaman saja. Anda dapat mempertimbangkan mencari lowongan pekerjaan lain yang bisa menjadi tempat untuk belajar atau menambah pengalaman. Perluas ruang pencarian kerja dan jangan batasi lowongan kerja anda. Manfaatkanlah koneksi atau teman-teman anda selama ini baik dari tempat kuliah atau koneksi dari tempat lain. Jangan cepat putus asa jika mendapatkan penolakan dan terus memotivasi diri sendiri.

 

Berikan yang terbaik saat Wawancara

Ketika mendapat kesempatan interview dari perusahaan yang Anda lamar berikan yang terbaik untuk wawancara anda. Kenakan pakaian yang layak dan rapi, pilih pakaian yang sopan. Ini juga berlaku ketika wawancara jarak jauh atau lewat video call, seperti melalui Skype.

Tunjukkan antusias, tentunya dengan dibarengi jawaban yang meyakinkan dan pembawaan yang tenang. Jangan lupa memberikan senyuman. Pelajari semua informasi mengenai perusahaan seperti visi, tujuan, dan lain-lain. Buat narasi yang menunjukkan jika Anda memiliki kemampuan dan dapat memberi kontribusi untuk perusahaan mereka.

Jika anda masih belum beruntung, jangan khawatir dan jangan pernah putus asa. Orang-orang hebat yang ada di muka bumi ini juga pernah mengalami hal serupa. Teruslah belajar dari setiap kegagalan dan kembangkan diri anda.

About MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Read All Posts By MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.